Jumlah Kendaraan Diputar Balik di Jalan Tol Menurun

Jumlah Kendaraan Diputar Balik di Jalan Tol Menurun

Senin, 27 April 2020 | 16:40 WIB
Oleh : Bayu Marhaenjati / JAS

Jakarta, Beritasatu.com - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mencatat, terjadi penurunan jumlah kendaraan yang melakukan pelanggaran aturan larangan mudik dan diminta putar balik, di Jalan Tol Cikarang Barat dan Tol Bitung, selama tiga hari pelaksanaan Operasi Ketupat Jaya, tanggal 24 hingga 26 April 2020.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Sambodo Purnomo mengatakan, berdasarkan catatan jumlah kendaraan yang diputar balik di Tol Cikarang Barat dan Bitung, pada hari Jumat (24/4/2020), sebanyak 1.873. Sehari kemudian, kendaraan yang diminta putar balik berjumlah 1.293.

"Hari Minggu, jumlah kendaraan yang diputar balik sebanyak 875," ujar Sambodo, Senin (27/4/2020).

Dikatakan Sambodo, kendaraan yang paling banyak diputar balik adalah mobil pribadi. Pada hari Jumat, mobil pribadi yang diputar balik di Tol Cikarang dan Tol Bitung berjumlah 1.219 unit. Kemudian, Sabtu sebanyak 726 kendaraan, dan Minggu jumlahnya 582 kendaraan.

Sedangkan, kendaraan umum yang diputar balik berjumlah 654 pada hari Jumat, 567 kendaraan pada hari Sabtu, dan 293 kendaraan di hari Minggu.

"Kebanyakan kendaraan diputar balik di Cikarang. Paling banyak kendaraan pribadi. Ya tidak mengerti, alasannya ingin mudik," katanya.

Diketahui sebelumnya, pemerintah telah mengeluarkan kebijakan melarang masyarakat mudik ke kampung halaman, guna mencegah penularan virus corona (Covid-19), selama Ramadan dan Idulfitri 1441 H.

Merespons kebijakan itu, Polda Metro Jaya menyiapkan 18 Pos Pengamanan Terpadu untuk melakukan penyekatan dan pemeriksaan terhadap kendaraan angkutan pribadi dan umum dalam Operasi Ketupat Jaya 2020, di jalan tol dan jalur perbatasan wilayah, Jumat (24/4/2020).

Sebanyak 18 Pos Pengamanan Terpadu itu terbagi dalam dua kelompok. Pertama, dua Pos Pam Terpadu berada di Pintu Tol Cikarang, Kabupaten Bekasi dan Bitung, Tangerang.

Kemudian, 16 Pos Pam Terpadu lainnya berada di jalan arteri seperti, Kota Tangerang ada lima titik di Lippo Karawaci, Batu Ceper, Ciledug, Kebon Nanas, dan Jatiuwung. Kemudian di Tangerang Selatan ada dua check point yaitu, di Puspitek dan Curug. Depok juga ada dua titik, di Jalan Raya Bogor-Cibinong dan Citayam.

Kota Bekasi ada tiga titik, Sumber Arta, Bantargebang dan Cakung. Sedangkan, Bekasi Kabupaten ada empat titik, Cibarusah (perbatasan dengan Bogor dan Cianjur), Kedung Waringin (berbatasan dengan Kawarang), Bojongmangu, dan Pebayuran.

Batasan penyekatan dan pemeriksaan terkait larangan mudik ini hanya berlaku bagi kendaraan angkutan penumpang baik pribadi maupun umum, termasuk sepeda motor. Sehingga tidak berlaku bagi truk angkutan barang dan logistik, terutama untuk sembako kebutuhan sehari-hari.

Menyoal sanksi, sambil menunggu keputusan dari pemerintah, Polri akan mengedepankan tindakan persuasif humanis dengan meminta pelanggar putar balik kendaraan.



Sumber:BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI

BERITA LAINNYA

Kamis Ini, 64 WNA Jemaah Tabligh Masjid Kebon Jeruk Dipulangkan ke Negara Asalnya

Sebanyak 64 jemaah WNA itu sudah menjalani rapid test dan hasilnya negatif Covid-19, mereka akan dipulangkan dengan biaya sendiri.

MEGAPOLITAN | 27 April 2020

Ini 3 Kebijakan Pemprov DKI terkait Pajak Daerah

Kebijakan ini diharapkan akan meringankan beban masyarakat dalam melaksanakan kewajiban perpajakannya yang tertunda akibat bencana wabah Covid-19.

MEGAPOLITAN | 27 April 2020

Sembilan Anak Terpapar Covid-19 di Bogor

Kasus Covid-19 menimpa 9 anak di wilayah Bogor. Sebanyak empat anak dinyatakan positif terinfeksi Covid-19 di Kabupaten Bogor, lima lainnya PDP di Kota Bogor.

MEGAPOLITAN | 27 April 2020

PSBB, PT MRT Jakarta Tutup Stasiun Bendungan Hilir dan Senayan

Akibat PSBB, PT MRT Jakarta kembali menghentikan pelayanan pada 2 stasiun, yaitu Stasiun Bendungan Hilir dan Stasiun Senayan.

MEGAPOLITAN | 27 April 2020

Petugas Security Sempat Terjebak Kebakaran Gereja Basilea Christ Chatedral

Seorang petugas keamanan diketahui sempat terjebak dalam kebakaran Gereja Basilea Christ Cathedral. Petugas itu sudah diselamatkan dan sedang dirawat.

MEGAPOLITAN | 27 April 2020

Kebakaran Gereja Basilea Christ Cathedral Diduga karena Korsleting

Peristiwa kebakaran gereja yang menghanguskan Gereja Christ Chatedral GBI Basilea, di kawasan Pedegangan, Kabupaten Tangerang, diduga akibat korsleting.

MEGAPOLITAN | 27 April 2020

Penumpang dan Petugas KRL Bogor Dites Covid-19

Hasilnya swab test nanti akan diberikan langsung kepada yang penumpang melalui nomor telepon selular yang telah ditulis sebelumnya pada formulir.

MEGAPOLITAN | 27 April 2020

Api yang Membakar Gereja Basilea Christ Cathedral Sudah Padam

Api baru dapat dipadamkan oleh tiga mobil pemadam kebakaran sekitar pukul 09.30 WIB.

MEGAPOLITAN | 27 April 2020

Pemberi Nasi Bungkus Anjing Minta Maaf, Logo Telah Dicopot

Tidak ada maksud merendahkan atau menghina pihak mana pun, tujuannya hanya sekadar membantu.

MEGAPOLITAN | 27 April 2020

Empat Lagi Meninggal karena Virus Corona di Kabupaten Bogor

“Empat kasus meninggal terdiri dari satu kasus baru, sedangkan tiga lainnya sudah terlebih dahulu tercatat dalam data pasien di Kabupaten Bogor,” kata Syarifah.

MEGAPOLITAN | 27 April 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2020 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS