Preview Serie A

Juventus Ambisi Pertajam Rekor, Inter Siap Mengadang

Juventus Ambisi Pertajam Rekor, Inter Siap Mengadang
Juventus vs Inter ( Foto: Juventus )
Jaja Suteja / JAS Jumat, 7 Desember 2018 | 10:35 WIB

Turin – Juventus ingin terus mempertajam rekor mereka di Serie A musim ini. Namun tekad pasukan Massimiliano Allegri ini bakal tak akan mudah diwujudkan karena pada Jumat (7/12) atau Sabtu dini hari WIB mereka akan menghadapi Inter, salah .

Sabtu (1/12) lalu, Juventus menorehkan start terbaik mereka di Serie A sejak hitungan tiga poin untuk kemenangan mulai diberlakukan usai menundukkan tuan rumah Fiorentina.

Ini merupakan kemenangan ke-13 dari 14 laga yang sudah mereka mainkan musim ini di Serie A. Satu-satunya laga yang gagal mereka menangkan adalah ketika ditahan imbang Genoa 1-1.

Kini Juve telah mengemas 40 poin meski baru bermain 14 kali. Torehan ini sekaligus menjadikan mereka sebagai klub Serie A dengan start terbaik sejak hitungan tiga poin untuk kemenangan mulai diberlakukan pada 1994.

Jika terus seperti ini, La Vecchia Signora bisa mengakhiri musim dengan raihan 108 poin sekaligus memperpanjang gelar juara Serie A beruntun menjadi delapan kali. Untuk mewujudkan hal itu, Juve pun harus menang saat menjamu Inter.

Di klasemen saat ini, posisi Juventus dan Inter sebenarnya tak terlalu jauh. Juve di urutan pertama sementara Nerazzurri ketiga. Namun selisih poin di antara keduanya terpaut jauh.

Bianconeri mantap di puncak klasemen dengan koleksi 40 poin, sedangkan Inter baru meraih 29 poin. Meski berselisih 11 poin, pelatih Inter, Luciano Spalletti, tetap yakin timnya masih bisa menyusul raksasa yang telah mengoleksi 32 gelar juara Liga Italia itu. Dan melalui laga inilah peluang itu bisa diwujudkan.

“Ada selisih jarak yang jauh di papan atas dan kabar buruknya mengejar mereka akan sulit. Namun kabar baiknya adalah pertandingan ini adalah langkah awal untuk mewujudkan hal tersebut dan itu ada di tangan kami,” kata mantan pelatih Zenit St Petersburg ini.

Di kubu Juventus, Alex Sandro masih cedera meski tak berat. Allegri tak akan mengambil risiko dengan menurunkannya jika kondisi bek asal Brasil ini belum pulih benar.

Dia akan disimpan dan untuk menggantikannya di posisi bek kiri Juvetus memiliki pemain yang kemampuannya tak kalah hebat, Joao Cancelo. Pelatih Bianconeri harus pandai-pandai meramu skuatnya karena bakal menghadapi jadwal sibuk pada bulan Desember.

Paulo Dybala belum pernah mencetak gol musim ini namun masih tetap menjadi bagian penting pasukan Allegri. Pemain asal Argentina ini kemungkinan besar bakal diturunkan dalam partai ini.

Rodrigo Bentancur tak diragukan lagi merupakan pemain yang penampilannya paling melesat di kubu Juve. Dia dipastikan turun menjadi starter menjadi salah satu dari trio di lini tengah. Sebelumya dia sempat diragukan karena cedera, namun menjelang hari H kondisinya terus membaik dan dinyatakan bisa tampil.

La Vecchia Signora juga masih memiliki Emre Can yang mungkin saja akan diberi kesempatan kembali beraksi setelah pulih dari cedera.

Jika diturunkan, Bentancur bakal dimainkan bersama dua rekannya di barisan tengah, Miralem Pjanic dan Blaise Matuidi. Ketiganya akan menopang tiga pemain depan, Dybala, Mario Mandukic, serta Cristiano Ronaldo, penyerang yang terus menunjukkan ketajaman pada musim pertamanya di Italia.

Di skuat tim tamu, Sime Vrsaljko pulih dari cedera dan berpeluang tampil di sisi kanan pertahanan Inter. Namun selain bek asal Kroasia itu, pelatih Luciano Spalletti juga masih punya Danilo D’Ambrosio.

Radja Nainggolan kian mendekati pulih 100 persen namun belum akan diturunkan kali ini. Tidak tampilnya gelandang yang digaet dari AS Roma ini membuat Joao Mario kemungkinan besar akan dipercaya menjadi salah satu motor di lini tengah.

Stefan de Vrij difavoritkan bakal menggantikan peran Joao Miranda sebagai bek tengah. Pemain Timnas Belanda ini bakal diduetkan dengan Milan Skriniar, menjaga jantung pertahanan.

Mauro Icardi masih menjadi tumpuan di lini depan. Dia akan didampingi Ivan Perisic dan Matteo Politano. Trio penyerang ini akan dibantu barisan gelandang Joao Mario, Mario Brozovic, dan Matias Vecino.

Sepanjang musim ini, Juventus hanya sekali kehilangan poin ketika ditahan imbang Genoa, 1-1. Sisanya, dalam 13 pertandingan, Bianconeri selalu meraih kemenangan. Tren inilah yang ingin diteruskan pasukan Allegri.

Meski memimpin dengan keunggulan poin cukup jauh, Allegri dengan rendah hati menyatakan persaingan menuju tangga juara masih sangat terbuka.

“Juve belum memastikan gelar juara. Masih banyak pertandingan yang harus kami menangkan dan kompetisi masih panjang,” ungkapnya.

“Ini akan menjadi pertandingan yang indah dan penting karena ini Derby d’Italia,” papar Allegri.

“Ini akan menjadi malam yang menarik dalam sepakbola di antara kedua tim yang bersama Milan telah membuat sejarah dalam sepakbola Italia,” imbuhnya.

“Ini pertandingan yang penting dari sisi emosional, teknis, serta taktik. Jadi kami semua harus mempersiapkan diri dengan sangat baik,” paparnya.

“Laga ini seperti pertandingan hebat Liga Champions. Kami menghadapi tim yang tengah mengalami peningkatan di semua sisi baik kepercayaan diri maupun hasil yang mereka petik,” imbuhnya.

Inter memang hanya memetik hasil seri dalam dua dari tiga laga terakhir yang mereka mainkan. Namun mereka masih unggul empat poin atas penghuni urutan keempat, AC Milan.

Pasukan Spalletti akan sangat termotivasi untuk menjadi tim pertama yang mampu menaklukkan Juventus di Serie A musim ini. Namun ambisi ini juga harus diimbangi dengan persiapan yang matang.

Mereka harus tampil bagus di semua lini. Kesalahan sedikit saja bakal bisa dimanfaatkan penyerang lawan untuk mencetak gol.

Apalagi Juventus memiliki Ronaldo yang saat melawan Fiorentina mencetak dua gol. Torehan ini membuatnya masuk daftar pencetak gol terbanyak Serie A dengan 10 gol. Namun yang lebih penting dia juga menyamai rekor gemilang sebagai pemain anyar Juventus.

Catatan 10 gol dalam 14 laga awal membuat pemain asal Portugal itu menyamai torehan John Charles in 1957-58. Melawan Inter, dia kembali akan menjadi hantu untuk barisan belakang pasukan Spalletti. Perlu penjagaan istimewa untuk meredam peraih lima Ballon d'Or ini.

Perkiraan Susunan Pemain
Juventus (4-3-3):
K: Wozciech Szczesny
B: Mattia De Sciglio, Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini, Joao Cancelo
T: Rodrigo Bentancur, Miralem Pjanic, Blaise Matuidi
D: Cristiano Ronaldo, Mario Mandzukic, Paulo Dybala
Pelatih: Massimiliano Allegri

Inter (4-3-3):
K: Samir Handanovic
B: Danilo D’Ambrosio, Milan Skriniar, Stefan De Vrij, Kwadwo Asamoah
T: Joao Mario, Mario Brozovic, Matias Vecino
D: Ivan Perisic, Mauro Icardi, Matteo Politano
Pelatih: Luciano Spalletti

Lima Pertandingan Terakhir Juventus
08/11/18 Liga Champions Juventus 1-2 Manchester United
12/11/18 Serie A Milan 0-2 Juventus
25/11/18 Serie A Juventus 2-0 SPAL
28/11/18 Liga Champions Juventus 1-0 Valencia
02/12/18 Serie A Fiorentina 0-3 Juventus

Lima Pertandingan Terakhir Inter
07/11/18 Liga Champions Inter 1-1 Barcelona
11/11/18 Serie A Atalanta 4-1 Inter
25/11/18 Serie A Inter 3-0 Frosinone
29/11/18 Liga Champions Tottenham Hotspur 1-0 Inter
03/12/18 Serie A Roma 2-2 Inter

Head to Head
29/04/18 Serie A Inter 2-3 Juventus
10/12/17 Serie A Juventus 0-0 Inter
06/02/17 Serie A Juventus 1-0 Inter
18/09/16 Serie A Inter 2-1 Juventus
03/03/16 Piala Italia Inter 3-0 P Juventus
29/02/16 Serie A Juventus 2 -0 Inter



Sumber: Whoscored
CLOSE