Andreas Nico Dua Kali Kampiun di IOXC Kempora

Andreas Nico Dua Kali Kampiun di IOXC Kempora

Selasa, 30 Juni 2020 | 06:50 WIB
Oleh : Jayanty Nada Shofa / JNS

Jakarta, Beritasatu.com - Kejuaraan Indonesia X-Treme Open Championship (IOXC) yang diselenggarakan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kempora) menjadi kenangan tak terlupakan bagi Andreas Nico Lukifala. Sebab, ia berhasil menjadi kampiun dua tahun berturut-turut pada tahun 2016 dan 2017 di kategori freestyle basket.

Dilansir dari laman resmi Kempora, Nico sempat bertanding di IOXC 2015 di Bandung. Namun, ia gagal mendapatkan gelar juara.

"Aku nanya temanku, tahun depan ada lagi nggak? Dia bilang ada. Terus, aku latihan tuh setahun full. Akhirnya menang di tahun 2016. Nah, tahun 2017 aku ikutan lagi. Padahal cuma bawa uang Rp 500.000. Aku tetap berangkat ke Manado karena nggak mau banget ketinggalan IOXC. Itu acara gede banget kan," ungkap mahasiswa berusia 21 tahun tersebut.

Gelar juara IOXC ini berperan penting dalam karirnya. Terlebih, IOXC ini disebut sebagai perlombaan olahraga ekstrem berskala internasional terbesar di kawasan Asia Tenggara maupun di Asia.

Nico kemudian berhasil bersaing di ajang internasional usai mengikuti serangkaian seleksi nasional yang diselenggarakan oleh Asosiasi Bola Basket Seni Indonesia (ABSI). Di tahun 2018, Nico berangkat ke Taiwan untuk mengikuti ajang Baller Time.

Bersama rekannya Surajie, mereka hanya bisa mencapai babak delapan besar. Akan tetapi, penampilan keduanya tetap menuai pujian. Capaian tersebut tetap Nico syukuri meski gagal mencapai final.

Nico pun terus bertekad meningkatkan kemampuannya demi kejuaraan yang akan datang. Sebab, freestyle basket sudah menjadi passionnya.

"Kalau ditanya kenapa aku suka banget (freestyle basket), karena dari hati. Kalau bisa digambarkan dengan satu kalimat, buat aku passion dan lifestyle sih," kata Nico.

"Kayaknya nggak akan berhenti selagi fisik masih kuat. Jadi, aku bertahan sampai belasan tahun karena ini keinginan aku, nggak ada larangan atau paksaan siapa-siapa," imbuhnya.

Adapun Nico mulai berlatih freestyle basket sejak tahun 2007. Ia mengawali karir dengan bergabung di Masa Depan Freestyle (MDF), sebuah komunitas binaan Richard Insane, salah satu legenda street ball Indonesia yang masih aktif hingga sekarang.

Debutnya sebagai freestyler profesional diawali dengan mengikuti ajang Thanks God I'm Freestyler (TGIF). Ini adalah pertama kalinya ia mengikuti kompetisi dan ia langsung menjadi juara satu.

Di masa pandemi Covid-19, Nico tetap berlatih untuk menjaga kebugaran tubuhnya guna menghadapi kejuaraan di masa mendatang.



Sumber:BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Ini Cara Deni TX Majukan Skateboard Indonesia

Pemain skateboard Deni TX kini fokus mengajarkan keahliannya kepada anak muda Indonesia.

NASIONAL | 30 Juni 2020

Korupsi Alkes, Tubagus Chaeri Wardana Dituntut 6 Tahun Penjara

Jaksa KPK menuntut agar Tubasgus Chaeri Wardana dihukum enam tahun penjara serta denda sebesar Rp 5 miliar subsider 1 tahun kurungan.

NASIONAL | 30 Juni 2020

Pakar: Kapasitas RS Nasional Cukup Memadai untuk Pasien Covid-19

Hanya 20% dari kasus Covid dalam kondisi berat dan harus dirawat di RS. Sedangkan 80% sisanya dilakukan isolasi mandiri baik di rumah atau fasilitas yang ada.

NASIONAL | 29 Juni 2020

Kemdikbud Fasilitasi Guru Belajar Bersama Selama Sebulan

Kegiatan ini juga menanamkan semangat gotong royong. Para guru saling membantu dengan fokus utama adalah murid.

NASIONAL | 29 Juni 2020

Perlu Gerakan Seluruh Elemen Bangsa untuk Perangi Narkoba

Potensi kerusakan akibat narkoba terhadap seluruh lapisan masyarakat, termasuk aparatur sipil negara (ASN), makin nyata dan begitu mengkhawatirkan.

NASIONAL | 29 Juni 2020

Kemhub Bantah Siapkan Regulasi Pajak Sepeda

Regulasi yang disiapkan Kemhub akan mengatur dari sisi keselamatan para pesepeda.

NASIONAL | 29 Juni 2020

ITB Gelar Rangkaian Kegiatan Perayaan 100 Tahun

Dari Nadiem Makarim hingga Isyana Sarasvati ikut merayakan 100 Tahun ITB.

NASIONAL | 29 Juni 2020

Djafar Badjeber: Akhirnya Kemarahan Presiden Meledak Juga

Wajar presiden jengkel dan marah karena persoalan Covid-19 ini memerlukan kekompakan dan percepatan penanganan untuk pemulihan ekonomi.

NASIONAL | 29 Juni 2020

Masa Tugas Operasi Tinombala Diperpanjang

Perpanjangan Operasi Tinombala dilakukan hingga 30 September 2020.

NASIONAL | 29 Juni 2020

Jaga Ketahanan Pangan, Bupati Tabanan Ajak Warga Gotong Royong

Semua orang harus selalu menjaga imun tubuh agar tetap sehat dan tetap menaati anjuran pemerintah.

NASIONAL | 29 Juni 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2020 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS