Empat Tips Cerdas Meningkatkan Performa Komputer

Empat Tips Cerdas Meningkatkan Performa Komputer
Ilustrasi Personal Computer (PC). ( Foto: Istimewa )
Feriawan Hidayat / FER Kamis, 27 April 2017 | 15:20 WIB

Jakarta - Umumnya, penyebab komputer menjadi terasa lambat ketika digunakan tidak berkaitan dengan permasalah perangkat keras atau hardware.

Performa komputer yang terasa lambat saat digunakan, biasanya disebabkan oleh masalah sistem dan perangkat lunak atau software yang dapat menurunkan performa perangkat tersebut.

Baca Juga: Penyebab Utama Komputer Terasa Lambat

Untuk mengatasi performa komputer yang sering terasa lambat, ada sejumlah langkah yang dapat dilakukan oleh pengguna. Berikut, empat tips cerdas untuk meningkatkan performa komputer.

1. Hindari Program yang Tergolong Berat

Perhatikan program yang tergolong berat sehingga membuat komputer menjadi lambat serta singkirkan program tersebut. Untuk melakukan itu, klik kanan pada taskbar Windows 7 atau 10 dan klik Task Manager. Klik Startup dan perhatikan daftar aplikasi yang ada.

Daftar ini meliputi berbagai program yang berjalan secara otomatis ketika menghidupkan komputer. Perhatikan pula, program apa saja yang memang diperlukan untuk aktif sepanjang waktu atau berjalan secara otomatis. Matikan program yang tidak dibutuhkan dengan klik kanan pada setiap objek program dan klik Disable.

2. Perbarui Driver Usang

Driver memiliki peran penting dalam performa komputer. Keberadaan driver paling berdampak terhadap performa adalah kartu grafis dan chipset.

Kartu grafis merupakan komponen hardware yang menghasilkan tampilan yang terlihat di layar komputer, dan chipset berperan untuk adanya komunikasi antara memory, harddisk dan prosesor. Umumnya, pengguna dapat menemukan driver chipset di situs produsen atau mendapatkannya secara langsung ketika membeli.

3. Lakukan Defrag 

Proses seperti instalasi, uninstall, mengkopi dan memindahkan banyak data dapat membuat sususan data menjadi berantakan (cluttered). Semakin data tersebar atau mengalami fragmentasi, semakin lama komputer mencari dan membaca klaster dimana proses membuka file atau folder akan terasa lebih lama dari waktu ke waktu.

Untuk memperbaiki permasalahan ini, pengguna harus melakukan defrag pada harddisk. Klik start, ketik defrag dan klik pada hasil pencarian untuk menjalankan program yang melakukan defragmentasi semua klaster.

Sayangnya, pemeliharaan harddisk tidak sepenuhnya dapat dilakukan oleh program tersebut. Seiring waktu, program atau game meninggalkan data atau temporary file yang diperlukan untuk menjalankan program namun tidak dihapus ketika sudah tidak digunakan lagi.

File ini tersimpan dan seringkali tidak terlihat pada harddisk. Solusi yang dapat digunakan adalah menggunakan program seperti Avast Cleanup yang mencari semua area termasuk yang tersembunyi pada harddisk untuk file log tersembunyi, temporary file, atau file sisa lain dari program dan Windows yang tidak pernah dibutuhkan kembali.

4. Membersihkan Komputer

Apakah kipas pada komputer atau laptop berputar sangat kencang sehingg dapat digunakan sebagai pengering rambut? Apakah perangkat yang digunakan sangat panas? Pastinya, kalangan pemilik perangkat selalu ingin memastikan sirkulasi udara berjalan lancar dan menghindari debu yang menumpuk di dalam.

Untuk mengatasinya, buka casing dan gunakan semprotan udara untuk membersihkan debu yang dapat menutup saluran udara atau bahkan membuat kipas berhenti berputar.

Setelah mengikuti empat langkah cerdas ini, seharusnya perangkat komputer dapat berjalan lebih cepat dari sebelumnya. Namun, pemeliharaan secara rutin juga diperlukan untuk mempertahankan performa yang stabil.

Tidak ada satu dari langkah ini yang berlangsung seterusnya. Jadi, setiap pengguna komputer atau laptop harus melakukannya secara teratur, setidaknya sebulan sekali kecuali nomor 4 yang dapat dilakukan setiap 6 bulan sampai 12 bulan sekali.



Sumber: BeritaSatu.com