SKK Migas: Kesiapan Teknis Lapangan Gas Kepodang Sudah 95%

SKK Migas: Kesiapan Teknis Lapangan Gas Kepodang Sudah 95%

Senin, 29 Juni 2020 | 16:20 WIB
Oleh : Jayanty Nada Shofa / JNS

Jakarta, Beritasatu.com - Lapangan Gas Kepodang berhasil merampungkan persiapan teknis untuk segera beroperasi kembali setelah berhenti berproduksi sejak September lalu.

Nantinya, setelah aspek komersial selesai dan usai mengantongi persetujuan alokasi serta izin operasi, gas dari lapangan di Wilayah Kerja Muriah ini akan segera mengalir kembali.

"Dari sisi operasi, persiapan untuk kembali berproduksinya Lapangan Gas Kepodang sudah hampir rampung. SKK Migas siap mendukung semua kebutuhan supaya lapangan tersebut dapat beroperasi kembali," ujar Deputi Operasi SKK Migas, Julius Wiratno dalam keterangannya, Senin (29/6/2020).

Diketahui, operatorship Wilayah Kerja Muriah telah beralih dari Petronas Carigali Muriah Ltd (PCML) kepada Saka Energi Muriah Limited (SEML). Kedua kontraktor tersebut telah menandatangani dokumen legal pengalihan participating interest (PI) atau deed of assignment (DOA) pada akhir Januari lalu.

Semenjak itu, PCML dan SEML terus melakukan sejumlah persiapan transisi operasional. Salah satunya adalah uji coba pengoperasian bersama untuk menjaga fasilitas operasi berfungsi dengan baik. Dengan ini, SEML dapat langsung memproduksikan gas tanpa kendala.

"Kesiapan teknis operasi saat ini sudah mencapai 95%. Fasilitas di Lapangan Kepodang siap untuk segera memulai beroperasi," ujar Julius.

Dirinya menambahkan, jumlah tenaga kerja yang tersedia sudah mencapai 98% dari kebutuhan SDM. Tenaga kerja yang krusial untuk operasi lapangan secara rutin ditugaskan langsung ke lokasi untuk menyesuaikan diri dengan operasi lapangan. Proses pengaturan kerja ini juga tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19.

Pengalihan kontrak pekerjaan oleh pihak ketiga dari operator lama ke operator baru sudah mencapai sekitar 95%. Sebagai operator baru, SEML telah menyiapkan berbagai macam kontrak untuk mendukung operasi Kepodang selanjutnya.

Sebagai contoh, operasi kapal yang sudah dijalankan dengan kontrak di bawah SEML sejak Februari lalu.

Julius menyatakan, masih terdapat beberapa hal lainnya yang perlu diselesaikan sebelum Lapangan Kepodang beroperasi kembali.

Salah satunya adalah aspek komersial yakni negosiasi jual beli gas di mana PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) merupakan kandidat utama pembeli gas dari Lapangan Kepodang. Saat ini, SEML sudah mengirimkan surat resmi kepada PLN terhadap penawaran gas tersebut.

Aspek komersial lainnya termasuk gas transportation agreement (GTA) di mana SEML akan bernegosiasi dengan PT Kalimantan Jawa Gas (KJG) sebagai transporter.

Jika aspek komersial sudah tuntas, langkah selanjutnya adalah melengkapi izin operasi fasilitas operasi dan persetujuan alokasi gas dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

"Dukungan semua pihak sangat dibutuhkan supaya pengoperasian kembali Lapangan Kepodang berjalan sesuai rencana," pungkas Julius.

Pengambilan Alih

Lapangan Kepodang ini terletak di Wilayah Kerja Muriah di lepas pantai Jawa Timur. Lapangan ini mulai memproduksikan gas bumi pertama kali sebesar 56 juta kaki kubik per hari (MMSCFD) pada akhir Agustus 2015.

Saat itu, gas dialirkan melalui pipa menuju fasilitas penerimaan di darat atau onshore receiving facility (ORF). Kemudian, disalurkan menuju Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) Tambak Lorok milik PLN. Namun, pada Juli 2017, PCML selaku operator Wilayah Kerja Muriah menyatakan Kepodang dalam kondisi kahar (force majeure).

Salah satu penyebabnya adalah hasil temuan cadangan tidak sesuai dengan prediksi dan kemudian dihentikan pada September lalu. Hingga akhirnya, SEML yang kini memiliki 20% PI mengambil alih 80% PI melalui penandatanganan DOA pada akhir Januari lalu.

Dengan ini, SEML menjadi operator Wilayah Kerja Muriah dengan PI 100%.



Sumber:BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Rekam Pandemi Sorot Perubahan Sosial Budaya Akibat Covid-19

Kemdikbud bekerja sama dengan Asosiasi Dokumenteris Nusantara (ADN) untuk memperlihatkan perubahan sosial budaya akibat pandemi Covid-19.

NASIONAL | 29 Juni 2020

Sambut Dirgahayu ke-74, Polri Gelar Tabur Bunga dan Donor Darah

Rangkaian peringatan HUT ke-74 Polri yang jatuh pada 1 Juli 2020 Polri mulai digelar Senin (29/6/2020). Perayaan dilakukan dengan tabur bunga dan donor darah.

NASIONAL | 29 Juni 2020

Platform Ruang Logistik Permudah Sertifikasi SDM Logistik

Platform digital Ruang Logistik mempermudah pelatihan dan sertifikasi bagi SDM yang bergerak di bidang logistik dan supply chain.

NASIONAL | 29 Juni 2020

BPK Laporkan Benny Tjokro ke Bareskrim

BPK melaporkan terdakwa kasus korupsi Asuransi Jiwasraya, Benny Tjokrosaputro, ke Bareskrim Polri atas tuduhan pencemaran nama baik.

NASIONAL | 29 Juni 2020

Kelulusan PPDB Daring Jalur Zonasi di Sumut Belum Penuhi Kuota

Sekretaris Panitia PPDB Sumut, Saut Aritonang menyampaikan, masih ada kuota yang kurang untuk 209 sekolah.

NASIONAL | 29 Juni 2020

Anggota KPU dan Bawaslu di Sumut Wajib Rapid Test Covid-19

Alwi menyampaikan, rapit test terhadap penyelenggara pilkada ini dilakukan untuk memastikan mereka tidak terpapar virus corona.

NASIONAL | 29 Juni 2020

Ditresnarkoba Polda Sulteng Tangkap Pengendara Mobil Bawa 25 Kg Sabu-sabu

Tersangka dan barang bukti kini sudah ditangani oleh Ditresnarkoba Polda Sulteng.

NASIONAL | 29 Juni 2020

Doni Monardo: Masih Terdapat 57 Kabupaten/Kota Risiko Tinggi Covid-19

Pemerintah akan memberikan dukungan kepada 57 kabupaten/kota yang masih memiliki risiko tinggi Covid-19.

NASIONAL | 29 Juni 2020

Jokowi Minta Birokrasi di Kemkes Tidak Bertele-tele

Percepat pencairan pembayaran pelayanan kesehatan serta insentif tenaga medis.

NASIONAL | 29 Juni 2020

Ditemukan 2 Kasus Positif Covid-19, 136 Keluarga Warga di Tapteng Diisolasi

"Setiap hari, petugas sosial wajib tiga kali mengantar makanan hidangan untuk dikonsumsi," ujar Bakhtiar Ahmad.

NASIONAL | 29 Juni 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2020 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS