WHO: Setiap Tahun, 6 Juta Orang Tewas Akibat Rokok

 WHO: Setiap Tahun, 6 Juta Orang Tewas Akibat Rokok
Ilustrasi bungkus rokok. ( Foto: Mirror )
Feriawan Hidayat / FER Jumat, 12 Juli 2013 | 04:16 WIB

Meskipun kampanye akan bahaya rokok bagi kesehatan masyarakat semakin gencar dilakukan oleh berbagai kalangan, rokok ternyata tetap menjadi penyebab utama meningkatnya jumlah kematian di seluruh dunia.

Beradasrkan data terbaru yang dirilis oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), rokok menewaskan hampir enam juta orang setiap tahun. Mirisnya, kebanyakan korban (80%) berasal dari masyarakat berpenghasilan rendah di negara-negara dnegan kategori berkembang.

Jika kecenderungan ini terus terjadi, kata pihak WHO dalam sebuah konvensi kesehatan di Panama, jumlah kematian yang disebabkan oleh rokok diperkirakan bakal terus mengalami kenaikan hingga delapan juta orang setiap tahunnya, pada tahun 2030 yang akan datang.

"Jika kita tidak merapatkan barisan dan tidak menerapkan larangan terhadap iklan tembakau, promosi dan sponsorship, kalangan remaja akan terus terpikat untuk mengonsumsi tembakau," jelas Dr Margaret Chan, Direktur Jenderal WHO.

"Setiap negara memiliki tanggung jawab untuk melindungi populasi dan masyarakatnya dari penyakit terkait tembakau," tambah dia.

Menurut data terbaru WHO, penggunaan tembakau diyakini telah menyebabkan kematian dari 100 juta orang di abad ke-20.

Sumber: AFP, Asiaone