SHPR Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis bagi Warga Sekitar

SHPR Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis bagi Warga Sekitar
Siloam Hospitals Palangka Raya (SHPR) menggelar bakti sosial pengobatan gratis bagi warga sekitar rumah sakit. ( Foto: Beritasatu Photo / Dok. Siloam Hospitals Palangka Raya )
Hendro D Situmorang / FER Senin, 7 Oktober 2019 | 16:10 WIB

Palangka Raya, Beritasatu.com - Aksi sosial yang digelar Siloam Hospitals Palangka Raya (SHPR) dalam rangka menyambut HUT ke -1, pada hari ini 6 Oktober 2019 merupakan kali pertama diadakan sejak resmi dibuka pada 19 Desember lalu.

Baca Juga: SHKJ Siapkan Perawatan Intensif Bayi dengan Kondisi Khusus

Direktur Medis RS Siloam Palangka Raya sekaligus ketua pelaksana acara, dr Kevin mengatakan, aksi sosial yang digelar memberikan pengobatan dan konsultasi gratis bagi sekitar 200 warga yang berada di sekitar rumah sakit. Langkah ini bertujuan memberikan kepedulian serta kesadaran akan hidup sehat agar dapat meningkatkan pola hidup sehat di masyarakat.

"Kegiatan ini mendapat sambutan baik dari warga sekitar di kelurahan Langkai Kecamatan Pahandut yang ingin berobat mulai dari balita hingga warga usia lanjut. Kami sebagai pihak SHPR pun menyiapkan sebanyak 10 tenaga medis," ucap dr Kevin dalam keterangannya yang diterima Beritasatu.com, Senin (7/10/2019).

Siloam Hospitals

Baca Juga: Pola Hidup Sehat Turunkan Risiko Penyakit Jantung

Menurut dr Kelvin, sebagian warga mengeluhkan gangguan pernapasan, diabetes dan darah tinggi. Seperti dikeluhkan oleh Sunarso (71 tahun) yang aktifitasnya berjualan nasi, merasakan sesak napas dan batuk berimbas muntah.

"Saya sering muntah karena batuk dan gara-gara sesak napas juga. Kemarin di ajak Pak RT datang ke Baksos, makanya saya datang mau minta obat," jelas dia.

Ketua RT04 RW013 setempat, Heru Setiawan menghimbau kepada warganya agar dapat menjaga kesehatan dengan rutin memeriksakan diri ke puskesmas atau rumah sakit terdekat.

"Harapan saya agar kegiatan ini dapat berlanjut minimal 6 bulan sekali agar warga terhindar dari berbagai penyakit yang kemungkinan terjadi," jelasnya menerangkan.

Ucapan terima kasih juga disampaikan oleh Heru atas kegiatan yang dilakukan pihak Siloam, selain pengobatan gratis juga dilakukan pemberian sejumlah mesin air untuk warga beberapa waktu yang lalu. "Bagi kami selaku warga sangat bermanfaat dan membantu sekali," ujarnya.

Lebih lanjut, dr Kevin menjelaskan, dari hasil pemeriksaan yang dilakukan banyak ditemui warga yang mengalami kejang di bagian otot dan sendi. Hal ini disebabkan karena mayoritas pekerja lapangan, juga gangguan pernapasan (ISPA) khususnya anak anak dengan banyaknya pemberian obat untuk batuk dan pilek. "Kedepannya, kami berharap dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat sekitar," pungkasnya.



Sumber: Suara Pembaruan