Ma'ruf Amin: Imunisasi MR Wajib Hukumnya!

Ma'ruf Amin: Imunisasi MR Wajib Hukumnya!
KH Ma'ruf Amin. ( Foto: Antara )
Dina Manafe / IDS Rabu, 19 September 2018 | 00:00 WIB

Jakarta - Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), Ma'ruf Amin, mengatakan, imunisasi hukumnya wajib dan vaksin MR hukumnya dibolehkan. Untuk mencegah bahaya dan kondisi kegawatdaruratan, maka imunisasi MR dalam Islam dibolehkan.

“Bagi MUI, kalau sudah ada bukti bahaya atau menimbulkan wabah dan kecacatan, maka hukumnya bukan hanya boleh, tapi wajib,” kata Ma'aruf di Jakarta, Selasa (18/9).

Menurut Ma'ruf, tidak ada lagi alasan masyarakat pemda untuk tidak melaksanakan imunisasi MR. MUI mendukung sepenuhnya pemerintah untuk melaksanakan imunisasi MR guna mencegah generasi bangsa ini dari kecacatan, sakit-sakitan, kualitas hidup buruk, dan daya saing rendah.

Ma'ruf mengatakan, harus ada upaya untuk meyakinkan daerah-daerah yang belum melaksanakan imunisasi MR secara optimal. Pihaknya bersama Kemkes akan turun ke daerah-daerah yang cakupan imunisasinya masih rendah untuk mengampanyekan imunisasi MR.

“Bila perlu kami turun ke Aceh dan daerah lain yang masih menolak untuk membahas dan mensosialisasi mengenai kebolehan menggunakan vaksin MR,” kata Ma'ruf.



Sumber: Suara Pembaruan