Perceraian di Indonesia Rekor Tertinggi se-Asia Pasifik

Perceraian di Indonesia Rekor Tertinggi se-Asia Pasifik
Keromantisan dalam rumah tangga yang selalu ditunjukkan Memes dan Addie MS ( Foto: Yanuar Rahman/Beritasatu.com )
Rabu, 15 Februari 2012 | 08:46 WIB
Dalam kehidupan rumah tangga, seringkali pasangan suami istri kurang mampu menjaga dan mengapresiasi romantisme dalam hubungan mereka.

Tanpa adanya nilai romantis dalam sebuah rumah tangga, khususnya yang sudah dijalin lebih dari lima tahun tentunya hubungan tak akan berjalan mulus. Tercatat berdasarkan data tahun 2010 dari Dirjen Bimas Islam Kementrian Agama RI, dari dua juta orang yang menikah, ada 285.184 perkara yang berakhir dengan perceraian.

Hal ini juga tercatat dalam situs BKKBN yang mencatat ada lebih dari 200.000 kasus perceraian di Indonesia setiap tahun, dan saat ini ternyata angka perceraian tersebut telah mencapai rekor tertinggi se-Asia Pasifik.

Dari data diatas, tentu ini bukan kabar gembira bagi pasangan suami istri yang ada di Indonesia. Oleh karena itu, Molto sebagai merek pewangi dan pelembut pakaian meluncurkan sebuah aktivitas bertema "Molto Mencari Ayah Romantis" yang resmi pada hari ini dimulai.

Program tersebut yang diadakan dalam bentuk kompetisi ini bertujuan untuk mengapresiasi perhatian dan romantisme yang senantiasa diberikan para Ayah sehingga cinta dan pernikahan mereka dapat terjaga keutuhannya.

"Sebagai brand yang senantiasa menjalin kedekatan emosional dengan para ibu di Indonesia dan memiliki moto keharuman yang bertahan lama, maka kami ingin memberikan apresiasi bagi para pasangan suami istri yang ada di Indonesia supaya rumah tangga mereka dapat bertahan lama," ujar Anggya Kumala selaku Brand Manager Molto saat dijumpai di acara jumpa pers peluncuran Molto Mencari Ayah Romantis di Wisma Mulia, Jakarta, Selasa (14/2).

Dalam acara peluncuran "Molto Mencari Ayah Romantis" ini, juga hadir diantaranya Indra Noveldy selaku Relationship Coach dan pasangan selebriti Addie MS serta istrinya, Memes yang usia pernikahan mereka sudah bertahan selama 25 tahun sampai hari ini.

Sebagai seorang yang bertugas memberikan masukan serta nasihat kepada pasangan suami istri, Indra mengatakan bahwa tingginya tingkat perceraian di tanah air disebabkan oleh kurangnya rasa cinta dan romantisme ditengah perkawinan.

"Cinta dan romantisme yang ada pada pasangan suami istri itu umumnya hanya ada pada awal perkawinan, sehingga muncul ketidakharmonisan yang berujung pada perceraian. Padahal, baik Ayah maupun Ibu tidak boleh berhenti mengambil inisiatif untuk mengembalikan dan merawat romantisme tersebut," jelas Indra.

"Pasangan yang ideal adalah mereka yang selain menjadi suami atau istri juga mampu bertindak sebagai partner, sahabat, sekaligus kekasih bagi pasangannya," tambah Indra.

Addie MS dan Memes yang hadir mampu menjadi contoh bagi pasangan suami istri lain. Mereka berdua telah menunjukkan bahwa romantisme adalah sebuah hal yang harus dijaga untuk membina bahtera rumah tangga. "Mas Addie adalah suami yang sangat romantis, tapi romantisme yang ditunjukkan bukan hanya bersifat materil seperti bunga, coklat atau perhiasan, tapi lebih ke perhatian dia terhadap hal-hal kecil yang membuat saya berharga. Selain itu dengan sifatnya yang tenang membuat saya dan anak-anak selalu merasa aman dan nyaman. Bagi saya itu adalah bentuk romantisme yang paling indah dan berkesan," ucap Memes tentang suaminya.

"Bagi kami, yang terpenting adalah saling memahami, selain romantisme tersebut tentunya. Dengan mengenal karakter dan saling mengisi, segala kesalahpahaman bisa dihindari. Sebenarnya romantisme itu bisa muncul secara alami asalkan kita bisa memahami keinginan dan kondisi pasangan kita," tambah Addie MS.

Sebagai awal dari rangkaian kegiatan yang rencananya akan diadakan hingga bulan Maret mendatang, acara konferensi pers Molto Mencari Ayah Romantis dilanjutkan dengan acara makan malam romantis yang bertema A Celebration of Everlasting Love dan dihadiri oleh 25 pasangan suami istri yang telah menikah lebih dari 25 tahun lamanya.

Selain itu, makan malam tersebut juga dihibur oleh kehadiran Andien yang membawakan alunan lagu-lagu romantis bagi pasangan tersebut.
CLOSE