Rusunawa di Gorontalo Siap Diserahterimakan

Rusunawa di Gorontalo Siap Diserahterimakan

Rabu, 28 Oktober 2020 | 17:23 WIB
Oleh : Imam Muzakir / JAS

Jakarta, Beritasatu.com - Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kempupera) tengah mempersiapkan proses serah terima aset Rumah Susun Sewa (Rusunawa) untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) kepada Pemerintah Kota Gorontalo.

“Kami sedang memproses serah terima aset rusunawa MBR ke Pemkot Gorontalo,” ujar Kepala Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Penyediaan Perumahan Provinsi Gorontalo, Direktorat Jenderal Perumahan Kempupera, Alwi Mahdali, dalam siaran pers, Rabu (28/10/2020).

Menurut Alwi, saat ini pihaknya sudah melaksanakan revitalisasi rusun sehingga penghuni lebih nyaman tinggal di hunian vertikal ini. Rusunawa MBR di Kota Gorontalo dibangun pada tahun 2016 lalu Kecamatan Kota Barat, Kota Gorontalo.

Bangunan vertikal ini terdiri dari satu menara setinggi empat lantai. Pihak Kempupera pun mengecat bangunan ini dengan cat berwarna warni agar lebih menarik serta melengkapi berbagai fasilitas pendukung seperti mebel, minimarket, dan aula.

Lebih lanjut, Alwi menerangkan, Kempupera terus meningkatkan penyediaan hunian layak dan aman bagi seluruh masyarakat Indonesia. Sesuai amanah UUD 1945 khususnya Pasal 28H ayat (1) menyatakan bahwa, setiap orang berhak hidup sejahtera lahir batin, bertempat tinggal, dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat serta berhak memperoleh pelayanan kesehatan.

Maka, Negara punya tanggung jawab untuk menjamin hak tersebut melalui pembangunan perumahan rakyat. “Rusunawa ini sebenarnya sudah ditempati mulai tahun 2018 lalu dan memiliki jumlah unit hunian sebanyak 90 unit,” terangnya.

Revitalisasi Rusunawa MBR, imbuh Alwi, menghabiskan anggaran senilai Rp 1,74 miliar. Proses pengerjaannya dilaksanakan selama 120 hari meliputi pekerjaan metalikal, elektrikal, serta penambahan akses jalan dan drainase air limbah.

Alwi menjelaskan, revitalisasi rusunawa MBR Kota Gorontalo ini ditujukan dalam rangka proses serah terima hibah aset ke pemerintah Kota Gorontalo. Pihaknya berharap setelah perbaikan dan perawatan ini lebih cepat proses serah terima hibah dan akan dimanfaatkan oleh Pemda Kota Gorontalo.

“Kami berharap setelah proses serah terima aset ini Pemkot Gorontalo dan penghuni Rusun bisa melakukan perawatan bangunan secara mandiri dengan membentuk unit pengelola dan dibuatkan manajemen tersendiri untuk pengelolaan bangunan. Kami juga berharap bangunan ini bisa dimanfaatkan dan penghuni bisa menjaga kebersihan hunian,” harapnya.



Sumber:BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Mendikbud: Mahasiswa Tetap Lakukan Pengabdian Masyarakat di Masa Pandemi

Sejak bulan April tak kurang dari 15.000 mahasiswa terjun sebagai relawan untuk memitigasi pandemi melalui program Relawan Covid Nasional.

NASIONAL | 28 Oktober 2020

Libur Panjang, 305 Personel TNI Disiagakan di Objek Wisata Garut

305 prajurit Kodim 0611 Garut disiapkan guna melakukan pengamanan dan penegakan disiplin protokol kesehatan Covid-19.

NASIONAL | 28 Oktober 2020

Lewat Studi Banding, Kades Bisa Ikuti Contoh Pembangunan Desa yang Berhasil

Kemdes PDTT mengembangkan model studi banding desa untuk mempercepat pembangunan desa.

NASIONAL | 28 Oktober 2020

Aksi Unjuk Rasa Tingkatkan Potensi Penyebaran Covid-19

Aksi unjuk rasa di tengah pandemi sangat berpotensi menimbulkan lonjakan baru kasus positif Covid-19.

NASIONAL | 28 Oktober 2020

Perpres Terbit, KPK Yakin Tugas Supervisi Bisa Optimal

KPK menyambut baik keluarnya Perpres tentang Pelaksanaan Supervisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

NASIONAL | 28 Oktober 2020

Agroindustri Kopi Kerinci, Bangkit di Tengah Pandemi

Kopi Kerinci menembus pasar Eropa. Ekspor perdana kopi 15,9 ton biji kopi kering Arabika Kerinci produksi KT Koerintji Barokah ke Belgia dilakukan Juli lalu.

NASIONAL | 28 Oktober 2020

Sumut Klaim Angka Kesembuhan Covid-19 di Atas Nasional

Kasus Covid-19 aktif menunjukkan tren penurunan, positivity rate sebesar 9,87 persen, recovery rate sebesar 80,17 persen, mortality rate 4,1 persen.

NASIONAL | 28 Oktober 2020

Banten Keluar dari Zona Merah Covid-19

Seluruh kabupaten/kota di wilayah Provinsi Banten saat ini sudah kembali ke zona oranye Covid-19, setelah sebelumnya Kota Tangsel berada di zona merah.

NASIONAL | 28 Oktober 2020

Hari Sumpah Pemuda, Seknas Jokowi Dorong Keterwakilan Perempuan Milenial dalam Pemerintahan

Seknas Jokowi berharap pemerintah secara konsisten dan masif melibatkan kaum perempuan Indonesia, untuk membangun negeri.

NASIONAL | 28 Oktober 2020

Masyarakat Diminta Tes PCR Saat Pulang Dari Perjalanan Wisata

Masyarakat diharapkan melakukan pemeriksaan kesehatan dengan metode polymerase chain reaction (PCR) jika tetap berwisata.

NASIONAL | 28 Oktober 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2020 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS