Menikmati Keindahan Lombok dengan 4 Mobil Andalan Mitsubishi
INDEX

BISNIS-27 447.461 (-2.16)   |   COMPOSITE 5059.22 (-11.27)   |   DBX 933.73 (-1.4)   |   I-GRADE 135.366 (-0.54)   |   IDX30 427.201 (-2.7)   |   IDX80 111.513 (-0.59)   |   IDXBUMN20 284.629 (-1.96)   |   IDXG30 118.405 (-0.5)   |   IDXHIDIV20 382.903 (-2.17)   |   IDXQ30 125.347 (-0.87)   |   IDXSMC-COM 215.54 (-0.42)   |   IDXSMC-LIQ 243.745 (-1.29)   |   IDXV30 105.043 (-0.28)   |   INFOBANK15 803.622 (-0.35)   |   Investor33 371.182 (-1.16)   |   ISSI 148.056 (-0.55)   |   JII 539.107 (-4.67)   |   JII70 182.679 (-1.26)   |   KOMPAS100 996.599 (-3.79)   |   LQ45 780.316 (-3.88)   |   MBX 1404.61 (-3.28)   |   MNC36 278.843 (-0.77)   |   PEFINDO25 265.576 (-2.55)   |   SMInfra18 242.356 (-2.29)   |   SRI-KEHATI 313.434 (-0.76)   |  

Menikmati Keindahan Lombok dengan 4 Mobil Andalan Mitsubishi

Selasa, 11 Februari 2020 | 15:48 WIB
Oleh : Jaja Suteja / JAS

Jakarta, Beritasatu.com - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menggelar test drive empat produk andalannya yakni Xpander Cross, Outlander PHEV, Eclipse Cross, dan New Triton. Uji mengemudi untuk media ini dibagi ke dalam tiga batch yakni di Jawa Timur, Bali, dan Lombok (Nusa Tenggara Barat).

Beritasatu.com berkesempatan menjajal empat produk Mitsubishi ini dalam Batch 3 dengan rute mengelilingi Pulau Lombok 6-8 Februari 2020.

Setelah mendarat di Bandara Praya pada Kamis (6/2/2020), rombongan dibawa ke lokasi start test drive yakni Hotel Illira. Sekitar 10 menit berkendara dari Bandara Praya, Lombok, NTB.

Dalam pembagian pertama, Beritasatu.com berkesempatan menjajal New Triton. Meski memiliki kesan “mobil lapangan” namun jika kita memasuki bagian dalam mobil kabin ganda ini, kita akan menemukan hal yang berbeda. Mobil ini sangat nyaman digunakan.

Jalur Hotel Illira menuju Sesela Market dijalani tanpa hambatan berarti. Pengemudi hanya harus waspada karena banyaknya pengendara motor. Jarak sekitar 35 km dilalui dengan mulus, apalagi ditunjang dengan performa New Triton yang sebenarnya disiapkan untuk menempuh medan offroad atauekstrem.

New Triton merupakan model pikup terbaru Mitsubishi Motors yang dikembangkan dengan konsep “Engineered Beyond Tough”
Pada model terbaru, terdapat perubahan dan pengembangan besar baik dari sisi desain, performa pengendaraan, serta kemampuan pintar yang dikombinasikan dengan kenyamanan sebuah mobil. Ketangguhan New Triton mulai terlihat dari sisi eksterior dengan image yang lebih kuat dan tangguh, menggabungkan konsep desain Dynamic Shield yang stylish.

New Triton juga mendapatkan penyempurnaan sistem 4WD untuk memberikan peningkatan performa lewat off-road mode untuk memaksimalkan traksi dan parameter stabilitas kontrol sesuai kondisi medan serta peningkatan sistem keamanan.

New Triton juga dilengkapi dengan fitur bantuan untuk pengemudi seperti Hill Decent Control (HDC) untuk menjaga kecepatan kendaraan dengan kondisi berbagai medan.

Mitsubishi New Triton saat melintas di alam Pulau Lombok, NTB.

Secara keseluruhan, berbagai fitur pada New Triton mendapat pembaharuan signifikan dari sisi daya tahan dan keandalan yang dibutuhkan oleh konsumen komersial namun tidak melupakan kenyamanan untuk penggunaan sehari-hari.

Selain itu, New Triton juga dilengkapi dengan fitur keamanan canggih, seperti tujuh SRS airbag, Forward Collison Mitigation System (FCM) mengaplikasikan pengereman darurat dengan sensor visual di depan kendaraan. New Triton juga dilengkapi dengan Ultrasonic Mis-Acceleration Mitigation System (UMS) untuk mencegah kendaraan bergerak dari posisi parkir ketika sensor mendeteksi ada halangan dari arah depan maupun belakang.

Berkendara terasa semakin aman dengan Blind Spot Warning (BSW) dan Lane Change Assist (LCA) akan memperingatkan pengemudi terhadap keberadaan kendaraan lain di titik blind spot atau yang melaju cepat dari belakang. Rear Cross Traffic Alert (RCTA) untuk memonitor laju kendaraan di belakang kendaraan, Automatic High Beam secara otomatis mengalihkan lampu utama tinggi dan rendah lewat sensor dan monitor kendaraan saat parkir dengan sistem ultrasonik.

Peserta Mitsubishi Tes Drive #AyoGasTerus Media Adventure 2020 saat melalui salah satu jalan di Pulau Lombok.

Setelah selesai melalui acara di Sesela Art Market, rombongan pun berangkat ke Kuta Mandalika yang berjarak sekitar 52 kilometer. Kami menempuhnya sekitar 1 jam. Dengan mengendarai New Triton, semua medan pun kami lalui dengan mudah.

Puas menjajal New Triton, kami juga berkesempatan mencoba Xpander Cross. Tak banyak penyesuaian yang harus kami lakukan saat berganti dari New Triton ke kendaraan yang memiliki mesin 1500 cc ini. Semua fiturnya membuat pengemudi bisa dengan mudah mengemudikannya.

Model terbaru Mitsubishi Motors yang baru saja diluncurkan pada November 2019 lalu tersebut menjadi kendaraan utama dalam perjalanan #AyoGasTerus Media Adventure. Kendaraan crossover yang menjadi varian tertinggi dari Xpander ini memberikan keunggulan berkendara di berbagai medan bagaikan SUV namun tetap memberikan kenyamanan dari sebuah MPV.

Kenyamanan berkendara semakin terasa dengan suspensi khusus, juga ground clearance 225mm yang dimiliki Xpander Cross semakin mantap melewati medan yang menantang dan perbukitan serta jalan berkelok. Xpander Cross dibekali mesin gasoline 1.5 L MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve Timing Electronic Control System) DOHC 16 valve.

Mesin 4A91 pada Xpander Cross merupakan pembaruan dari seri 49A, di mana secara efisiensi bahan bakar lebih tinggi dan suara mesin lebih halus.

Xpander Cross menjadi “Your Adventure Buddy” alias “Sahabat Petualangan Anda” yang siap untuk mengawal petualangan dengan semua keistimewaan yang dimilikinya. Mengusung tagline “Don’t Stop, Xpand Your Adventure”, Xpander hadir dengan DNA SUV, yang merupakan realisasi dari arah strategis brand Mitsubishi Motors sesuai dengan tagline global “Drive your Ambition”.

Dengan fitur LED headlamp dan foglamp, yang dipadukan dengan kaca depan yang luas dan posisi duduk yang tinggi semakin meningkatkan visibilitas saat melewati area pegunungan yang berkabut. Tidak hanya itu, berkendara menjadi semakin nyaman dengan fitur cruise control untuk memudahkan pengendara mengontrol kecepatan selama perjalanan.

Mitsubishi Xpander Cross salah satu varian yang dijajal dalam Mitsubishi Tes Drive #AyoGasTerus Media Adventure 2020.

Xpander Cross hadir dengan desain eksterior yang sangat gagah dipadu dengan kenyamanan serta fungsionalitas interior yang siap menunjang petualangan bersama keluarga.

Kami memakai Xpander Cross ini hingga tiba di tempat kami menginap pada malam pertama yakni di Novotel Lombok. Sebuah hotel yang berada di pantai selatan Pulau Lombok.

Setelah menempuh banyak medan berpasir di hari pertama, pada hari kedua perjalanan berlanjut menuju kawasan Lombok Timur yaitu ke Lesehan Mae Cenggo dan Pondok Rinjani, yang terletak di kaki Gunung Rinjani.

Untuk menuju kawasan tersebut, peserta ditantang untuk melewati jalur pegunungan yang terjal dan berliku. Daerah ini juga merupakan titik pusat Gempa Lombok yang terjadi pada bulan Juli 2018 lalu. Di kanan kiri jalan, dapat pula disaksikan sisa-sisa reruntuhan bangunan dan juga rumah-rumah beratap seng sebagai pengganti atap yang runtuh.

Di sepanjang perjalanan di kaki gunung Rinjani tersebut, peserta test drive disuguhkan pemandangan bukit yang indah, pepohonan rindang, hingga ditemukan monyet liar yang turun dari hutan ke jalanan, terutama di daerah Sembalun.
Memasuki kawasan Rinjani. Hujan mulai turun. Pengemudi harus sangat hati-hati karena jalanan licin namun Expander dengan mudah melibasnya.

Kendaraan ini bisa bermanuver dengan baik meski melewati jalanan yang sempit menuju Rinjani. Perjalanan semakin nyaman dan menyenangkan, karena pada rute perjalanan ini peserta dapat mencoba kenyamanan special tuned suspension dengan ground clearance terbaik di kelasnya (225mm), yang dipadukan dengan kabin yang luas dan nyaman serta desain sporty model crossover MPV, Xpander Cross.

Kegiatan #AyoGasTerus Media Adventure 2020 dilanjutkan menuju kawasan Lombok Utara yaitu Pondok Bangket. Peserta melalui jalur menurun dan berkelok menyusuri pantai utara Lombok untuk mencapai destinasi ini. Petualangan media ditutup di Pantai Senggigi yang menawarkan pemandangan indah.

Kami juga sempat menjajal kendaraan yang menjadi bintang dalam test drive produk Mitsubishi kali ini yaitu si mobil hibrida Outlander PHEV (Plug-in Hybrid Electronic Vehicle), yang mengintegrasikan SUV, teknologi 4WD dan keunggulan PHEV.
Kendaraan ini hadir dengan 3 (tiga) mode: EV Drive Mode, Series Hybrid Mode dan Parallel Hybrid Mode.

Pada mode EV Drive, motor menggerakkan kendaraan dengan tenaga listrik dari baterai sehingga tidak ada konsumsi bahan bakar dan emisi CO2 yang membuat kendaraan menjadi senyap, bersih dan bertenaga.

Sedangkan, pada Hybrid Driving Mode dibagi menjadi 2 (dua) mode. Pertama, Series Hybrid Mode merupakan perpaduan mode elektrik dan mesin. Mesin gasoline 2,4 L akan menghasilkan listrik jika baterai lemah dan menambah tenaga saat mobil melaju dengan kecepatan tinggi atau menanjak. Pada Parallel Hybrid Mode, mesin gasoline akan melaju dengan bantuan motor saat kendaraan membutuhkan ekstratenaga (saat kecepatan tinggi atau saat efisiensi mesin tinggi).

Mitsubishi Outlander PHEV ikut dijajal dalam test drive di Lombok.

Fitur yang dimiliki Outlander PHEV memudahkan peserta saat melewati jalur menanjak dan tikungan tajam, dengan sistem Super-All Wheel Control (S-AWC) sebuah sistem kendali terintegrasi menjadikan kendaraan ini aman untuk melintas di berbagai medan. Outlander PHEV juga semakin nyaman dan aman dengan berbagai fitur seperti Reinforced Impact Safety Evolution (RISE) dan Advanced Driver-Assistant System (ADAS) yang terdiri dari tujuh SRS airbag, ASC (Active Stability Control), FCM (Forward Collision Mitigation System).

Saat menjajalnya, kami bahkan sempat membuka sunroof di mobil ini dan mengeluarkan anggota tubuh menikmati terpaan angin Pulau Lombok. Kabin kendaraan hibrida ini benar-benar nyaman. Mode kendaraan listrik membuat suara mesin mobil benar-benar nyaris tak terdengar.

Tidak hanya mengendarai Outlander PHEV, kami juga dapat melihat langsung keunggulan PHEV yang dapat berfungsi sebagai genset dengan kemampuan menyalurkan daya listrik hingga 1.500 watt, yang dibuktikan dengan aktivitas BBQ dinner di mana peralatan elektronik yang digunakan, mendapatkan pasokan listrik dari Outlander PHEV.

Mobil terakhir yang kami uji adalah Mitsubishi Eclipse Cross. Mengusung konsep “Built to Impress”, Eclipse Cross memiliki desain stylish. Berbagai fitur yang disandang Eclipse Ross meningkatkan rasa percaya diri, untuk mereka yang dinamis dan progresif.

SUV ini hadir dengan indah memadukan garis-garis yang tajam dan stylish, serta SUV dengan gaya dan performa khas Mitsubishi.

Performa Eclipse Cross ditunjang dengan mesin gasoline 1.5L yang dilengkapi dengan Turbocharged, dan didukung oleh direct fuel injection, integrated exhaust manifold cylinder head, sodium-filled exhaust valve, MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve timing Electronic Control system), dan berbagai kecanggihan lainnya.

Selama perjalanan Eclipse Cross juga menghadirkan teknologi terdepan kepada para peserta. Seperti hadirnya Head Up Display yang memberikan informasi kecepatan, RPM, serta advance feature jika diaktifkan, dan terletak di atas Multi Information Display (MID) agar mudah dilihat oleh pengemudi.

Eclipse Cross juga dilengkapi dengan fitur Touchpad Controller yang memudahkan pengemudi untuk mengatur Smartphone-Link Display Audio lewat sentuhan jari pada Touchpad di samping tuas transmisi.

Mitsubishi Eclipse Cross saat melewati salah satu sudut Pulau Lombok.

Eclipse Cross juga dilengkapi oleh Advance Safety Feature Forward Collision Mitigation System [FCM] yang mampu mencegah terjadinya benturan di depan mobil dan mampu mendeteksi kendaraan lain serta pejalan kaki melalui kamera dan radar laser. Sehingga selama trip berlangsung peserta merasa percaya diri dan aman dengan fitur canggih yang ditawarkan.

Petualangan media di Lombok ini mengakhiri rangkaian perjalanan #AyoGasTerus Media Adventure 2020 untuk membuktikan berbagai keunggulan yang ditawarkan model New Triton, Xpander Cross, Eclipse Cross, dan Outlander PHEV dalam mengantarkan peserta menuju berbagai destinasi dengan jenis kontur dan rute yang berbeda baik di wilayah pantai, pegunungan, juga perkotaan.



Sumber:BeritaSatu.com


BAGIKAN


BERITA LAINNYA

Irmscher Automoto Drag Race Sukses Digelar

Event otomotif terbesar di Sulut ini menghasilkan sekitar 200 orang pemenang dari berbagai kategori.

OTOMOTIF | 10 Februari 2020

All New Honda BeAT Series Resmi Mengaspal di Jawa Barat

All New Honda BeAT series kini memiliki perubahan platform secara keseluruhan dengan mesin dan rangka baru, serta desain, performa dan fitur terbaru.

OTOMOTIF | 9 Februari 2020

Ini Alasan Orang Beli Mobil Elektrik Menurut Rifat Sungkar

Alasan lainnya adalah pemerintah akan memberikan kemudahan yang menguntungkan bagi pemilik mobil listrik.

OTOMOTIF | 7 Februari 2020

AHM Luncurkan Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports

Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports diklaim semakin lincah saat digunakan di medan on-road maupun off-road.

OTOMOTIF | 4 Februari 2020

iCar Asia Targetkan Pertumbuhan Pendapatan 50%

iCar Asia Limited, jaringan portal dan marketplace otomotif nomor satu di Asia Tenggara, menargetkan pendapatan tahun ini tumbuh 50%, seiring akuisisi Carmudi.

OTOMOTIF | 27 Januari 2020

Kreta Indo Artha Ingin Kembalikan Kejayaan KIA di Indonesia

Kreta Indo Artha menilai pasar SUV berkembang paling pesat di Indonesia.

OTOMOTIF | 20 Januari 2020

Hadir Kembali di Indonesia, KIA Luncurkan All-New Seltos

Cita rasa SUV melekat sangat kuat pada All-New Kia Seltos, namun dikemas dengan tubuh compact.

OTOMOTIF | 20 Januari 2020

Pasar Mobil Turun 10,81%, Pangsa Pasar Toyota Justru Naik Jadi 32%

Selain Avanza yang masih menjadi penopang utama penjualan Toyota, model lainnya yang memberi kontribusi besar Toyota Rush.

OTOMOTIF | 19 Januari 2020

AHM Luncurkan Honda BeAT Series dengan Mesin dan Rangka Baru

Penggunaan rangka eSAF pada kedua model ini juga mampu memberikan pemanfaatan ruang yang lebih besar.

OTOMOTIF | 16 Januari 2020

Honda Brio Catat Rekor Penjualan Tertinggi Sejak 2013

Honda menjual sebanyak 149.435 unit mobil di Indonesia pada 2019.

OTOMOTIF | 9 Januari 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2020 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS