Video: Simpang Susun Semanggi dalam Angka

Video: Simpang Susun Semanggi dalam Angka
Simpang susun Semanggi. ( Foto: Antara )
Heru Andriyanto / HA Kamis, 27 April 2017 | 21:14 WIB

Jakarta - Proses pembangunan Simpang Susun Semanggi telah melewati tahapan terpenting yaitu penyelesaian struktur jalan layang melingkar yang membentang di atas Jalan Gatot Soebroto dan ruas tol dalam kota, Jakarta Selatan.

Dalam video tampak atas Beritasatu News Channel, terlihat citra satu lingkaran penuh ruas jalan telah terbentuk.

Yang tidak banyak diketahui, Simpang Susun Semanggi ini tidak membebani APBD maupun APBN, karena menggunakan mekanisme kompensasi dengan perusahaan swasta.

Berikut sejumlah data dan fakta menarik tentang Simpang Susun Semanggi:

1. Meskipun terlihat seperti satu lingkaran penuh, Simpang Susun Semanggi ini sebetulnya terdiri dari dua jalur yang terputus, masing-masing setengah lingkaran dari arah Grogol menuju Blok M dan dari arah Cawang menuju Jalan MH Thamrin.

2. Jalan layang itu terdiri dari dua ramp, yaitu ramp 1 sepanjang 796 meter untuk menghubungkan lalu lintas dari arah Grogol ke Blok M tanpa melewati kolong Semanggi, dan ramp 2 sepanjang 826 meter dari arah Cawang langsung ke kawasan MH Thamrin.

3. Dua jalan layang yang membentuk lingkaran itu merupakan susunan dari 333 segmental box girder, cetakan beton yang dibuat lebih dulu (precast) dan kemudian disusun.

4. Dengan total panjang mencapai 1,6 kilometer, maka Simpang Susun Semanggi ini akan menjadi jalan layang melengkung terpanjang di Indonesia.

5. Anggaran proyek sebesar Rp 345 miliar dibiayai sepenuhnya dengan kompensasi pengembang PT Mitra Panca Persada, anak perusahaan asal Jepang, Mori Building Company.

6. Proyek ini diresmikan pembukaannya oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama pada 8 April 2016.

7. Menurut rencana, Simpang Susun Semanggi akan diresmikan pada 17 Agustus 2017 dan menjadi kado terakhir Basuki untuk Jakarta, karena dia tidak akan lagi menjabat tahun depan.

















Sumber: BeritaSatu TV