Lawan Pendiri Kaskus, Dua Orang Jadi Tersangka

Lawan Pendiri Kaskus, Dua Orang Jadi Tersangka

Selasa, 30 Juni 2020 | 19:11 WIB
Oleh : Farouk Arnaz / JAS

Jakarta, Beritasatu.com - Kasus saling lapor antara pendiri Kaskus, Andrew Darwis, dengan Titi Sumawijaya Empel dan Jack Boyd Lapian terkait sertifikat gedung memasuki babak baru.

Laporan balik Andrew Darwis terhadap keduanya pada 13 November 2019 dengan bukti laporan RP/B/097/XI/2019/bareskrim maju satu langkah. Polisi menetapkan dua orang itu sebagai tersangka.

“Pada 16 Juni 2020, Subdit 4 Dit Tipidum Bareskrim telah melakukan gelar perkara yang dibuat Andrew Darwis, maka dari
hasil gelar perkara, saudara JBL dan TSE dari semula saksi jadi tersangka,” kata Karo Penmas Polri Brigjen Awi Setiyono di Mabes Polri Selasa (30/6/2020).

Menurut Awi polisi telah memeriksa 14 orang saksi. Lalu saksi ahli bahasa 1 orang dan saksi ahli hukum pidana 1 orang.

“JBL dijerat Pasal 45 ayat (3) junto Pasal 27 ayat (3) UU 19/2016 tentang ITE dan TSE Pasal 310 dan 311 KUHP. Mereka akan diperiksa Kamis, 2 Juli 2020. Surat sudah dilayangkan sejak 29 Juni,” lanjut Awi.

Kasus ini bermula saat Andrew Darwis dilaporkan dugaan kasus TPPU yang dibuat oleh Titi ke Polda Metro Jaya . Gara-gara ini Andrew Darwis mengaku jadi kurang dipercaya rekanan bisnisnya serta sulit makan dan tidur.

Akhirnya pernyataan Titi dan pengacaranya, Jack Lapian, terkait laporan TPPU dipermasalahkan oleh Andrew. Salah satunya, pernyataan Titi yang mengaku meminjam uang dari Andrew. Tak terima Andrew Darwis pun melapor ke Bareskrim dan keduanya kini jadi tersangka.

Versi Titi TPPU oleh Andrew ini bermula saat Titi meminjam uang Rp 18 miliar kepada David Wira pada November 2018. Menurut dia, David merupakan tangan kanan Andrew. Dalam realisasi pinjaman itu, Titi mengaku hanya mendapatkan Rp 5 miliar.

Titi turut menyertakan sertifikat bangunan miliknya di Jalan Panglima Polim Raya, Jakarta Selatan sebagai agunan. Kemudian, proses Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB) dibuat Titi dengan Susanto - seseorang yang dicurigainya sebagai anggota sindikat bersama David.

Menurut Titi, sindikat tersebut kemudian memalsukan PPJB miliknya dari bertahap menjadi lunas. Namun sertifikat gedung itu menurutnya kemudian langsung dibalik nama menjadi milik Susanto, dan seminggu kemudian dibalik nama lagi jadi milik Andrew.

Andrew membantah telah meminjamkan uang kepada Titi, bahkan mengenal saja tidak. Andrew mengaku mengenal David Wira pada pertengahan tahun 2018, namun membantah sebagai bosnya.

Ihwal pembelian sertifikat dengan Susanto, menurut Andrew sudah sesuai dengan aturan. Yaitu, telah melalui checking oleh PPAT dengan hasil bersih, telah membayar pajak jual beli, dilaksanakan jual beli di hadapan PPAT dan dibayar lunas, serta dilaksanakan balik nama sertifikat oleh Badan Pertanahan Negara (BPN).



Sumber:BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Indonesia Tampung 99 Pengungsi Rohingya

Kemlu bersama sejumlah pihat terkait termasuk Satgas Pengungsi akan bertolak ke Aceh pada Rabu (1/7/2020).

NASIONAL | 30 Juni 2020

Gubernur Sumut: Tindakan Wali Kota Surabaya Lebay

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi menganggap tindakan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini sujud kepada dokter "lebay".

NASIONAL | 30 Juni 2020

HUT Bhayangkara, 4.308 Warga Peroleh SIM Gratis

Pemberian SIM gratis ini hanya dikhususkan bagi warga yang lahir di tanggal 1 Juli atau bertepatan dengan HUT Bhayangkara.

NASIONAL | 30 Juni 2020

Polisi Tangkap Pelaku Pembakar Mobil Via Vallen

Pelaku pembakar mobil Via Vallen bernitial P, diduga pelaku sudah merencanakan pembakaran mobil tersebut.

NASIONAL | 30 Juni 2020

Presiden Jokowi Tinjau Proyek Padat Karya di Batang

Jokowi melanjutkan agenda kerjanya di Provinsi Jawa Tengah dengan meninjau proyek padat karya irigasi di Desa Ketanggan, Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang.

NASIONAL | 30 Juni 2020

Kasus Suap Ketok Palu, KPK Tahan 3 Mantan Ketua Fraksi DPRD Jambi

Ketiga mantan anggota DPRD Jambi itu ditahan usai diperiksa sebagai tersangka kasus suap ketik palu terkait pengesahan RAPBD Jambi 2017-2018.

NASIONAL | 30 Juni 2020

Ingatkan Menkeu, Misbakhun Tegaskan Pentingnya Sense of Crisis

Jurus yang dipakai Menkeu menangani krisis saat ini dinilai sama saat krisis global tahun 2008, padahal saat ini berbeda.

NASIONAL | 30 Juni 2020

Di Tengah Pandemi Covid-19, Tugas Polri Semakin Kompleks

Maraknya perang kognitif dan perang persepsi juga membutuhkan penanganan dengan metode yang tepat agar tak menyebabkan disintegrasi bangsa.

NASIONAL | 1 Juli 2020

RUU Cipta Kerja, Sektor UMKM Banyak Dapat Kemudahan

Menurut Supratman, yang didorong dalam RUU Cipta kerja adalah kemudahan perizinan dan investasi untuk meningkatkan daya saing Indonesia.

NASIONAL | 30 Juni 2020

Tren Kasus Covid-19 Menurun, RSUD Banten Akan Layani Pasien Umum

RSUD Banten saat ini tengah mempersiapkan pemisahan ruang perawatan dan Instalasi Gawat Darurat (IGD) Covid-19 dengan pasien umum.

NASIONAL | 30 Juni 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2020 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS