Musik Kencang Bikin Alkohol Terasa Manis

Musik Kencang Bikin Alkohol Terasa Manis
Ilustrasi sekelompok lelaki minum minuman beralkohol. ( Foto: freedigitalphotos/Nicholas Tarling )
/ WEB Kamis, 15 Desember 2011 | 16:08 WIB
Suara musik kencang bikin alkohol terasa lebih manis karena membuat si peminum sulit untuk benar-benar memilah rasa minuman beralkohol yang ia konsumsi.

Persepsi alkohol terasa manis secara signifikan meningkat saat peserta dari penelitian mendengarkan lagu dengan suara sangat kencang.

Ini adalah hasil penelitian terhadap 80 responden, terdiri dari 69 perempuan, dan 11 lelaki berusia antara 18-28 tahun, yang diminta merating rasa beragam minuman beralkohol dari segi kekuatan alkohol, manis, dan pahit.

Alasannya, menurut peneliti dari University of Portsmouth, Inggris, saat minum alkohol di ruangan bermusik kencang, otak menjadi sulit untuk memilah stimulan yang sedang ia alami; musik kencang atau rasa dari alkohol.

Menurut surat kabar Daily Mail, penelitian ini masuk dalam ranah studi yang sedang berkembang dan menarik untuk dieksplorasi, yakni mengenai persepsi multi sensor.

Hal ini menjadi penting untuk diketahui oleh mereka yang sedang berencana menurunkan jumlah asupan minuman beralkohol atau sedang menghindar dari kondisi mabuk.
Sumber: Daily Mail