Gubernur Banten Tandatangani Kesepakatan Pinjaman Daerah Rp 851,7 Miliar

Gubernur Banten Tandatangani Kesepakatan Pinjaman Daerah Rp 851,7 Miliar

Rabu, 16 September 2020 | 22:59 WIB
Oleh : Laurens Dami / JAS

Serang, Beritasatu.com - Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) menandatangani kesepakatan pinjaman daerah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten dengan PT Sarana Multi Infrastruktur Persero (SMI) senilai Rp 851,7 miliar.

Gubernur Wahidin Halim mengucapkan terima kasih dan bersyukur atas terjadinya proses kesepakatan pinjaman daerah untuk penanganan Covid-19 dan akselerasi pemulihan ekonomi di Provinsi Banten.

"Saya 24 tahun menjadi birokrat. Baru menghadapi situasi seperti saat ini, ancaman krisis dibarengi dengan Covid-19," ujar Wahidin Halim, Rabu (16/9/2020).

Wahidin mengatakan, untuk Provinsi Banten ditambah dengan musibah Bank Banten. Kas daerah sebesar Rp 1,9 triliun tertahan di Bank Banten. Padahal, saebelum pandemi, kata Wahidin, perekonomian Banten sedang bagus-bagusnya.

Hal senada juga diungkapkan Direktur Utama PT SMI Persero Edwin Syahruzad. Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Banten dan segenap jajaran Pemprov Banten atas terselenggaranya kesepakatan itu.

Dikatakan, tenor pinjaman daerah itu selama delapan tahun dengan masa tenggang selama 24 bulan

"Diharapkan ekonomi dapat segara pulih dan bergerak. Sehingga dapat menghindari kemungkinan resesi dan mengatasi pandemi. Semoga pinjaman ini dapat memberi manfaat sebanyak-banyaknya bagi Provinsi Banten,” ujarnya.

Untuk diketahui, Pemprov Banten melakukan kerja sama pembiayaan daerah untuk penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi di Provinsi Banten. Kerja sama ini sebagai salah satu upaya Pemprov Banten mencapai target rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) perubahan 2020. Pinjaman daerah akan dimanfaatkan untuk kegiatan yang produktif dan pemulihan ekonomi di Provinsi Banten.

Sesuai dengan tema rencana kerja pemerintah (RKP) 2021, yaitu mempercepat pemulihan ekonomi nasional dengan penekanan kepada prioritas nasional yaitu infrastruktur untuk ekonomi dan pelayanan dasar. Pemprov Banten menetapkan tema RKPD perubahan 2020 Provinsi Banten yaitu Pemulihan Ekonomi dan Sosial.

Tema itu menjadi landasan untuk mencapai tema RKPD 2021 Provinsi Banten yaitu Akselerasi Daya Saing Daerah Melalui Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia dan Pemantapan Infrastruktur. Untuk itu prioritas Provinsi Banten yang ketiga yaitu penguatan interkonektivitas melalui pembangunan infrastruktur menjadi sangat vital dalam rangka mendukung pemulihan ekonomi nasional.

Sebagai daerah pemekaran, tingkat kemandirian daerah Provinsi Banten berada di posisi nomor dua. Demikian pula dengan pengelolaan pencegahan korupsi Pemprov Banten mendapatkan anugerah posisi ketiga dari Komisi Pemberantasan Korupsi.

Menurut Gubernur Banten, pelaksanaan program diharapkan bisa memungkinkan Pemprov Banten untuk mencegah Banten masuk ke dalam resesi dan memastikan target RKPD Perubahan 2020 Provinsi Banten terkait Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) bisa mencapai 1,5 persen dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) bisa 72,80 dengan kondisi jalan dan jembatan mantap mencapai 100 persen, dan unit sekolah baru yang terbangun 4 unit.

Pinjaman daerah yang diajukan melalui Perubahan APBD Tahun Anggaran 2020 untuk kegiatan pembangunan bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan ketahanan pangan serta memastikan target RKPD 2021 Provinsi Banten terkait LPE pulih sehingga bisa mencapai 5,2 persen dan IPM bisa 73,30 dengan kondisi jalan yang sesuai spesifikasi teknis mencapai 71,3 persen, kondisi jalan dan jembatan mantap mencapai 100 persen, penyelesaian jalan baru provinsi 100 persen dan unit sekolah baru yang terbangun 29 unit.



Sumber:BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI

BERITA LAINNYA

Syekh Ali Jaber Dakwah di Malang, Polda Jatim Siap Bantu Pengamanan

Polda Jatim akan membantu panitia dalam hal pengamanan kegiatan dakwah Syekh Ali Jaber di Jember dan Kabupaten Malang, pada Kamis, 17 September 2020.

NASIONAL | 16 September 2020

Pelanggar Protokol Kesehatan Jalani Sidang Terbuka

Polda Sumut bersama masih melanjutkan operasi yustisi dalam mendisiplinkan warga dalam menerapkan protokol kesehatan

NASIONAL | 16 September 2020

Sertifikasi Emas PESK untuk Kesejahteraan Rakyat dan Negara

Serifikasi emas telah dilakukan di beberapa negara termasuk Peru, Kolombia.

NASIONAL | 16 September 2020

Tambah 13, Kasus Covid-19 di Sukabumi Kini Sebanyak 177

Rinciannya tujuh kasus berasal dari Kota Sukabumi dan enam kasus lainnya dari Kabupaten Sukabumi yang satu diantaranya meninggal dunia.

NASIONAL | 16 September 2020

HMS Center: Tangani Covid-19, Kesehatan dan Pemulihan Ekonomi Harus Berjalan Pararel

Ketua Umum Hidupkan Masyarakat Sejahtera (HMS) Center, Hardjuno Wiwoho menilai, kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) merupakan pilihan bijak untuk rakyat.

NASIONAL | 16 September 2020

Tujuh Personil TNI AD di Flores Timur Positif Covid-19

Para personel TNI-AD yang terjangkit Covid-19 tersebut kini sedang dikarantina.

NASIONAL | 16 September 2020

Penegakan Hukum, Mahfud Minta Kejaksaan Junjung Moralitas

Mahfud MD meminta jajaran kejaksaan agar menjunjung tinggi moralitas dalam penegakan hukum.

NASIONAL | 16 September 2020

Otsus Perlu Diperbaiki Agar Lebih Sejahterakan Masyarakat Papua

Otonomi Khusus (Otsus) tidak dihilangkan, namun perlu ditingkatkan agar bisa lebih menyejahterakan warga Papua.

NASIONAL | 16 September 2020

Kemhub Targetkan Rel Ganda Bogor-Sukabumi Rampung Agustus 2021

Jalur rel ganda kereta api lintas Bogor-Sukabumi sepanjang 26,7 km ditargetkan selesai pada Agustus 2021.

NASIONAL | 16 September 2020

Menparekraf Apresiasi Kreativitas Finalis Lomba Rayakan Kemerdekaan

Keluar sebagai pemenang adalah video berjudul "Perjuangan dan Harapan Menuju Indonesia Maju", karya Tim Super Marines 1 Provinsi Jawa Timur, Kota Surabaya.

NASIONAL | 16 September 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2020 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS