Curah Hujan Tinggi, Kepala Desa Diminta Antisipasi Bencana

Curah Hujan Tinggi, Kepala Desa Diminta Antisipasi Bencana

Senin, 19 Oktober 2020 | 16:45 WIB
Oleh : Jayanty Nada Shofa / JNS

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar telah menginstruksikan pemerintah desa untuk mengantisipasi potensi bencana angin, banjir, dan longsor.

Hal ini karena mengingat sebagian besar wilayah di Indonesia sudah memasuki musim hujan. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) juga telah memperingatkan potensi hujan lebat akibat adanya fenomena La Nina.

Untuk itu, Mendes telah melayangkan surat kepada kepala desa (kades) hingga perangkat desa untuk mengambil sejumlah langkah antisipasi.

"Antara lain langkah-langkah tersebut adalah membersihkan saluran air, memperkuat penahan banjir dan longsor serta memperbarui tanda jalur evakuasi dengan Padat Karya Tunai Desa (PKTD). PKTD ini juga akan memanfaatkan dana desa yang tersisa," kata Gus Menteri, sapaan akrab Abdul Halim, kepada wartawan melalui telekonferensi, Senin (19/10/2020).

Diketahui, alokasi dana desa pada APBN tahun anggaran 2020 adalah sebesar Rp 71,1 triliun.

Per 18 Oktober lalu, dana desa yang tersisa mencapai sekitar Rp 38,4 triliun. Dari dana desa yang tersisa, sebanyak Rp 11 triliun dimanfaatkan untuk BLT hingga akhir tahun. Dengan ini, proyeksi dana desa yang digunakan untuk PKTD adalah Rp 27,3 triliun.

"Dana (PKTD) inilah yang perlu dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk antisipasi maupun bencana dengan tetap memperhatikan mekanisme pemanfaatan dana desa melalui keputusan musyawarah desa. Dana ini digunakan untuk pra-bencana, tanggap darurat maupun pasca bencana," kata Gus Menteri.

Gus Menteri menegaskan, penggunaan dana untuk keperluan bencana harus menerapkan pola PKTD. Dengan ini, PKTD bisa menyerap 6,2 juta pekerja.

Para kades juga diminta untuk menerapkan protokol kesehatan saat penanganan korban bencana, mengingat terjadinya bencana akan bersamaan dengan pandemi Covid-19.

Tak hanya itu, Gus Menteri telah mempersiapkan portal informasi cuaca melalui situs resmi Kemdes PDTT yang bisa diakses melalui tautan berikut.

Tim Sapa Desa Kemdes PDTT juga memberikan peringatan dini bencana kepada kades sehingga dapat segera melakukan langkah antisipasi dan meminimalisir risiko adanya korban bencana.

"Kalau arahan dari Kemdes PDTT dijalankan, saya pastikan korban bencana tidak akan banyak," kata Gus Menteri.

"Contoh, warga yang tinggal di hamparan sungai, tebing atau daerah gundul sudah diantisipasi dan diingatkan. Kalau perlu, jauh-jauh sebelum bencana atau ketika sudah ada peringatan dini, kita sudah melakukan langkah antisipatif seperti memindahkan warga sementara ke tempat penampungan," tambahnya.

Berdasarkan data Kemdes PDTT, sebanyak 3.138 desa diterjang angin kencang selama setahun terakhir. Sementara itu, 9.901 desa mengalami banjir, 878 desa teredam banjir bandang, dan 4.971 desa mengalami longsor.



Sumber:BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Mendagri Imbau Warga ke Luar Kota saat Libur Panjang Lakukan Tes PCR

Dengan melakukan tes PCR sebelum pergi liburan ke luar kota, maka sudah dapat dipastikan warga bepergian dalam keadaan sehat.

NASIONAL | 19 Oktober 2020

MAKI: Skandal Jiwasraya Catatkan Rekor Baru Vonis Seumur Hidup Bagi Koruptor

Pengadilan Tindak Pidana Korupsi memvonis empat terdakwa kasus korupsi Jiwasraya divonis hukuman penjara seumur hidup.

NASIONAL | 19 Oktober 2020

Besok, Soenarko Dipanggil Polisi Sebagai Tersangka

Mantan Danjen Kopassus Mayjen TNI (Purn) Soenarko akan dipanggil sebagai tersangka kasus dugaan kepemilikan senjata ilegal, Selasa (20/10/2020).

NASIONAL | 19 Oktober 2020

Polisi Telusuri CCTV untuk Identifikasi Penabrak Mobil Hanafi Rais

Polisi sudah mengetahui identitas kendaraan yang diduga menabrak mobil yang ditumpangi Ahmad Hanafi Rais Wiryosudarmo.

NASIONAL | 19 Oktober 2020

Lima Nama "Tuhan" Masuk DPT Pilkada Jember

Nama "Tuhan" tersebut sudah masuk dalam DPT pemilu sebelumnya, yakni pada Pemilu 2014 dan Pemilu 2019, sehingga nama tersebut benar-benar ada dan bukan rekayasa

NASIONAL | 19 Oktober 2020

Puan Maharani Salurkan Bansos untuk Warga Bali

Ketua DPR RI Puan Mahari menyalurkan bantuan sosial (bansos) bagi warga Bali yang terdampak Covid-19.

NASIONAL | 19 Oktober 2020

Satgas Covid-19 Perketat Pintu Masuk Lokasi Wisata

Satgas Covid-19 Sumut akan melakukan penyekatan di setiap pintu masuk di kabupaten maupun kota yang ramai dikunjungi saat liburan panjang di daerah wisata.

NASIONAL | 19 Oktober 2020

Drainase Vertikal Juga Menjamin Cadangan Air Tanah

Menabung air hujan maka meminimalisasi genangan dan memiliki cadangan air.

NASIONAL | 19 Oktober 2020

Cegah Banjir Jakarta dengan Menabung Air Hujan

Air hujan cukup untuk memenuhi kebutuhan 20 juta penduduk Jakarta

NASIONAL | 19 Oktober 2020

Masuk Destinasi Wisata KSPN, Konektivitas Pulau Morotai Ditingkatkan

Untuk meningkatkan konektivitas antardestinasi wisata di Pulau Morotai, Kempupera membangun berbagai sarana dan prasarana.

NASIONAL | 19 Oktober 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2020 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS