Kecanduan Alkohol Bisa Mengakibatkan Gangguan Jiwa

 Kecanduan Alkohol Bisa Mengakibatkan Gangguan Jiwa
Ilustrasi minum alkohol. ( Foto: Yahoo News )
Herman / FER Kamis, 11 Desember 2014 | 20:07 WIB

Jakarta - Seperti halnya narkoba, penggunaan alkohol yang berlebihan dan terus menerus juga bisa mengakibatkan kecanduan. Dalam kondisi ini, seseorang mengalami kesulitan dalam mengendalikan penggunakan alkohol dan akan terus menggunakannya walaupun merugikan.

"Penggunaan alkohol yang cukup banyak dapat menekan beberapa fungsi tubuh dan pada kasus yang sangat berat dapat mengakibatkan kematian," kata Direktur Bina Kesehatan Jiwa Kementerian Kesehatan, Eka Viora di Jakarta, Kamis (11/12).

Tidak hanya mengganggu kesehatan fisik, pecandu alkohol juga bisa mengalami gangguan kejiwaan. Pakar kesehatan jiwa, Danardi Sosrosumihardjo mengatakan, orang yang sudah kecanduan alkohol pola pikirnya akan terganggu. Tidak lagi takut bahaya, apalagi aturan.

"Orang yang sudah kecanduan alkohol kesehatan jiwanya akan terganggu. Yang terburuknya bisa mengalami skizofrenia, atau kita menyebutnya psiko-organik," kata Danardi.

Penanganan orang yang sudah kecanduan alkohol, kata dia, sebetulnya tidak berbeda dengan pecandu narkoba. Mereka perlu direhabilitasi agar bisa lepas dari keinginan untuk selalu mengonsumsi alkohol.

"Untuk yang sudah kecanduan, yang harus diterapi terlebih dahulu adalah pola pikirnya. Mereka harus kembali disadarkan kalau alkohol itu bisa membuatnya sakit, bahkan sampai meninggal. Kalau pola pikirnya sudah berhasil diluruskan, pengobatannya akan lebih mudah," jelas Danardi.