Orang Tua Milenial Mulai Terapkan Pola Asuh Organik

Orang Tua Milenial Mulai Terapkan Pola Asuh Organik
Gaya hidup organik saat ini menjadi pilihan gaya hidup yang banyak digemari orang tua milenial, termasuk diantaranya adalah dengan menerapkan pola asuh organik dan memberikan pilihan nutrisi alami bagi keluarga, khususnya si kecil, sedini mungkin. ( Foto: Beritasatu Photo / Indah Handayani )
Indah Handayani / FER Senin, 2 Desember 2019 | 20:05 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Gaya hidup organik saat ini menjadi pilihan yang banyak digemari orang tua milenial, termasuk diantaranya adalah dengan menerapkan pola asuh organik dan memberikan pilihan nutrisi alami bagi keluarga sedini mungkin.

Denmark sebagai negara dengan jumlah konsumen organik terbesar di dunia, memberikan contoh yang baik dalam menerapkan konsumsi dan gaya hidup, khususnya pola asuh organik dalam masyarakat.

Puteri Mahkota Denmark, Her Royal Highness Crown Princess Mary of Denmark, mengatakan, selama 13 tahun terakhir negaranya mengalami peningkatan angka obesitas mencapai tiga kali lipat. Hal itu disebabkan kebanyakan kalori dan kurangnya beraktifitas fisik.

"Untuk menurunkan angka tersebut, kami mengkampanyekan beraktifitas fisik secara aktif dan makanan sehat, termasuk kepada anak-anak," ungkapnya di sela diskusi Arla Foods 'Menginspirasi Ibu Muda Indonesia Mulai Gaya Hidup Organik' di Jakarta, Senin (2/12/2019).

Executive Vice President Aria Foods, Tim Orting Jargensen, mengatakan banyak yang dapat dipelajari dari Denmark dalam hal menjalani kehidupan organik. Terinspirasi dari gaya hidup Denmark dan diilhami oleh nilai-nilai hidup Skandinavia, Aria Foods memperkenalkan konsep pola asuh organik yang bertujuan untuk membentuk kebiasaan yang baik dan sehat sejak dini.

"Termasuk diantaranya adalah dengan memperkenalkan, membantu menciptakan dan menjaga keseimbangan pola makan, pola belajar, pola bergerak, dan pola berinteraksi di dalam dan luar ruang dalam kehidupan anak,” jelas Jorgensen.

Lebih lanjut, Jorgansen menambahkan, pengenalan konsep pola asuh organik ini sejalan dengan komitmen Arla Foods, sebagai penghasil susu organik terbesar di dunia, untuk menghadirkan inspirasi kesehatan dan nutrisi susu alami dan organik yang inovatif, sehat, bergizi, berkualitas tinggi, aman dan ramah lingkungan, serta kebiasaan makan yang baik bagi keluarga di Indonesia.

Psikiater Prof Tjhin Wiguna SpKJ mengatakan, dalam menghadapi tantangan pola asuh di era milenium ini, khususnya keterikatan anak dengan gawai yang bisa menjadi pisau bermata dua, orang tua milenial dituntut untuk dapat memilih pola asuh yang dirasa tepat dengan karakteristik keluarga.

"Pola asuh organik bisa menjadi pilihan cara mendidik anak sebagai fondasi dalam tumbuh kembang anak sejak dini, karena fokus pada membangun relasi atau kedekatan, baik fisik maupun emosi antara orang tua dan anak. Kedekatan dengan anak merupakan cara ideal untuk meningkatkan rasa aman, mandiri, dan rasa empati anak," jelas Prof Tjihin.

Selain itu, tambah dia, pola asuh organik yang berfokus mengajak anak melakukan lebih banyak kegiatan fiSlk di luar ruang bersama orang tua, juga dapat merangsang dan mengembangkan sistem sensori anak secara matang. Kematangan sensori anak merupakan hal yang fundamental bagi perkembangan otak, baik secara fisikmotorik, kecerdasan berpikir, dan juga sosial-emosional anak.

Managing Director PT Aria Indofood, Ciptadi Sukono, menambahkan dengan menerapkan pola asuh organik, orang tua juga diharapkan untuk memberikan dukungan nutrisi terbaik bagi anak, terutama di seribu hari pertama tumbuh kembangnya. Nutrisi susu organik adalah salah satu pilihan yang dapat diberikan untuk si kecil.

"Kami yakin dengan paduan pola asuh dan pemberian nutrisi organik sejak dini, keluarga milenial Indonesia akan dapat mewujudkan generasi organik lndonesia yang sehat dan kuat,” tutup Ciptadi.



Sumber: Investor Daily