Magento, Aplikasi Terlaris dalam Industri E-commerce

Magento, Aplikasi Terlaris dalam Industri E-commerce
Founder and CEO DCKAP, Karthik Chidambaram saat acara Meet Magento 2016 Indonesia di Jakarta, Senin 29 Agustus 2016. ( Foto: Beritasatu Photo / Uthan A Rachim / Uthan A Rachim )
Ridho Syukro / AB Senin, 29 Agustus 2016 | 12:48 WIB

Jakarta - Salah satu jenis industri yang mengalami pertumbuhan paling tinggi di dunia adalah industri e-commerce. Dalam setahun, pertumbuhannya bisa mencapai double digit dan diperkirakan akan terus tumbuh hingga 2020.

Industri e-commerce tidak hanya tumbuh di negara maju, tetapi juga tumbuh di negara berkembang, termasuk di Indonesia. Industri e-commerce bisa berkembang karena banyak faktor. Salah satunya dukungan teknologi digital, seperti aplikasi.

Aplikasi yang paling laris di dunia dan banyak digunakan pemain e-commerce adalah Magento. Magento adalah aplikasi web yang berbasis CMS (content management system) khusus untuk e-commerce, untuk program web yang dibuat menggunakan zend framework.

Magento Evangelist, Ben Marks mengatakan dengan menggunakan Magento, semua orang bisa membuka toko online dan membuka penjualan transaksi online.

Ia mengatakan tanpa dukungan aplikasi, industri e-commerce tidak akan berkembang. "E-comeerce bisa berkembang dengan aplikasi canggih seperti Magento," ujar Ben dalam acara "Meet Magento" di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Senin (29/8).

Ben mengatakan sudah banyak pemain e-commerce terkenal yang menggunakan aplikasi Magento. Jika pemain e-commerce sudah menggunakan aplikasi, maka langkah selanjutnya adalah mengembangkan pasar.

Ia menuturkan Indonesia termasuk ke dalam salah satu pasar potensial bagi pemain e-commerce karena jumlah penduduknya banyak dan sebagian besar tergolong konsumtif. Selain itu, penggunaan smartphone dan internet juga terus meningkat. Dia memperkirakan banyak pemain e-commerce yang akan masuk ke pasar Indonesia dan menawarkan produk yang menarik bagi konsumen.

"Indonesia merupakan pasar seksi bagi pemain e-commerce," ujarnya.

Sementara itu, Founder and CEO DCKAP, Karthik Chidambaram mengatakan selain dukungan teknologi, industri e-commerce bisa sukses apabila didukung pelayanan yang berkualitas dan produk yang unik.

Ia mengatakan konsumen pasti akan mencari pelayanan terbaik, baru kemudian membeli. Jika pelayanan sudah berkualitas, maka konsumen pasti akan setia.

Disamping itu, pemain e-commerce harus menjual produk yang unik, sehingga menjadi ciri khas. "Pelayanan yang berkualitas serta produk yang unik menjadi kunci kesuksesan e-commerce," ujarnya.













Sumber: Investor Daily