Roma-Inter Imbang, Totti Keluhkan VAR

Roma-Inter Imbang, Totti Keluhkan VAR
Francesco Totti ( Foto: AFP PHOTO )
Jaja Suteja / JAS Senin, 3 Desember 2018 | 08:44 WIB

Roma - Francesco Totti yang berbicara mewakili Roma mengecam petugas video asisten wasit (VAR) setelah timnya hanya bermain imbang 2-2 saat menjamu Inter, Minggu (2/11) atau Senin dini hari WIB. Legenda Roma itu menyatakan timnya seharusnya mendapat hadiah penalti.

Roma memang hanya mengutus Totti, yang menjabat sebagai direktur klub, dalam konferensi pers usai pertandingan dan bukannya pelatih Eusebio Di Francesco. Mantan kapten Giallorossi itu pun mengeluhkan petugas VAR.

Roma sempat dua kali tertinggal tetapi selalu bisa menyamakan skor. Gawang tuan rumah yang dijaga Robin Olsen bobol pada menit ke-37 melalui gol Keita Balde. Namun Cengiz Under mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-51.

Roma kembali tertingggal setelah striker Inter Mauro Icardi mencetak gol pada menit ke-66. Gol yang membuat skuat Di Francesco terhindar dari kekalahan dihasilkan Aleksandar Kolarov pada menit ke-74.

“Ini permainan terbuka antara dua tim hebat yang menghasilkan empat gol, tercipta begitu banyak peluang, bola yang mengenai gawang, serta penalti yang tak diberikan wasit. Ini sangat menarik” kata Totti kepada Sky Sport Italia.

Kejadian yang dimaksud Totti terjadi 30 detik sebelum gol pertama Inter, saat Danilo D’Ambrosio jelas terlihat mendorong Nicolo Zaniolo di dalam kotak penalti.

Namun yang menjadi masalah adalah petugas di ruangan VAR tak mengingatkan wasit Gianluca Rocchi soal pelanggaran itu atau memintanya untuk mengevaluasi kejadian itu dari VAR.

“Semua orang melihatnya. Tak perlu menggambarkannya. Saya dan semua pihak di tim kami ingin tahu dan bagaimana petugas di rungan VAR tidak melihat pelanggaran itu. Kita semua melihatnya dari layar yng lebih kecil. Ini sangat disayangkan,” kata Totti.

“Mengapa Anda tidak memanggilnya dan menanyakan bagaimana bisa mereka tak melihat kejadian itu. Bukankah untuk hal seperti ini VAR dipergunakan. Petugas VAR seharusnya melihat itu. Sepertinya petugas itu menyaksikan pertandingan lain di layarnya,” papar Totti yang hanya mmbela sepanjang kariernya sebagai pemain.

“Kita tak bisa terus seperti ini. Ada pertemuan-pertemuan. Kami juga pergi ke sana-kemari untuk membahas bagaimana penggunaan VAR ini. Namun pada saat kejadian sepert ini justru tak digunakan,” ujarnya.

“Ini bisa terjadi tak cuma kepada Roma tapi kepada klub lain juga. Seseorang harus memanggil orang yang bertanggung jawab soal VAR ini dan bertanya, 'Apa yang Anda lihat?' Hal ini bisa ditertawakan dan menjadi lelucon tetapi ini hal serius,” kata Totti.

“Kami tak mencari alibi namun hal seperti ini bisa mengubah permainan. Kami seharusnya bisa memimpin lebih dulu. Sesaat kemudian Inter mencetak gol. Ini mengubah keseluruhan permainan dan bisa mengubah keseluruhan musim ini,”ujar Totti.



Sumber: Football Italia
CLOSE