“UtakAtikOtak”, Medsos Edukasi untuk Pelajar

“UtakAtikOtak”, Medsos Edukasi untuk Pelajar
UtakAtikOtak ( Foto: Beritasatu.com/Herman )
Herman / EAS Selasa, 5 Januari 2016 | 14:05 WIB

Jakarta - Developer aplikasi lokal semakin kreatif membuat konten-konten yang menarik dan mendidik, salah satunya UtakAtikOtak (UOA) yang merupakan sosial media edukasi sebagai penghubung seluruh siswa dan sekolah di Indonesia.

Dimas Anugerah Wicaksono selaku Co-Founder UtakAtikOtak menjelaskan, selain menjadi media sosial, UAO juga mencoba memberikan wawasan melalui permainan. Contohnya dalam fitur “Kuis”, di mana setiap siswa yang mampu menjawab kuis atau soal dengan benar akan mendapatkan poin 10, dan jika salah akan dikurangi 5.

"Dalam fitur ini, siswa dapat mengupload kuis atau soal yang mereka punya. Jadi semakin banyak siswa yang mengupload soal, maka semakin banyak pula bank soal yang dimiliki siswa. Kuis-kuis ini juga bisa dikelompokkan berdasarkan kategoriyang bisa dibuat oleh siswa,” jelas Dimas kepada Beritasatu.com, Selasa (5/1).

Ada juga fitur “Tanya Dong” yang menjadi tempat bagi para siswa untuk bertanya. Misalnya saat mengalami kesulitan mengerjakan PR atau tugas, mereka bisa bertanya dengan menggunakan fitur ini dan nanti akan dibantu menjawab oleh siswa yang lainnya.

Untuk berbagi informasi seputar dunia pendidikan sampai beasiswa, UtakAtikOtak memiliki fitur “Kongkow”. Lalu ada fitur “Komunitas” yang menjadi tempat berkumul para siswa yang memiliki kesamaan minat.

"Kami juga menyediakan fitur 'Sekolah' yang berupa halaman fanspage untuk sekolah, mulai dari SD sampai Universitas. Halaman sekolah ini bisa dikelola oleh admin sekolah masing-masing dan dapat menjadi halaman official sekolah,” jelasnya lagi.

UtakAtikOtak bisa diakses melalui web, mobile web serta bisa diakses menggunakan perangkat Android.

Sumber: BeritaSatu.com