Kapolri: Situasi di Papua Barat Berangsur Kondusif

Kapolri: Situasi di Papua Barat Berangsur Kondusif

Senin, 19 Agustus 2019 | 14:51 WIB
Oleh : JAS

Surabaya, Beritasatu.com - Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian menyampaikan bahwa situasi di Manokwari, Papua Barat, yang sebelumnya sempat terjadi kerusuhan, kini berangsur kondusif.

Tito ditemui di RS Bhayangkara Polda Jatim di Surabaya, Senin (19/8/2019), mengatakan terkait kejadian itu dirinya sudah menginstruksikan kapolda setempat untuk melakukan tindakan pengamanan dan menghindari kekuatan berlebihan.

"Saya dapat laporan dari Kapolda Papua Barat, situasi sudah berangsur kondusif. Saya sudah sampaikan kepada Kapolda Papua maupun Papua Barat untuk melakukan langkah-langkah pengamanan dan hindarkan terjadinya kekuatan yang berlebihan," ujarnya.

Mengenai penambahan pasukan di Manokwari, Papua Barat dan Jayapura, Papua, Tito menyatakan masih akan memantau situasi dan kondisi selanjutnya.

Artinya, kata dia, jika nanti perlu dilakukan penambahan pasukan maka akan dilakukan dan dikirim dari daerah terdekat seperti Maluku atau Sulawesi.

Di Manokwari terjadi kericuhan dan masyarakat di ibu kota Papua Barat tersebut turun ke jalan bersama mahasiswa membakar ban-ban di berbagai sudut kota maupun jalan-jalan protokol. Selain itu, mobilisasi massa juga terjadi di Jayapura, Papua.

Kedua aksi tersebut sebagai bentuk protes tindakan yang diduga rasisme terhadap mahasiswa Papua di Kota Surabaya dan Malang.

Kepada masyarakat Papua, Tito yang pernah menjadi Kapolda Papua itu meminta untuk tidak mudah terpancing dengan berita yang tidak benar.

Sementara, lanjut dia, kepada masyarakat di luar Papua diminta tak membedakan cara memperlakukan anak Papua karena merupakan bagian dari bangsa Indonesia.

"Papua adalah saudara sendiri. Jadi, komunikasi perlu dijalin dan masyarakat jangan terpancing. Baik yang di Papua maupun di luar Papua, jangan mau menjadi korban adu domba atau terpancing dengan informasi yang tidak benar," tuturnya.



Sumber:ANTARA


BAGIKAN


REKOMENDASI

BERITA LAINNYA

Eva Bande: Terjadi Ekspansi Ilegal Perkebunan Kelapa Sawit di Suaka Margasatwa Bangkiriang

Eva menandaskan bahwa telah ditemukan fakta bahwa PT KLS telah mengalihfungsikan seluas 562,08 hektare menjadi perkebunan sawit di dalam kawasan tersebut.

NASIONAL | 19 Agustus 2019

Gubernur Jatim Minta Maaf kepada Warga Papua Atas Kejadian di Surabaya dan Malang

Khofifah juga menyampaikan bahwa untuk meredam kejadian agar tidak semakin meluas, Gubernur Papua Lukas Enembe berencana berkunjung ke Jatim.

NASIONAL | 19 Agustus 2019

ALDP Kecam Persekusi Mahasiswa Papua

ALDP menyerukan kepolisian harus menindak tegas pelaku tindakan rasial, stigmatisasi, penganiayaan serta pengeroyokan terhadap mahasiswa Papua.

NASIONAL | 19 Agustus 2019

AirAsia Buka Penerbangan ke Belitung dari Jakarta dan Kuala Lumpur

Kedua rute tersebut akan dilayani oleh AirAsia Indonesia (kode penerbangan QZ) menggunakan pesawat Airbus A320 berkapasitas 180 kursi.

NASIONAL | 19 Agustus 2019

Program SMN, Askrindo, Perum Perindo dan PTPN XIII Kirimkan 23 Siswa

Askrindo, Perum Perindo dan PTPN XIII mengirimkan 23 siswa berprestasi dari Kalimantan Barat ke Bali dalam program Siswa Mengenal Nusantara (SMN).

NASIONAL | 19 Agustus 2019

Bencana Sampah Plastik Jadi Isu Utama Sinergi LIPI dan Seskoal

"Dengan ini kelak mereka para mahasiswa Seskoal yang diproyeksikan menjadi pimpinan TNI AL bisa lebih peduli terhadap kondisi ekosistem biota laut."

NASIONAL | 19 Agustus 2019

Polda Jatim Tegaskan Tak Ada Rasisme terhadap Mahasiswa Papua

"Kami jelaskan tidak ada anggota kepolisian yang menyampaikan hal tersebut (rasis). Kalaupun ada OKP (organisasi kepemudaan) kami akan lakukan penyelidikan."

NASIONAL | 19 Agustus 2019

Bandara Rendani Manokwari Beroperasi Normal

Polana mengimbau, kepada seluruh pemangku kepentingan penerbangan untuk tetap siap siaga dan mengutamakan keselamatan, keamanan, dan pelayanan.

NASIONAL | 19 Agustus 2019

GMKI Polisikan Abdul Somad

GMKI akhirnya melaporkan Abdul Somad ke Bareskrim atas pernyataannya yang bernada menghina agama tertentu.

NASIONAL | 19 Agustus 2019

Manowakri Membara, Polri: 3 Anggota Polri Terluka

Ada beberapa titik seperti di pertigaan Swissbell yang masih panas karena massa masih marah dan sementara pasukan mundur untuk meredam agar massa lebih tenang.

NASIONAL | 19 Agustus 2019


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2020 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS