Bekuk Frankfurt, Bayern Muenchen Juara Bundesliga 2018/19

Bekuk Frankfurt, Bayern Muenchen Juara Bundesliga 2018/19
Selebrasi pemain Bayern Muenchen menjuarai Bundesliga 2018/19. ( Foto: istimewa )
Iman Rahman Cahyadi / CAH Minggu, 19 Mei 2019 | 05:30 WIB

Muenchen, Beritasatu.com - Bayern Muenchen berhasil memastikan gelar juara Bundesliga musim 2018-2019 setelah pada pekan terakhir mengalahkan Eintracht Frankfurt dengan skor 5-1 di Allianz Arena, Sabtu (18/5/2019). Lima gol Muenchen masing-masing dicetak Kingsley Coman pada menit keempat, David Alaba pada menit ke-53, Renato Sanches (58'), Franck Ribery (73'), dan Arjen Robben (78').

Adapun satu gol dari Eintracht Frankfurt dicetak oleh Sebastian Haller pada menit ke-50.

Kemenangan ini mengakhiri persaingan Muenchen dengan Borrusia Dortmund yang harus ditentukan pada laga terakhir. Muenchen mengakhiri musim dengan berada di puncak klasemen mengumpulkan 78 poin, unggul dua poin dari Dortmund.

Kalah dari Frankfurt bisa menjadi petaka buat Muenchen. Namun kekhawatiran mampu dijawab Arjen Robben dan kawan-kawan dengan menggasak lawannya itu. Dortmund sendiri berhasil mengalahkan Borussia Moenchengladbach 2-0. 

Sebelum laga dimulai, digelar tribute atau seremoni perpisahan untuk tiga penggawa Muenchen, yakni Arjen Robben, Franck Ribery, dan Rafinha, yang akan meninggalkan Allianz Arena pada akhir musim ini.

Muenchen langsung tancap gas. Baru empat menit pertandingan, keunggulan dibuka melalui gol Coman hasil kerja samanya dengan Thomas Mueller. Tak lama kemudian Robert Lewandowski mampu mencetak gol, meski kemudian dianulir karena VAR menunjukkan pemain asal Polandia itu sudah berada pada posisi offside. Skor 1-0 bertahan sampai babak pertama berakhir.

Pada babak kedua, Frankfurt sempat membuat publik Allianz terdiam. Ini setelah Frankfurt mampu menyamakan skor berkat gol penyeimbang Sebastian Haller pada menit ke-50. Namun, pasukan Niko Kovac bereaksi dengan baik.

Muenchen membalas gol itu dengan dua gol dalam waktu berdekatan, yakni via David Alaba pada menit ke-53 dan Renato Sanches pada lima menit berikutnya. Skor pun menjadi 3-1 masih untuk keunggulan Muenchen.

Menit 72 giliran Ribery yang mencetak gol sekaligus menutup laga terakhirnya bersama Muenchen dengan manis. Dengan mengecoh dua bek lawan, Ribery melepaskan tendangan yang tak dapat diantisipasi oleh Kevin Trapp. 

Tak hanya Ribery, Robben yang baru bermain pada babak kedua, juga mencatatkan namanya di papan skor. Ini juga menjadi laga terakhir bagi pemain asal Belanda itu, sama halnya dengan Ribery. Skor 5-1 untuk Muenchen bertahan sampai peluit panjang berbunyi. 



Sumber: Sportsmole