Bima Arya Dorong Pengembangan Motif Batik

Bima Arya Dorong Pengembangan Motif Batik
Wali Kota Bogor Bima Arya. ( Foto: Beritasatu.com/Vento Saudale )
/ FER Sabtu, 23 Desember 2017 | 20:19 WIB

Bogor - Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto, menginginkan kalangan pembatik di Kota Bogor terus berkreasi memajukan dan melestarikan batik hingga terus dikenal masyarakat luas.

"Saya ingin batik di Bogor motifnya berkembang, bukan hanya dikagumi karena warga dan motifnya, tapi karena ada nilai-nilai disitu," kata Bima saat menghadiri HUT ke-6 Batik Handayani Geulis di Taman Malabar, Kota Bogor, Sabtu (23/12).

Bima mengatakan, motif batik Bogor terbilang baru, namun memiliki nilai dan makna filosofis. Seperti batik talas, uncal, hujan gerimis dan yang terbaru batik angkot. Dalam beberapa agenda resmi pemerintah di tingkat pusat, dirinya mengenakan baju batik motif angkot.

"Ketika pakai batik angkot, presiden tanya, menteri juga tanya. Kenapa angkot, lalu penjelasannya panjang, dan ujung-ujungnya mengalir dana untuk Kota Bogor," kata Bima.

Menurutnya, Batik juga menjadi salah satu diplomasi. Dalam setiap motif batik mengandung nilai keuletan dari seorang pembatik yang menuangkan ide serta kemampuannya dalam membatik.

Bima mengapresiasi keberadaan Batik Handayani Geulis salah satu pebatik Bogor yang menghasilkan banyak motif batik Bogor.

 



Sumber: ANTARA