Kasad dan Ketua KPK Serah Terima Barang Rampasan Negara

Kasad dan Ketua KPK Serah Terima Barang Rampasan Negara

Senin, 27 Juli 2020 | 22:07 WIB
Oleh : Yeremia Sukoyo / JAS

Jakarta, Beritasatu.com - Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa dan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Komjen Pol Firli Bahuri, menandatangani Berita Acara Serah Terima (BAST) Barang Rampasan Negara dari KPK kepada Kementerian Pertahanan (Kemhan) dalam hal ini TNI AD, bertempat di Lantai Dasar Gedung E Markas Besar Angkatan Darat, Jakarta, Senin (27/7/2020).

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Nefra Firdaus, menjelaskan, berita acara serah terima yang ditandatangani oleh Ketua KPK RI Firli Bahuri, selaku pihak pertama, dan Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa, selaku pihak kedua, memuat tentang penyerahan Barang Milik Negara yang berasal dari Barang Rampasan Negara.

"Penyerahan ini dilakukan atas dasar Keputusan Menteri Keuangan (Menkeu) RI Nomor S-84/KM.6/2020 tanggal 5 Mei 2020 tentang penetapan status penggunaan Barang Milik Negara yang berasal dari barang rampasan negara dari KPK kepada Kemhan RI, dalam hal ini TNI Angkatan Darat," kata Nefra, di Jakarta, Senin (27/7/2020).

Dalam kesempatan tersebut, Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi atas kepercayaan yang diberikan negara kepada TNI AD untuk memanfaatkan Barang Rampasan Negara berupa tanah dan bangunan seluas 534.154 m² senilai Rp 20.023.666.000 yang terletak di Desa Cirangkong, Kecamatan Cijambe dan Desa Kumpay, Kecamatan Jalancagak, Subang, Jawa Barat.

"Amanah berupa aset yang kami terima ini, akan kami serahkan kepada Kodam III/Siliwangi untuk mengelola dan mengoptimalkan pemanfaatannya dalam rangka mendukung tugas-tugas TNI Angkatan Darat. Hal-hal terkait administrasi dan teknis akan kami penuhi sesuai dengan ketentuan yang berlaku," ucap Nefra menyampaikan sambutan Kasad.

Pada kesempatan itu, Ketua KPK juga menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan kepada Kasad beserta jajaran TNI AD atas terlaksananya kegiatan BAST. Ditekankan, KPK selama ini senantiasa memegang teguh prinsip-prinsip tata kelola negara yang transparan, akuntabel, dan dapat dipertanggungjawabkan.

Dalam rangkaian acara tersebut, Dirjen Kekayaan Negara (DKN) Kemkeu Isa Rachmatarwata juga menyambut baik kerja cepat dari KPK dalam menyalurkan Barang Rampasan Negara (BRN) kepada instansi yang membutuhkan, dalam hal ini terkait penyerahan kepada TNI AD. Sebelumnya masih banyak BRN yang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk diserahkan sehingga ada yang rusak atau tidak bisa dipergunakan.

"DKN Kemenkeu juga terus berupaya untuk mempercepat proses penyaluran BRN lainnya, dengan tetap berkoordinasi dengan semua pihak serta memperhatikan asas keadilan bagi semua pihak," kata Isa Rachmatarwata.

DKN juga mengapresiasi saran masukan dari Kasad terkait tentang upaya memanfaatkan BRN tidak hanya untuk kepentingan dinas, namun juga bisa dimanfaatkan untuk menambah Penghasilan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Penandatanganan BAST BMN turut disaksikan Sekjen KPK, Deputi Bidang Penindakan KPK, Kabaranahan Kemhan, serta dihadiri para pejabat TNI AD yaitu Wakasad, Irjenad, Koorsahli Kasad, Danpuspomad, Pangdam III/Slw, para Asisten Kasad, Kapusziad, Dirkumad, serta para pejabat TNI AD yang membidangi pengelolaan Barang Milik Negara.



Sumber:BeritaSatu.com

TAG: 


BAGIKAN


REKOMENDASI

BERITA LAINNYA

Inovasi Village Preneurship LAN Terpilih sebagai Top 45 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2020

Untuk kedua kalinya, Lembaga Administrasi Negara (LAN) mendapatkan penghargaan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik.

NASIONAL | 27 Juli 2020

PDIP: Kudatuli Harus Menjadi Sejarah Perjuangan Kaum Milenial

Tragedi 27 Juli 1996 yang biasa disebut Kudatuli menjadi pelajaran terpenting dalam perjalanan bangsa.

NASIONAL | 27 Juli 2020

Kempora Kucurkan Rp 50,6 Miliar untuk Fasilitasi Pelatnas PSSI

Dana ini akan digunakan untuk memfasilitasi pelatnas tim nasional U-19 yang diproyeksikan akan bertanding di Piala Dunia U-20 2021.

NASIONAL | 27 Juli 2020

Legislator Dorong Pengembangan Obat dengan Bahan Baku Lokal

Pengembangan obat dengan bahan baku lokal diharapkan dapat mengurangi ketergantungan impor.

NASIONAL | 27 Juli 2020

KPK Selidiki Dugaan Korupsi di Jember

KPK tengah menyelidiki dugaan korupsi di Jember, Jawa Timur.

NASIONAL | 27 Juli 2020

Tembus 100.303 Kasus, Indonesia Masih Krisis Covid-19

Wiku Adisasmito meminta semua pihak tetap waspada dengan kondisi krisis Covid-19 di Indonesia.

NASIONAL | 27 Juli 2020

Kasus Suap Proyek Kempupera, KPK Pastikan Dalami Aliran Dana ke Cak Imin

KPK memastikan mendalami adanya dugaan aliran dana ke Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar terkait perkara suap proyek Kempupera.

NASIONAL | 27 Juli 2020

Bupati Deno Diminta Tidak Lindungi Mantan Kades Goloworok

Mantan Kepala Desa (Kades) Goloworok Fransiskus Darius Syukur yang diduga mengorupsi dana desa periode 2015-2019 hingga Rp 1 miliar.

NASIONAL | 27 Juli 2020

RUU Cipta Kerja Dinilai Jadi Solusi Perbaikan Ekonomi

Publik menilai RUU Cipta Kerja merupakan jalan tengah antara kepentingan investasi, UMKM, dan kepentingan pekerja.

NASIONAL | 27 Juli 2020

Kemdikbud Akan Buka Sekolah di Luar Zona Hijau

Jumlah siswa yang hadir dalam satu kelas akan dibatas dan durasi pembelajaran juga dipersingkat.

NASIONAL | 27 Juli 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2020 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS