Juve Menang Setelah Tertinggal, Allegri Mengaku Salah

Juve Menang Setelah Tertinggal, Allegri Mengaku Salah
Pelatih Juventus, Maximilliano Allegri (kiri) dan Cristiano Ronaldo. ( Foto: AFP PHOTO / Alberto Pizzoli )
Jaja Suteja / JAS Senin, 28 Januari 2019 | 07:32 WIB

Roma – Juventus memang memetik kemenangan 2-1 atas Lazio dalam partai Serie A pekan ke-21, namun pelatih Massimiliano Allegri mengaku bersalah karena timnya sempat tertinggal. Menurutnya, dia menempatkan Emre Can dalam posisi sulit dalam laga Minggu (27/1) atau Senin dini hari ini.

Gawang Juventus yang dijaga Wojciech Szczesny sempat bobol oleh gol bunuh diri yang dibuat Can pada menit ke-59. Lazio memang tampil dominan dalam partai di Stadion Olimpico ini.

Namun Juve kemudian bangkit melalui gol Joao Cancelo pada menit ke-74. Cristiano Ronaldo mencetak gol kemenangan dari titik penalti pada menit ke-88, menyusul pelanggaran terhadap Cancelo di kotak terlarang.

Allegri mengakui timnya tampil buruk sepanjang 60 menit pertama. “Kami memang tampil tidak bagus dalam satu jam pertama. Namun selama setengah jam terakhir kami bermain lebih baik,” ungkap Allegri.

“Saat jeda, saya meminta para pemain untuk mengalirkan bola lebih bersih dan tak banyak melakukan kesalahan,” kata mantan pelatih Caglari ini kepada Sky Sport Italia.

Allegri memasukkan Federico Bernardeschi dan Cancelo yang masing-masing menggantikan Blaise Matuidi dan Douglas Costa.

“Masuknya Bernardeschi dan Cancelo membuat kami lebih terorganisasi. Ini pertandingan yang sulit, namun saya sudah berada di Juventus selama lima tahun dan tak pernah mengatakan melawan Lazio di Olimpico adalah hal yang mudah. Jadi ini bukan hal yang mengejutkan,” kata pelatih yang telah mengantar Juventus meraih empat gelar juara Serie A ini.

“Ini tanggung jawab saya. Saya mencoba memainkan Emre Can di depan lini pertahanan dan itu keliru. Dia belum memiliki waktu yang tepat jadi saya menempatkannya dalam posisi yang sangat sulit. Saya lalu menempatkan Rodrigo Bentancur di sana lalu situasi membaik,” paparnya.

“Mereka yang duduk di bangku cadangan tetaplah penting bagi tim. Saya sebenarnya sedih harus menempatkan Bernardeschi di bangku cadangan namun kami akan menghadapi pertandingan besar melawan Atalanta di ajang Piala Italia hari Rabu,” kata Allegri.

“Tekanan yang dilakukan Lazio membuat kami mengalami masalah tertama karena kami sering melakukan kesalahan saat mengoper bola,” ujar mantan pelatih Milan ini.

“Saya merasa para pemain kami mengenakan kostum yang berbeda-beda karena seringnya kami melakukan kesalahan dalam mengalirkan bola ke rekan sendiri. Namun kami melakukan perbaikan dan bisa menyelesaikan laga ini dengan baik,” katanya.

“Kami tahu ini kemenangan penting mengingat Napoli imbang lawan Milan. Saya katakan kepada para pemain, kemenangan akan membuat kami selangkah lebih maju meski untuk mendapatkannya kami bermain tidak bagus,” kata Allegri.

Kemenangan ini mengukuhkan posisi Juventus sebagai pemimpin klasemen Serie A. Setelah 21 kali bertanding, mereka telah meraih 59 poin atau unggul 11 poin atas Napoli yang menempati urutan kedua. Inter yang kalah 0-1 di markas Torino, masih berada di posisi ketiga dengan 40 poin, disusul Milan di urutan keempat dengan koleksi 35 poin. 

Ini merupakan kekalahan ketujuh Lazio di Serie A musim ini. Pasukan Simone Inzaghi kini bertengger di posisi ke-38 dengan koleksi 32 poin.



Sumber: Football Italia