Pentingnya Menjaga Kesehatan Pencernaan Anak

Pentingnya Menjaga Kesehatan Pencernaan Anak
Nestle Lactogrow melakukan edukasi "Saluran Cerna Sehat untuk Dukung Anak Tumbuh Sehat & Bahagia" di Jakarta, belum lama ini. Edukasi ini menghadirkan Dr Ryan Carvalho, MD MBA (tengah), Associate Prof of Pediatrics, The Ohio State University College of Medicine yang memberikan informasi tentang probiotik. ( Foto: Istimewa )
Indah Handayani / JAS Senin, 9 September 2019 | 16:47 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Dr Ryan Carvalho, MD MBA, Associate Prof of Pediatrics, The Ohio State University College of Medicine mengatakan sangat penting bagi orang tua untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan anak.

Dengan memiliki saluran pencernaan yang sehat, maka penyerapan gizi dan kekebalan tubuh anak akan lebih baik, sehingga anak tidak mudah terkena penyakit. Tidak hanya itu, saluran pencernaan yang sehat berpengaruh terhadap mood dan perkembangan kemampuan kognitif anak.

Saluran pencernaan yang sehat dapat mencerna dan menyerap gizi makanan dengan baik, yang membantu anak tumbuh dan berkembang secara optimal. Selain itu, pencernaan yang sehat dapat mendukung kesehatan anak karena 80 persen dari sistem kekebalan tubuh terdapat dalam saluran pencernaan. Sistem pencernaan juga berhubungan dengan otak melalui saraf, endokrin dan antibodi (Brain-gut axis).

Untuk memastikan kesehatan saluran cerna, Ryan menjelaskan, sangatlah penting untuk memberikan asupan makanan yang beragam dan mengandung gizi seimbang. Tidak hanya itu, kebiasaan mengonsumsi makanan sehat harus ditanamkan sejak kecil. Hal ini bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan, misalnya melibatkan anak dalam memilih bahan makanan dan memasak makanan sehat di rumah.

Salah satu jenis pangan fungsional yang bermanfaat bagi kesehatan pencernaan adalah probiotik. Salah satu probiotik yang aman dan teruji secara klinis adalah Lactobacillus reuteri yang bermanfaat membantu dalam pencegahan diare dan konstipasi.

"Selain itu, Lactobacillus reuteri juga menghasilkan vitamin B12 yang dapat membantu mengoptimalkan perkembangan otak," papar Ryan dalam keterangan pers.

Ryan menambahkan probiotik tidak hanya berperan di dalam saluran cerna saja, tetapi juga berperan dalam tumbuh kembang bahkan kebahagiaan anak. Mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik dapat membantu peningkatan jumlah bakteri baik di dalam saluran cerna sehingga kesehatan saluran cerna lebih terjaga, membantu penyerapan gizi dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Pemberian probiotik kepada anak dapat dilakukan melalui makanan seperti tempe atau melalui susu. Susu merupakan salah satu sumber probiotik yang mudah didapat dan dapat dikonsumsi setiap hari oleh anak.

“Susu merupakan salah satu sumber gizi penting yang membantu melengkapi kebutuhan gizi harian anak seperti protein, kalsium dan vitamin D,” jelas Ryan.



Sumber: Investor Daily