Kemdikbud: Guru Penggerak Harus Jadi Teladan

Kemdikbud: Guru Penggerak Harus Jadi Teladan

Senin, 13 Juli 2020 | 20:32 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / IDS

Jakarta, Beritasatu.com - Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Iwan Syahril mengatakan, guru penggerak dituntut untuk dapat menjadi teladan, serta bisa memotivasi sehingga menguatkan kemampuan untuk memberdayakan murid. Hal ini sesuai dengan filosofi Ki Hajar Dewantara yang menghadirkan tiga kata kunci, yaitu teladan, motivasi, dan berdaya atau merdeka.

“Inilah yang sebenarnya kita inginkan dari seluruh guru-guru di Indonesia. Orientasi semua dari pemangku kepentingan seperti pesannya Ki Hajar Dewantara juga yaitu berpusat kepada murid. Ini yang kita maksud sesuai dengan yang dipesankan oleh Bapak Pendidikan kita. Tumbuh kembang secara holistik yaitu jalan secara cipta, rasa, dan karsa. Tajam pikirannya lalu kemudian halus rasanya, lalu kuat dan sehat jasmaninya,” kata Iwan pada webinar “Pendalaman Materi Kebijakan Merdeka Belajar Episode 5, Guru Penggerak” di Jakarta, Senin (13/7/2020).

Iwan menyebutkan, guru penggerak akan menjadi teladan karena mereka tidak hanya memahami tetapi juga dapat mencontohkan atau mempraktikkan bagaimana pembelajaran yang berpusat kepada murid. Pasalnya, sejumlah peningkatan kualitas guru yang sedang dijalankan Kemdikbud berfokus kepada murid.

Untuk itu, guru penggerak hadir sebagai agen perubahan ekosistem pendidikan. Program Guru Penggerak ini bertujuan untuk mencari bibit-bibit pemimpin ekosistem sistem pendidikan di masa depan. Iwan melanjutkan, guru penggerak hadir menjadi teman belajar yang penuh inspirasi bagi guru lain dan menguatkan semangat. Bagaimana pun kondisi yang ada, guru penggerak tidak akan patah semangat dan tidak mudah putus asa, tetapi terus berjuang dengan sebaik mungkin.

Tak heran jika untuk menjadi guru penggerak, seseorang harus mengikuti seleksi agar betul-betul memiliki mental tangguh, berani berinovasi, dan tertarik menjadi pemimpin di ekosistem pendidikannya.

“Kita sangat perlu banyak sekali karena memang pendidikan atau kepemimpinan dalam pendidikan di Indonesia itu perannya sangat besar sehingga bisa mengangkat dengan baik ekosistem tersebut,” ujarnya.

Apresiasi
Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang, Jawa Timur, Zubaidah menilai, apabila program Guru Penggerak terwujud, maka tidak akan ada lagi guru yang tidak baik di daerah. Ia pun memberi apresiasi adanya program ini.

Zubaidah menyebutkan, guru adalah teladan. Sebelum memberi tugas, guru harus memberikan contoh terlebih dahulu, termasuk juga hal-hal terkait karakter. Guru harus menunjukkan sikap digugu dan ditiru.

“Tugas guru adalah tugas yang mulia, bukan hanya menyampaikan materi agar siswa mengetahui tetapi harus mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi. Inilah yang ditunggu juga oleh orang tua, bahwa nantinya peserta didik betul-betul menjadi pemimpin generasi penerus yang andal,” ujarnya.

Zubaidah mengatakan, pemerintah daerah (pemda) pada masa pandemi masih menggunakan metode pembelajaran jarak jauh berbasis dalam jaringan (PJJ daring). Pihaknya berusaha menyiapkan segala macam upaya untuk menerapkan PJJ.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Perguruan Taman Siswa, Ki Saur Panjaitan mengatakan, guru harus mampu menangani siswa yang unik dan heterogen. Hadirnya program Guru Penggerak harus mewujudkan guru teladan yang bisa menangani siswa yang beragam.

"Jadi guru penggerak itu guru yang memahami siswanya unik,” ujarnya.



Sumber:BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI

BERITA LAINNYA

Kasus Covid-19 di Sumut Bertambah 44 Orang

Gugus Tugas memperluas proses tracing terhadap pasien positif Covid-19.

NASIONAL | 13 Juli 2020

Papua Dinilai Alami Kemajuan Kendalikan Covid-19

Sosialisasi penerapan protokol kesehatan dan bahaya Covid-19 dilakukan dengan menggunakan kearifan lokal.

NASIONAL | 13 Juli 2020

Lembaga Pendidikan Pariwisata Adaptasi Perubahan Pascapandemi Covid-19

Lembaga pendidikan pariwisata di Indonesia berupaya menyelaraskan perubahan yang terjadi akibat Covid-19.

NASIONAL | 13 Juli 2020

Lembaga Pendidikan Bantu Pemulihan Pariwisata

Lembaga pendidikan memiliki posisi dan peran strategis dalam upaya pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif.

NASIONAL | 13 Juli 2020

Pengacara Terdakwa Jiwasraya Minta Hexana Tak 'Cuci Tangan'

Hexana dinilai turut bertanggung jawab dalam perkara dugaan korupsi di PT Asuransi Jiwasraya

NASIONAL | 13 Juli 2020

Polisi: Artis FTV H Dibayar Rp 20 Juta oleh Pengusaha

Artis berinisial H diketahui dibayar dengan tarif Rp 20 juta oleh seorang pengusaha berinisial A di kota Medan.

NASIONAL | 13 Juli 2020

Menkumham akan Periksa Rutan Salemba Terkait Cuitan Surya Anta

Yasonna Laoly menyatakan sudah memerintahkan Dirjen Pemasyarakatan Reinhard Silitonga untuk mengecek ke Lapas Salemba Jakarta

NASIONAL | 13 Juli 2020

Lagi, Putusan Tetap Perdamaian PT KCN dan Kreditur Ditunda

Majelis hakim tidak bisa menetapkan perdamaian antara KCN dengan pihak kreditur karena belum menerima surat perjanjian perdamaian dari pengurus PKPU.

NASIONAL | 13 Juli 2020

FKMTI Ungkap Pola Mafia Tanah

Mafia tanah kerap menggunakan jalur peradilan dengan modal alas hak yang sebenarnya berbeda untuk mengklaim suatu bidang tanah yang diincarnya

NASIONAL | 13 Juli 2020

Kembangkan Perkara Adik Zulkifli Hasan, KPK Geledah Kantor Bupati Lampung Selatan

KPK mengembangkan perkara dugaan suap yang telah menjerat mantan Bupati Lampung Zainudin Hasan

NASIONAL | 13 Juli 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2020 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS