Polisi Bongkar Pabrik Liquid Vape dan Tembakau Gorila Beromset Miliaran

Polisi Bongkar Pabrik Liquid Vape dan Tembakau Gorila Beromset Miliaran

Senin, 29 Juni 2020 | 19:28 WIB
Oleh : Bayu Marhaenjati / JAS

Jakarta, Beritasatu.com - Tim Subdit I Ditresnakoba Polda Metro Jaya, membongkar pabrik rumahan liquid vape yang mengandung narkotika dan tembakau gorila beromset miliaran rupiah, di Palem Regency, Kuta Selatan, Badung, Bali. Sebanyak tujuh tersangka ditangkap, salah satunya merupakan narapidana di Lembaga Pemasyarakatan, di Bali.

"Pengungkapan home industry liquid vape yang mengandung narkotika dan tembakau gorila. Ini dilakukan sindikat antarprovinsi, dan mereka memasarkan barang haram tersebut melalui online," ujar Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana, Senin (29/6/2020).

Dikatakan Nana, pengungkapan kasus ini bermula ketika penyidik membekuk seseorang berinisial FA dengan barang bukti lima botol liquid vape, di kawasan Cawang, Jakarta Timur, tanggal 12 Juni 2020 lalu. Berdasarkan hasil pemeriksaan, yang bersangkutan mengatakan kalau barang haram itu didapatkan dari Bali.

"Kemudian, penyidik melakukan pengembangan ke Bali dan berhasil menangkap tujuh tersangka di beberapa (lima) wilayah di Bali," ungkapnya.

Nana menyampaikan, tujuh tersangka yang ditangkap berinisial AAN, IK, NIKA, AAP, ANA, AEP, dan K. Nama terakhir merupakan seorang narapidana di Lapas Bali, berperan sebagai penyalur bibit tembakau gorila yang dipesan dari Tiongkok dengan bantuan tersangka AAP, AAN, dan AE.

"TKP yang menjadi home industry berada di perumahan Palem Regency, Kuta Selatan, Badung, Bali. Untuk home industry ini tersangkanya berinisial NK. Ditangkap pada hari Minggu 21 Juni kemarin," katanya.

Menurut Nana, tersangka mulai memproduksi liquid vape dan tembakau gorila di pabrik rumahan itu mulai Januari 2020 lalu. Omsetnya diduga mencapai miliaran rupiah.

"Terkait dengan liquid vape dan tembakau gorila memang sekarang menjadi tren anak-anak muda. Keterangan para tersangka ini mulai bulan Januari 2020, mereka mulai melakukan industri rumahan tersebut. Omzetnya cukup besar, sindikat ini sudah bermain antarprovinsi, Jakarta, Jawa Barat, Sulawesi, ada Sumatera Kalimantan, dan Bali. Jadi cukup besar ini miliaran rupiah," jelasnya.

Pada saat penangkapan, Nana menyebutkan, penyidik menyita barang bukti berupa 24 kilogram tembakau gorila, tujuh liter liquid vape, dan 500 gram bibit tembakau gorila.

"Kemudian ada uang Rp 500 juta kita dapatkan dari tersangka. Mereka juga ada barang bukti emas 150 gram. Ini hasil penjualan liquid vape dan tembakau gorila," ucapnya.

Atas perbuatannya, para tersangka dijerat Pasal 114 ayat 2 subsider Pasal 112 ayat 2 juncto Pasal 132 ayat 2 Undang-undang RI Nomor 35 Tahun 2009, tentang Narkotika. "Ancaman hukumannya pidana seumur hidup, paling sedikit 5 tahun dan paling lama 20 tahun penjara," tandasnya.



Sumber:BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

42 Puskesmas Kota Bekasi Layani Program Keluarga Berencana

Sebanyak 42 Puskesmas yang ada di Kota Bekasi serentak melayani program Keluarga Berencana (KB).

MEGAPOLITAN | 29 Juni 2020

Kasus Kelompok John Kei, Polisi Tangkap 39 Tersangka, 8 Masih Buron

Sedikitnya ada 47 tersangka terkait perencanaan pembunuhan dan pemufakatan jahat di dua TKP Kosambi Cengkareng, dan di perumahan Green Lake, Tangerang.

MEGAPOLITAN | 29 Juni 2020

Kebakaran Pemukiman Padat di Kapuk, 21 Mobil Damkar Dikerahkan

Kebakaran melanda sejumlah rumah di pemukiman padat penduduk, di Jalan Pasar Dangdut, Kapuk, Cengkareng, Jakarta Barat.

MEGAPOLITAN | 29 Juni 2020

300 Kg Telur Bansos Pemprov Busuk, Pemkot Depok Angkat Bicara

Pemkot Depok buka suara soal soal paket bansos Pemprov Jabar berupa telur yang diberitakan banyak membusuk.

MEGAPOLITAN | 29 Juni 2020

Kepala OPD Pemkot Bekasi Berkantor Kembali di Tempat Masing-masing

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, menginstruksikan kepada kepala dinas (organisasi perangkat daerah/OPD) untuk berkantor kembali ke tempat masing-masing.

MEGAPOLITAN | 29 Juni 2020

Viral Video Nakes Dangdutan, Ini Penjelasan Pihak RSD Wisma Atlet

Dalam penyelenggaraannya, acara tersebut telah diatur untuk tetap memenuhi protokol kesehatan seperti pembatasan peserta, menggunakan masker, dll.

MEGAPOLITAN | 29 Juni 2020

PPDB Daring, Pemprov DKI Kembali Imbau Siswa Tak Lolos Jalur Zonasi Ikut Jalur Prestasi

Nahdiana mengatakan, proses seleksi dilakukan dengan mengurutkan dari nilai tertinggi dan nilai yang lebih rendah sesuai dengan jumlah kuota yang tersedia.

MEGAPOLITAN | 29 Juni 2020

Gandeng GP Ansor, Aice Bagi 500.000 Es Krim ke Kalangan Medis

Es krim yang didistribusikan ini memiliki kandungan baik bagi tubuh yaitu Aice Jeruk dengan kandungan Vitamin C tinggi.

MEGAPOLITAN | 29 Juni 2020

Usut Tuntas Kejahatan Seksual di Paroki Herkulanus-Depok

Memberi perhatian serius kepada korban dan keluarga yang mengalami penderitaan

NASIONAL | 29 Juni 2020

Busa di Sungai BKT dari Limbah Detergen Rumah Tangga

Endapan detergen limbah rumah tangga yang terangkat turbulensi arus.

MEGAPOLITAN | 29 Juni 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2020 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS