Ungkap Kasus Skimming, Polda Metro Dapat Penghargaan

Ungkap Kasus Skimming, Polda Metro Dapat Penghargaan

Kamis, 17 Mei 2018 | 13:46 WIB
Oleh : Bayu Marhaenjati / JAS

Jakarta - Kerja keras Tim Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, dalam mengungkap kasus pencurian dana nasabah atau kejahatan skimming internasional mendapatkan apresiasi berupa penghargaan "Law Enforcement Award" dalam acara AP Visa Risk Security Summit 2018, di Singapura, Rabu (16/5) kemarin.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Nico Afinta mengatakan, penghargaan itu diberikan atas keberhasilan Subdit III Reserse Mobil Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, dalam mengungkap 11 kasus skiming, di wilayah hukum Polda Metro Jaya, beberapa waktu lalu.

"Subdit III Resmob Polda Metro Jaya telah mengungkap kasus skimming sebanyak 11 kasus, dengan total tersangka 18 orang," ujar Nico, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (17/5).

Dikatakan, selain menangkap 18 orang (warga negara asing dan warga negara Indonesia), penyidik juga menyita sebanyak 2.025 kartu ATM palsu berisi data nasabah 77 bank yang berasal berasal dari 24 negara.

"Para pelaku hanya memerlukan waktu 5 sampai 10 menit dalam melakukan aksinya untuk memasang alat skimming ke dalam mesin ATM," ungkapnya.

Ia menyampaikan, para pelaku memasang alat skimmer di tempat atau lubang kartu ATM. Pelaku juga menempelkan kamera tersembunyi atau spycam di mesin ATM untuk mengetahui nomor PIN calon korban.

Nico menambahkan, alat skimmer itu akan memindai data nasabah, kemudian disimpan ke hard disk. Lalu, pelaku akan memasukkan data itu ke komputer untuk proses pemindahan data ke kartu ATM. Selanjutnya, pelaku dapat menguras saldo korban menggunakan PIN yang terekam di spycam.

Ia mengimbau, kepada para nasabah agar selalu waspada dengan modus kejahatan skimming. Apabila masyarakat menemukan mesin ATM yang tidak wajar, semisal susah memasukkan kartu, sebaiknya langsung mencari mesin ATM alternatif.

Diharapkan, masyarakat juga melaporkan kepada petugas atau sekuriti setempat apabila melihat ada orang yang mencurigakan dan berlama-lama di ATM. "Peran masyarakat sangat penting. Jika menemukan ada orang yang lama di ATM laporkan ke petugas, karena transaksi di ATM biasanya tidak lebih dari lima menit," katanya.

Sementara itu, Nico mengungkapkan, AP Visa Risk Security Summit 2018 merupakan forum pertemuan yang dihadiri oleh 600 industri pembayaran se-Asia Pasific. "Membahas mengenai manajemen risiko pada sistem pembayaran. Bagaimana menanganinya, koordinasi lintas bank, kebijakan-kebijakannya, sistem untuk mengendalikan kejahatan pada sistem pembayaran, dan membangun network yang berhubungan pada sistem pembayaran," jelasnya.

Penghargaan "Law Enforcement Award" diberikan atas dasar Surat Undangan Visa Internasional dan Surat Asosiasi Kartu Kredit Indonesia Nomor: AKKI/2018/IV/104, kepada Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Nico Afinta, Kasubdit Resmob Polda Metro Jaya AKBP Aris Supriyono, Kanit 4 Subdit Resmob Polda Metro Jaya AKP Rovan Richard Mahenu dan Panit 2 Unit 4 Subdit Resmob Polda Metro Jaya Iptu Verdika Bagus Prasetya.



Sumber:BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI

BERITA LAINNYA

KA Solo Ekspres Resmi Dioperasikan Hari Ini

KA tersebut nantinya melayani penumpang hingga Bandara Adi Soemarmo, Boyolali apabila jalur dari Stasiun Solo Balapan- Bandara Adi Soemarmo sudah tersambung.

NASIONAL | 17 Mei 2018

Dua KA Daop Purwokerto Terapkan Tarif Promo

"Dua kereta api yang menerapkan program tarif promo itu adalah atas KA Purwojaya relasi Cilacap-Puwokerto-Gambir dan KA Sawunggalih relasi Kutoarjo-Pasarsenen."

NASIONAL | 17 Mei 2018

Terima Suap dan Gratifikasi, Eks Dirjen Hubla Dihukum 5 Tahun Penjara

Selain suap, Tonny juga terbukti bersalah telah menerima gratifikasi dengan nilai total Rp 19,6 miliar.

NASIONAL | 17 Mei 2018

Kasus Suap Bupati Mojokerto, KPK Periksa Presdir PT Tower Bersama

Pemeriksaan ini, bukanlah yang pertama yang bakal dijalani Herman dan Budianto. Kedua bos PT Tower Bersama itu sebelumnya telah diperiksa tim penyidik.

NASIONAL | 17 Mei 2018

PDIP: Koopsusgab Tidak Perlu Jadi Polemik

"Itu kan luar biasa, beliau pasang badan untuk melawan terorisme, ini kan dalam aspek regulasi," kata Arteria Dahlan.

NASIONAL | 17 Mei 2018

Bangkai Kapal KM Sanjaya-2 Hilang dari Perairan Alor

Dugaan sementara bangkai kapal tersebut sudah tenggelam karena ada kebocoran pada lambung kapal atau terbawa arus ke perairan Laut Banda.

NASIONAL | 17 Mei 2018

Polda Jatim Minta Keluarga Ambil Jenazah Terduga Teroris

Jika tidak diambil, akan dimakamkan di tempat tertentu yang dipilih secara acak.

NASIONAL | 17 Mei 2018

Harga Kebutuhan Pokok di Sulteng Masih Stabil

Kenaikan daging dan telur ayam pokok dipicu permintaan masyarakat menjelang puasa.

NASIONAL | 17 Mei 2018

20 Tahun Reformasi, Politik Identitas Kacaukan Kondisi Sosial

Sinergi TNI-Polri merupakan kunci keberhasilan menjaga stabilitas keamanan dalam negeri, contohnya dalam menanggulangi aksi teror.

NASIONAL | 17 Mei 2018

Ribuan Warga Lakukan Padusan di Temanggung

Padusan merupakan tradisi mandi secara bersama-sama oleh sebagian kaum Muslim yang dilaksanakan di tempat-tempat umum, seperti sendang, air terjun, dan belik.

NASIONAL | 16 Mei 2018


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2020 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS