23 Rumah Sakit di Bengkulu Tetap Layani Peserta BPJS Kesehatan

23 Rumah Sakit di Bengkulu Tetap Layani Peserta BPJS Kesehatan
RSUD M Yunus Bengkulu. ( Foto: Istimewa )
Usmin / FMB Sabtu, 5 Januari 2019 | 10:43 WIB

Bengkulu - Sebanyak 23 rumah sakit milik pemerintah dan swasta di Provinsi Bengkulu, sampai saat ini masih tetap melayani pasien peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang ada di daerah ini.

"Sampai sekarang 23 rumah sakit pemerintah dan swasta di Bengkulu, yang menjalin kerja sama dengan BPJS Kesehatan tidak ada masalah. Rumah sakit di Bengkulu, masih melayani pasien peserta BPJS kesehatan di daerah ini," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni kepada SP, di Bengkulu, Jumat (4/1).

Ia mengatakan, sampai saat ini belum ada rumah sakit di Bengkulu, yang menghentikan pelayanan kesehatan terhadap pasien peserta BPJS Kesehatan di daerah ini.

"Seluruh rumah sakit di Bengkulu, hingga saat ini masih aktif melayani pasien peserta BPJS Kesehatan dan tidak ada masalah dengan pihak BPJS setempat. Pelayanan rumah sakit terhadap pasien BPJS masih berjalan seperti biasa," ujarnya.

Herwan Antoni menambahkan, pihaknya sudah meminta pimpinan 23 rumah sakit di Bengkulu, agar segera melakukan penandatangan naskah kerja sama ulang dengan BPJS Kesehatan Cabang Bengkulu, untuk tahun 2019 dalam waktu dekat ini. Hal ini dilakukan agar peserta BPJS Kesehatan yang akan berobat di rumah sakit pemerintah dan swasta yang ada di kabupaten dan kota di Bengkulu, termasuk RSU M Yunus, tidak ada masalah.

"Saya sudah minta pimpinan rumah sakit pemerintah dan swasta agar segera menandatangan kembali naskah kerja sama dengan BPJS Kesehatan Cabang Bengkulu untuk tahun 2019. Ini kita lakukan agar pelayanan kesehatan terhadap peserta BPJS Kesehatan di Bengkulu tetap berjalan lancar seperti biasa," ujarnya.

Hal senada diungkapkan Direktur Utama RSU Yunus Bengkulu, Zulkip Maulub Ritonga. Ia mengatakan, sampai saat ini pihaknya masih tetap melayani pasien yang menggunakan fasilitas BPJS.

"Pelayanan pasien peserta BPJS Kesehatan di RSU M Yunus Bengkulu, tidak ada masalah dan tetap berjalan seperti biasa. Kerja sama RSU M Yunus dengan BPJS Kesehatan Cabang Bengkulu, terus berlanjut," ujarnya.

Zulkipli menambahkan, meski kerja sama ulang antara RSU M Yunus dengan BPJS Kesehatan Cabang Bengkulu, untuk tahun 2019 belum dilaksanakan, tetapi RSU Yunus tetap melayani pasien peserta BPJS Kesehatan.

"Jadi, tidak ada masalah dengan pelayanan terhadap peserta BPJS Kesehatan di Bengkulu. Setiap pasien BPJS yang akan berobat ke RSU M Yunus kita layani dan tidak perubahan dari sebelumnya," ujarnya.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bengkulu, Kiki yang dikonfirmasi SP melalui telepon seluler tidak aktif.



Sumber: Suara Pembaruan