Piala Super Italia

Peluang Ronaldo Rebut Trofi Pertama Bersama Juve

Peluang Ronaldo Rebut Trofi Pertama Bersama Juve
Juventus vs AC Milan ( Foto: The Sun )
Jaja Suteja / JAS Rabu, 16 Januari 2019 | 07:28 WIB

Riyadh – Dua tim top Italia, Juventus dan Milan, bakal adu kekuatan untuk memperebutkan trofi Piala Super Italia, Rabu (16/1) atau Kamis dini hari mulai pukul 00.30 WIB.

Laga ini akan menjadi kesempatan bagi bintang anyar Juventus, Cristiano Ronaldo, untuk meraih gelar pertamanya bersama I Bianconeri. Dalam dua gelaran Piala Super Italia sebelumnya, Juventus selalu gagal memboyong trofi.

Pelatih Massimiliano Allegri pun berharap keberadaan peraih empat Ballon d'Or bisa menyuntikkan mental juara bagi Juve untuk mengakhiri ketidakberuntungan mereka di ajang ini.

“Cristiano terbiasa menjadi juara, Dia memenangkan empat dari lima trofi terakhir Liga Champions dan berbagai trofi lainnya. Ronaldo pemain terbaik di dunia dan itu menjadi bonus bagi kami,” ujar Allegri.

“Kondisi tim benar-benar mengalami kemajuan dengan kehadirannya meski Juve sebenarnya telah memiliki barisan striker hebat,” ujar Allegri.

Allegri memang sangat layak percaya bahwa kehadiran penyerang asal Portugal ini bisa mengangkat performa tim dalam laga ini. Setelah sempat macet di awal musim, Ronaldo kini bertengger di puncak daftar pencetak gol terbanyak Serie A dengan 14 gol.

Berbeda dari biasanya, kali ini pertandingan yang mempertemukan juara Serie A melawan kampiun Piala Italia ini digelar di Riyadh, Ibu Kota Arab Saudi. Laga diselenggarakan di Stadion King Abdullah, yang merupakan kandang dari dua klub papan atas Arab Saudi, Al Ahly dan Al Ittihad.

Inilah untuk kesembilan kalinya partai Piala Super digelar di luar Italia. Sebelumnya, pernah dilaksanakan di Amerika Serikat (2 kali), Tiongkok (4 kali), dan Qatar (2 kali).

Milan sebenarnya hanyalah runner-up Piala Italia musim lalu. Namun mereka berhak tampil di ajang ini lantaran kampiun kejuaraan dengan sistem gugur itu adalah Juventus, yang juga juara Serie A.

Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri, punya pilihan yang terbatas di lini belakang. Namun dia bisa menurunkan tiga pilihan utamanya dari empat pemain di barisan pertahanan.

Meski sangat perkasa di Serie A dan Piala Italia dalam empat musim terakhir, Juventus tidak beruntung dalam dua edisi sebelumnya di Piala Super. Mereka menyerah kepada Milan lewat adu penalti pada tahun 2016, lalu tumbang di tangan Lazio setahun kemudian.

Tahun ini, Allegri tentunya tak mau kecolongan lagi. Namun dia harus memutar otak lantaran beberapa andalannya tak mungkin tampil lantaran cedera yakni Mario Mandzukic, Andrea Barzagli, Medhi Benatia, dan Juan Cuadrado.

Pelatih yang menangani Juve sejak 2014 ini memastikan akan memainkan Douglas Costa atau Federico Bernardeschi di sisi kiri kanan lini serang dalam formasi 4-3-3. Namun Costa lebih difavoritkan tampil untuk mengisi absennya Mario Mandzukic.

Pemain asal Brasil ini tampil bagus di Piala Italia melawan Bologna. Paulo Dybala dan Cristiano Ronaldo bakal melengkapi trio lini depan. Ronaldo bakal menjadi ancaman bagi lini belakang Milan setelah performanya terus menanjak akhir-akhir ini. Dalam laga terakhir di Serie A, dia mncetak dua gol ke gawang Sampdoria.

Joao Cancelo lebih berpeluang tampil sebagai bek kanan sejak kick-off dibanding eks pemain Milan, Mattia De Sciglio.
Rodrigo Bentancur juga sepertinya akan mempertahankan statusnya sebagai starter di barisan tengah dibanding Sami Khedira. Bersama Miralem Pjanic dan Blaise Matuidi, pemain muda asal Uruguay itu bakal menjadi motor di barisan gelandang.

Saat konferensi pers, Gattuso menegaskan bahwa 90 persen dia akan menurunkan Higuain sebagai starter, meski kencang berembus kabar penyerang Argentina itu bakal hengkang ke Chelsea.
Cristian Zapata sepertinya akan dipilih Gattuso dibanding Mateo Musacchio untuk menjaga jantung pertahanan bersama Alessandro Romagnoli.
Pemain yang baru didatangkan via bursa transfer Januari, Lucas Paqueta juga akan ditampilkan. Gelandang asal Brasil berusia 21 tahun ini baru saja memainkan debutnya membela Milan saat menundukkan Sampdoria 2-0 di ajang Piala Italia, Sabtu lalu. Paqueta akan menjadi salah satu dari trio di lini tengah bersama Franck Kessie dan Tiemoue Bakayoko.

Patrick Cutrone masuk sebagai pemain pengganti saat babak tambahan dan mencetak dua gol kemenangan Milan di Piala Italia melawan Sampdoria. Namun pemain muda lulusan akademi Milan ini sepertinya akan kembali duduk di bangku cadangan dalam partai di Ibu Kota Arab Saudi ini.

Suso menjalani hukuman tak boleh tampil, Milan pun kemungkinan harus berjuang keras untuk bisa menciptakan peluang mencetak gol. Dengan absennya Suso, Samu Castillejo dan Hakan Calhanoglu akan bermain sebagai sayap mengapit Higuain dalam formasi 4-3-3.

Kedua tim datang ke Riyadh dengan torehan hasil positif. Juventus menang atas Sampdoria di Serie A, lalu menundukkan Bologna di Piala Italia.

Milan juga menang dalam dua laga terakhir mereka seebelum terbang ke Arab Saudi. Menang atas SPAL di Serie A, serta menghentikan Sampdoria di Piala Italia, meski harus memainkan babak tambahan.

Meski selalu kalah dalam dua edisi terakhir Piala Super Italia, Juventus tetap diunggulkan dalam laga kali ini. Apalagi, rekor pertemuan atas Milan dalam beberapa laga terakhir juga menunjukkan mereka selalu unggul.

Perkiraan susunan pemain:

Juventus (4-3-3):
K: Wojciech Szczesny
B: Joao Cancelo, Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini, Alex Sandro
T: Rodrigo Bentancur, Miralem Pjanic, Blaise Matuidi
D: Douglas Costa, Paulo Dybala, Cristiano Ronaldo

Milan (4-3-3):
K: Gianluigi Donnarumma
B: Davide Calabria, Cristian Zapata, Alessandro Romagnoli, Rodriguez
T: Franck Kessie, Tiemoue Bakayoko, Lucas Paqueta
D: Samu Castillejo, Ginzalo Higuain, Hasan Calhanoglu

Lima Pertandingan Terakhir Juventus
16/12/18 Serie A Torino 0-1 Juventus
23/12/18 Serie A Juventus 1-0 Roma
26/12/18 Serie A Atalanta 2-2 Juventus
29/12/18 Serie A Juventus 2-1 Sampdoria
13/01/19 Piala Italia Bologna 0-2 Juventus

Lima Pertandingan Terakhir Juventus
19/12/18 Serie A Bologna 0-0 Milan
22/12/18 Serie A Milan 0-1 Fiorentina
26/12/18 Serie A Frosinone 0-0 Milan
30/12/18 Serie A Milan 2-1 SPAL
13/01/19 Piala Italia Sampdoria 0-2* Milan

* = babak tambahan

Head to Head
12/11/18 Serie A Milan 0-2 Juventus
10/05/18 Piala Italia Juventus 4-0 Milan
01/04/18 Serie A Juventus 3-1 Milan
28/10/17 Serie A Milan 0-2 Juventus
11/03/17 Serie A Juventus 2-1 Milan
26/01/17 Piala Italia Juventus 2-1 Milan



Sumber: Football Italia