18 Rumah Sakit di Indonesia Sudah Berakreditasi Internasional

18 Rumah Sakit di Indonesia Sudah Berakreditasi Internasional
Menteri Kesehatan, Nafsiah Mboi dan Wakil Menteri Kesehatan, Ali Ghufron Mukti bersama perwakilan rumah sakit meraih Sertifikat Akreditasi Internasional dari Joint Commission International (JCI). ( Foto: Herman )
Herman / FAB Kamis, 16 Oktober 2014 | 17:58 WIB

Jakarta - Menteri Kesehatan RI, Nafsiah Mboi baru saja menyerahkan Sertifikat Akreditasi Internasional dari Joint Commission International (JCI) kepada RSUP Dr Sardjito, Yogyakarta dan empat RS Awal Bros di Bekasi, Tangerang, Pekanbaru, dan Batam. Dengan sertifikat ini, maka total sudah ada 18 RS di Indonesia yang berakreditasi internasional.

“Saya bangga sekali, karena semakin banyak rumah sakit di Indonesia yang mendapat Sertifikat Akreditasi Internasional dari JCI, khususnya RS Dr Sardjito karena menjadi rumah sakit akademik pertama yang mendapatkan sertifikat ini,” ujar Nafsiah Mboi di Gedung Kementerian Kesehatan RI di Jakarta, Kamis (16/10).

Karena itu, menurutnya tidak ada alasan lagi bagi masyarakat Indonesia untuk meragukan kualitas rumah sakit di Indonesia, sebab standarnya sudah sama dengan rumah sakit di luar negeri.

“Rumah sakit kita juga berkualitas kok, tidak kalah dengan luar negeri. Jadi tidak perlulah berobat ke luar negeri, karena sudah ada 18 rumah sakit yang mendapatkan Sertifikat Akreditasi Internasional. Kalau memang sudah terbiasa dan dokternya ada di sana (luar negeri), ya silahkan saja. Tapi kalau baru pikir-pikir mau berobat ke luar negeri, mengapa tidak di sini saja,” ujar Menkes.

Ia juga berharap agar seluruh rumah sakit tipe A dan B di daerah bisa menyusul ke-18 rumah sakit tersebut, sehingga kualitas rumah sakit yang ada bisa sejajar dengan rumah sakit di luar negeri.

“Saya harapkan seluruh rumah sakit tipe A dan B juga bisa bertaraf internasional. Kalau untuk tipe C, paling tidak sudah KARS atau akreditasi nasional,” harap Menkes.

Selain ke-5 rumah sakit tersebut, rumah sakit lainnya yang sudah terlebih dahulu mendapatkan Sertifikat JCI adalah Eka Hospital Tangerang, RS Premier Bintaro, RS Premier Jatinegara, RS Premier Surabaya, RSUP Sanglah, RSUPN Dr Cipto Mangunkusumo, Rumah Sakit Pondok Indah-Puri Indah, Santosa Hospital Bandung, Siloam Hospitals Lippo Village, RSU Fatmawati Jakarta, JEC Kedoya, Eka Hospital Pekan Baru, dan RSPAD Gatot Subroto.