BPK Gelar Taklimat Awal Pemeriksaan Penanganan Covid-19 di Polda Jateng

BPK Gelar Taklimat Awal Pemeriksaan Penanganan Covid-19 di Polda Jateng

Sabtu, 24 Oktober 2020 | 04:56 WIB
Oleh : Jayanty Nada Shofa / JNS

Semarang, Beritasatu.com - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menggelar taklimat awal atau entry meeting pemeriksaan kinerja penanganan Covid-19 pada Polri di Markas Polda Jawa Tengah, Semarang, Kamis (22/10/2020).

Anggota I BPK Hendra Susanto menjelaskan, kondisi pandemi Covid-19 mengharuskan pemerintah mengambil langkah-langkah dalam rangka tanggap darurat bencana maupun penanganan dampaknya melalui berbagai kebijakan.

"Dalam upaya penanganan tersebut, terdapat risiko tidak efektifnya manajemen dan ketidaktepatan nilai belanja penanganan Covid-19, ketidaklengkapan pencatatan penerimaan hibah uang ataupun barang dari pihak ketiga, serta risiko adanya kemahalan harga dalam pengadaan barang dan jasa," kata Hendra saat memimpin taklimat awal.

Hendra menjelaskan, penanganan pandemi yang diwujudkan melalui program-program penanganan kesehatan, penyediaan jaring pengaman sosial, dan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dengan melibatkan para pemangku kepentingan terdapat risiko.

Oleh karena itu, BPK menjalankan tiga peran sekaligus yakni oversight (pengawas), insight (memberikan masukan) dan foresight (memberi tinjauan masa depan).

"Perlu kami sampaikan, bahwa menyikapi perkembangan penanganan pandemi Covid-19 yang dilaksanakan oleh pemerintah, BPK melakukan pemeriksaan tematik penanganan pandemi Covid-19 serentak untuk seluruh jajaran kementerian dan lembaga," jelas Hendra.

Pemeriksaan ini, lanjutnya, dilaksanakan dengan pendekatan pemeriksaan komprehensif (gabungan ketiga jenis pemeriksaan), dengan audit universe seluruh kebijakan, pendanaan, alokasi, dan aktivitas penanganan oleh pemerintah secara keseluruhan.

Lebih lanjut, sasaran pemeriksaan meliputi aspek perencanaan, pelaksanaan, dan monitoring serta evaluasi pada tata kelola dukungan anggaran, tata kelola dukungan sumber daya lainnya (peraturan, personel dan sarpras) dan tata kelola pelaksanaan operasi.

"Entitas yang menjadi wilayah sampling dalam pemeriksaan kinerja adalah satuan kerja Polda dan Polres jajaran Polda Jawa Tengah," imbuh Hendra.

Is

Hendra juga berharap Kapolda dan jajarannya memiliki komitmen yang sama dengan BPK dalam mewujudkan tata kelola keuangan yang akuntabel.

"Akuntabilitas bukan saja kewajiban pengelola keuangan negara, tetapi merupakan suatu budaya yang harus dibangun bersama," tutupnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut adalah Inspektur Pengawasan Umum Polri Komjen. Pol. Agung Budi Maryoto dan Kapolda Jateng Irjen. Pol. Ahmad Luthfi.



Sumber:BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Kapolda Jateng: Pelaku Pembakar Wanita dalam Mobil Berhasil Dibekuk

Pelaku berinisial EP (30), merupakan rekan bisnis korban.

NASIONAL | 23 Oktober 2020

SAI Ghana Serah Terima Penugasan Pemeriksaan IMO kepada BPK

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Supreme Audit Institution (SAI) Ghana telah melaksanakan serah terima penugasan formal pemeriksaan eksternal IMO.

NASIONAL | 23 Oktober 2020

Pendukung Bobby Nasution Diintimidasi

Tensi politik menjelang Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (pilwakot) Medan, Sumatera Utara (Sumut), kian meningkat.

NASIONAL | 23 Oktober 2020

Eep Saefulloh Fatah Bantah PolMark Diusir dari Makassar

Tim Pemenangan pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Munafri Arifuddin-A Rahman Bando sempat menyebut telah memecat dan mengusir Eep Saefulloh Fatah.

NASIONAL | 23 Oktober 2020

Sahroni Dukung Penuh KPK Cegah Korupsi

Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni mendukung penuh berbagai program Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mencegah korupsi.

NASIONAL | 23 Oktober 2020

Banyak yang Belum Terima Bantuan, Kemdikbud Diminta Akumulasi Kuota Internet

Jadi 42 GB untuk September ditambah dengan 42 GB untuk Oktober sehingga mereka menerima haknya sesuai yang sudah direncanakan.

NASIONAL | 23 Oktober 2020

Pengelola Objek Wisata Jambi Perketat Penerapan Protokol Kesehatan

Persiapan yang dilakukan pengelola objek wisata yakni memasang spanduk protokol kesehatan di kawasan pintu masuk objek wisata, menyiapkan fasilitas cuci tangan.

NASIONAL | 23 Oktober 2020

Waspada Cuaca Ekstrem di Masa Libur Panjang

BMKG memprakirakan hingga akhir Oktober 2020 sejumlah provinsi berpotensi terjadi cuaca ekstrem yang ditandai hujan sedang hingga lebat.

NASIONAL | 23 Oktober 2020

Bertemu Paus Fransiskus, JK Sampaikan Salam Hangat dari Masyarakat Indonesia

JK menyampaikan apresiasinya pada Paus yang bekerja sama dengan Grand Syeikh, Universitas Al Azhar Kairo untuk mengangkat persaudaraan kemanusiaan.

NASIONAL | 23 Oktober 2020

Libur Panjang, Pengelola Wisata di Bengkulu Batasi Pengunjung

Pembatasan pengunjung untuk mencegah terjadi penyebaran Covid-19.

NASIONAL | 23 Oktober 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2020 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS