Siloam Hospitals dan Timor Leste Jalin Sinergi Layanan Kesehatan

Siloam Hospitals dan Timor Leste Jalin Sinergi Layanan Kesehatan
Kepala Bisnis Siloam Hospitals Group Amelia Hendra (kedua kiri) bersama Wakil Menteri Kesehatan Urusan Pengembangan Kesehatan Strategis Timor-Leste Bonifacio Mau Coli dos Reis (kedua kanan), disaksikan Deputy President Director Siloam Hospitals Group Caroline Riady (kanan) dan Diplomat Timor-Leste untuk Indonesia Rui manuel, berjabat tangan usai penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) Siloam Hospitals Group dan Timor Leste, di Karawaci, Banten, Jumat (9/8/19). MoU ini secara umum akan mengatur mengenai kerjasama pelayanan kesehatan bagi pasien rujukan, meliputi rawat inap, rawat jalan, gawat darurat, pemeriksaan diagnostik, serta konsultasi digital. BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal ( Foto: beritasatu photo / mohammad defrizal )
Indah Handayani / FER Jumat, 9 Agustus 2019 | 14:56 WIB

Lippo Village, Beritasatu.com - Siloam Hospitals Group dan Timor Leste kembali melakukan sinergi melalui penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) terkait kerja sama dalam penyediaan pelayanan kesehatan bagi pasien rujukan.

Nota kesepahaman tersebut, ditantangani oleh Business Group Head Siloam Hospitals Group Amelia Hendra dan Wakil Menteri Kesehatan Urusan Pengembangan Kesehatan Strategis Timor-Leste, Bonifacio Mau Coli dos Reis Lic SP, di Siloam Hospitals Lippo Village, Jumat (9/8/2019).

Kerja sama Siloam dengan Timor Leste

Deputy President Director Siloam Hospitals Group, Caroline Riady, mengatakan, nota kesepahaman ini secara umum akan mengatur mengenai kerja sama pelayanan kesehatan bagi pasien rujukan, meliputi rawat inap, rawat jalan, gawat darurat, pemeriksaan diagnostik, serta konsultasi digital. Selain itu, kerja sama ini merupakan bentuk kontribusi dari Siloam Hospitals kepada bangsa dan negara, sejalan dengan usaha pemerintah Indonesia dalam memperkenalkan dan mempromosikan pelayanan kesehatan kepada negara-negara tetangga.

"Kerja sama ini juga menjadi sebuah kehormatan bagi Siloam Hospitals Group bisa ikut serta dalam membangun bangsa dan negara Timor Leste. Kami bukan hanya sekedar mengobati atau menyembuhkan, tapi juga ingin turut membangun komunitas, negara dan bangsa. Sebab, tidak ada satu komunitas, negara, dan bangsa yang dapat berkembang tanpa adanya kesehatan," ungkap Caroline Riady.

Caroline menambahkan, banyak dari pasien rujukan dari Timor Leste dikirim ke Siloam Hospitals Denpasar, Surabaya, hingga MRCCC Siloam Hospitals Semanggi di Jakarta. Namun, belakangan banyak pasien yang dikirim juga ke Siloam Hospitals Kupang. Pasalnya, Siloam Hospitals Kupang sudah semakin lengkap fasilitasnya. Ditambah lagi, Kupang memiliki jarak yang tidak terlalu jauh dari Timor Leste. Kebanyakan pasien yang dirujuk tersebut untuk mendapatkan penanganan pada kasus jantung, kanker, dan penyakit-penyakit yang memiliki kompleksitas tinggi.

"Terwujudnya kerja sama pelayanan kesehatan yang diberikan Siloam Hospitals Group, juga semakin memudahkan masyarakat Timor Leste untuk mendapatkan pelayanan kesehatan berkualitas internasional," tandas Caroline Riady.

Sementara itu, Wakil Menteri Kesehatan Urusan Pengembangan Kesehatan Strategis Timor Leste, Bonifacio Mau Coli dos Reis Lic SP, mengatakan, sebagai negara yang baru berkembang, Timor Leste sangat membutuhkan dukungan dan bantuan dari Indonesia, sebagai negara tetangga terdekat. Terlebih, Timor Leste sendiri masih mengalami keterbatasan dari segi fasilitas dan layanan kesehatan, mulai dari peralatan, infrastruktur, hingga tenaga dokter spesialis. Hingga saat ini, jumlah dokter spesialis yang dimiliki Timor Leste hanya 33 dokter dan dokter umum sebanyak 1.000 dokter. Sedangkan, jumlah masyarakat yang harus dilayani mencapai 1,3 juta orang.

"Kami sangat mengapresiasi Siloam Hospitals Group sebagai penyedia pelayanan kesehatan terbaik di Indonesia yang selama ini menunjukkan kesungguhan dan komitmen kuat dalam memberikan pelayanan terbaik terhadap warga Timor Leste, baik yang datang dari kota maupun pelosok. Setidaknya, dalam satu tahun ada lebih dari 200 pasien yang dirujuk ke Siloam Hospitals Group," kata Bonifacio.

Bussines Group Head Siloam Hospitals Group, Amelia Hendra, menambahkan, Siloam Hospitals Group dan Timor Leste telah merintis kerja sama ini sejak tahun 2014 dengan melibatkan beberapa rumah sakit di jaringan Siloam Hospitals Group seperti Siloam Hospitals Asri, Bali, Kebon Jeruk, Kupang, Lippo Village, Surabaya, dan MRCCC Siloam Hospitals Semanggi.

"Tercatat, peningkatan pasien sebesar 419 persen yang datang berobat ke Siloam Hospitals Group dengan berbagai kasus, dari tahun 2018 hingga pertengahan 2019. Peningkatan ini juga menunjukkan, ada kebutuhan pelayanan kesehatan di Timor Leste yang lebih spesialistik dan terpadu," kata Amelia.



Sumber: BeritaSatu.com