Logo BeritaSatu

Proyek Palapa Ring Tingkatkan Perkembangan Ekonomi Kreatif di RI

Rabu, 31 Agustus 2016 | 01:00 WIB
Oleh : Imam Suhartadi / IS

Jakarta - Chairman lembaga riset keamanan cyber CISSReC (Communication and Information System Security Research center) Pratama Persadha mengatakan, proyek Palapa Ring adalah proyek pembangunan infrastruktur jaringan tulang punggung serat optik nasional yang ditujukan demi pemerataan akses pitalebar (broadband) di Indonesia.

Bisa dibayangkan, kata dia, bila daerah tersebut sudah lancar, transportasi digital bisa masuk. Secara langsung akan membuka lapangan kerja. Belum lagi kesempatan UMKM untuk terjun di e-Commerce juga terbuka lebar. Hal ini akan menaikkan nilai kompetitif Indonesia di bidang ekonomi kreatif.

“Saya berharap proyek Palapa Ring bisa terlaksana dengan lancar, sehingga Indonesia tidak perlu bergantung pada proyek asing seperti Google Loon,” tegasnya kepada Investor Daily di Jakarta, Selasa (30/8).

Ruang lingkup Proyek Palapa Ring adalah sebagai berikut yaitu melayani daerah non-financially feasible (tidak layak secara bisnis/keuangan), pemerintah berperan menyediakan penjaminan, Distruktur sebagai Public Private Partnership (PPP) atau Kerjasama Pemerintah Badan Usaha, merupakan proyek PPP pertama di sektor telekomunikasi. Target penyelesaian Proyek Palapa Ring pada akhir tahun 2018. Pada 1 Januari 2019 mulai beroperasi sepenuhnya.

“Proyek ini bila berjalan sesuai rencana akan membuka akses informasi dan komunikasi yang lebih luas ke daerah di luar pulau Jawa. Khusus untuk paket tengah yang menjangkau Sulawesi, Kalimantan dan Maluku Utara, saat ini diperkirakan ada sekitar 12 juta pengguna internet, dari 33 juta lebih penduduk,” kata Pratama kepada Investor Daily di Jakarta, Selasa (30/8).

Proyek Palapa Ring melayani 57 kabupaten/kota di Indonesia, terbagi menjadi tiga bagian. Pertama, Paket Barat menjangkau wilayah Riau dan Kepulauan Riau (sampai dengan Pulau Natuna) dengan total panjang kabel serat optik sekitar 2.000 km.
Kedua, Paket Tengah menjangkau wilayah Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku Utara (sampai dengan Kep. Sangihe-Talaud) dengan total panjang kabel serat optik sekitar 2.700 km.

Ketiga, Paket Timur menjangkau wilayah Nusa Tenggara Timur, Maluku, Papua Barat, dan Papua, (sampai dengan pedalaman Papua) dengan total panjang kabel serat optik sekitar 6.300 km.

“Dengan penetrasi internet yang luas dan cepat di Indonesia bagian tengah tersebut, akan secara langsung berdampak pada ekonomi masyarakat. Mengingat, kini ekonomi kreatif berbasis digital terus tumbuh subur di Indonesia,” ujarnya.





Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Hadiah Kursi Roda dari Puan Bahagiakan Ibu dari Anak Penderita Polio

Petani bunga di Badung, Bali, Ni Ketut Ratko sangat gembira menerima bantuan kursi roda untuk anaknya yang menderita polio.

NEWS | 30 September 2022

DKI: Pembangunan Rusun di Pulau G Akan Dilakukan Swasta

Pemprov DKI Jakarta mengatakan, pembangunan rusun (rumah susun) di Pulau G kemungkinan akan dilakukan oleh pihak swasta.

NEWS | 30 September 2022

Ali Ibrahim Undang Presiden Jokowi Buka Sail Tidore 2022

Ali Ibrahim mengundang dan meminta secara khusus Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk hadir dan membuka acara Puncak Sail Tidore pada November 2022.

NEWS | 29 September 2022

DPR Siap Tunjukkan Komitmen Indonesia Kurangi Emisi

DPR siap menjadi tuan rumah perhelatan The 8th G-20 Parliamentary Speaker Summit (P-20) yang akan diselenggarakan pekan depan.

NEWS | 29 September 2022

UBK Kerja Sama dengan Persatuan Alumni GMNI

UBK melakukan kerja sama dengan Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia

NEWS | 29 September 2022

Moeldoko Dorong Swasta Terlibat Percepatan Vaksinasi Covid-19

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mendorong keterlibatan pihak swasta dalam percepatan vaksinasi Covid-19.

NEWS | 29 September 2022

Komnas HAM Harap Jaksa Maksimal Dakwa Ferdy Sambo Cs

Komnas HAM berharap jaksa bisa menyusun dakwaan terhadap para tersangka secara maksimal.

NEWS | 29 September 2022

Peraturan Menkumham, Masa Berlaku Paspor Menjadi 10 Tahun

Masa berlaku paspor dari semula lima tahun diubah menjadi 10 tahun. Hal ini diatur dalam Peraturan Menkumham Nomor 18 Tahun 2022.

NEWS | 29 September 2022

Polri Kirim Surat Pemecatan Ferdy Sambo ke Sekmil Presiden

Polri telah mengirim berkas putusan pemecatan mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo ke Sekretariat Militer (Sekmil) Presiden.

NEWS | 29 September 2022

Soal Mobil Dinas Listrik, Pemprov DKI Punya 2 Pilihan

Pemprov DKI akan melakukan 2 pilihan terkait mobil dinas listrik. Dua pilihan itu, adalah memodifikasi kendaraan dinas lama dan membeli mobil listrik.

NEWS | 29 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Traveloka Dapat Suntikan Dana US$ 300 Juta dari INA Dkk

Traveloka Dapat Suntikan Dana US$ 300 Juta dari INA Dkk

EKONOMI | 12 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings