Karbohidrat Sumber Utama Energi Tubuh

Karbohidrat Sumber Utama Energi Tubuh
Chef dari Francis Bakery sedang membuat adonan roti gandum di outlet Francis Bakery, cabang ke-4 di salah satu pusat perbelanjaan di Tangerang, Minggu 15 Mei 2016. Francis Bakery menjual produk roti gandum yang sehat dengan aneka rasa berkonsep Asia dan Eropa dan kehadirannya melengkapi selera pasar di bidang kuliner khususnya bakery. Francis Bakery saat ini sudah memiliki 5 gerai di Jakarta dan Tangerang. BeritaSatu Photo / Emral Firdiansyah ( Foto: BeritaSatu Photo / Emral Firdiansyah )
Indah Handayani / FER Senin, 11 Februari 2019 | 21:15 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Kaum urban muda di usia 20-35 tahun adalah generasi yang aktif, memiliki motivasi untuk terus berprestasi dan berkarya. Kegiatan mereka berlangsung sejak pagi hingga malam hari, penuh dengan ide dan mobilitas yang tinggi. Untuk itu, diperlukan karbohidrat yang merupakan sunber energi dalam melakukan segala aktifitas tersebut.

Dokter spesialis gizi, dr Juwalita Surapsari MGizi SpGK, menjelaskan, karbohidrat merupakan nutrisi utama yang dibutuhkan tubuh sebagai sumber energi.

"Adanya serat pada bahan makanan sumber karbohidrat kompleks seperti oat, beras merah, malt dan gandum menyebabkan glukosa hasil pencernaan karbohidrat akan dilepaskan secara perlahan yang membuat tubuh selalu berenergi, selain itu dapat lebih mengenyangkan dan dalam jangka panjang lebih sehat untuk tubuh," kata dr Juwalita, dalam keterangan persnya yang diterima Beritasatu.com, Senin (11/2).

Dr Juwalita menambahkan, vitamin B1, B2, B3 dan B6 serta mineral seperti kalsium dan fosfor juga menunjang dalam menghasilkan sumber energi tubuh. Pemilihan makanan atau minuman selingan yang tepat akan mendukung tubuh untuk selalu berenergi. "Oleh sebab itu pilihlah makanan atau minuman selingan yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, serta vitamin dan mineral," ungkap dr Juwalita.

Sementar aitu, atlet bulu tangkis andalan Indonesia, Jonatan Christie (Jojo) mengatakan, sebagai atlet, dirinya memiliki waktu latihan yang ketat dan rutin serta jadwal turnamen yang padat.

"Keseharian kami berpusat pada peningkatan permainan di lapangan dan catatan prestasi di setiap pertandingan. Oleh karena itu, sangat penting bagi kami untuk memperhatikan asupan nutrisi untuk menjaga kondisi fisik agar tetap prima," ujar Jojo.

Senior Brand Manager Susu Cair Divisi Dairy, Jonathan Setiawan, mengatakan, Generasi Go Terus dengan gaya hidup urban semakin menyadari pentingnya menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga satu hingga tiga kali seminggu di tengah kesibukan harian.

"Ditambah dengan pola pikir yang menganggap traveling sudah menjadi satu kebutuhan, tentunya kaum urban muda membutuhkan energi ekstra yang dapat diperoleh dari asupan nutrisi dalam makanan maupun minuman yang dikonsumsi sehari-hari," jelas Jonathan.

Oleh karena itu, Jonathan menambahkan, pihaknya menghadirkan Indomilk Good to Go dari merupakan minuman susu multisereal pertama di Indonesia. Produk ini terbuat dari susu segar serta oat, beras merah, malt dan gandum. Melihat komposisinya, minuman ini memiliki kandungan rendah lemak dengan presentase tidak lebih dari 1,5 persen sekaligus menjadi sumber serat dan vitamin B1, B2, B3, serta B6 yang dibutuhkan oleh tubuh untuk terus berenergi.

"Sebagai solusi nutrisi, minuman ini menjadi terobosan terbaru dari kami untuk mendukung kaum urban muda Indonesia berprestasi dan berkarya," tutup Jonathan.



Sumber: BeritaSatu.com