Hari Kanker Sedunia

Menkes Canangkan Komitmen Penanggulangan Kanker

Menkes Canangkan Komitmen Penanggulangan Kanker
Menteri Kesehatan Nila Moeloek memberi keterangan kepada awak media di acara pencanangan "Komitmen Penanggulangan Kanker di Indonesia" di kantor Kemkes, Jakarta, Rabu (4/2). ( Foto: BeritaSatu.com/Herman )
Herman Rabu, 4 Februari 2015 | 09:23 WIB

Jakarta - Bertepatan dengan Hari Kanker Sedunia yang diperingati setiap 4 Februari, Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Moeloek mencanangkan "Komitmen Penanggulangan Kanker di Indonesia" di kantor Kementerian Kesehatan (Kemkes), Jakarta, Rabu (4/2).

Nila mengatakan, isi "Komitmen Penanggulangan Kanker di Indonesia" tersebut antara lain menjadikan kanker sebagai salah satu prioritas masalah kesehatan nasional, bekerja sama dalam penanggulangan masalah kanker, meningkatkan kewaspadaan masyarakat tentang kanker.

Selain itu, pola hidup sehat sebagai upaya pencegahan, mencanangkan dan mengimplementasikan program kerja secara paripurna dan berkesinambungan, serta mendorong terbentuknya regulasi publik yang mendukung "hidup sehat hindari kanker".

"Saya mengimbau kepada seluruh jajaran kesehatan, masyarakat dan stakeholders lainnya untuk mendukung penguatan komitmen ini," kata Nila usai acara pencanangan komitmen tersebut.

Perhatian khusus yang diharapkan Nila seperti peningkatan upaya promotif dan preventif, pengembangan upaya deteksi dini, mengobati kanker sesuai standar, meningkatkan kualitas hidup pasien melalui upaya paliatif dan efektif, serta dukungan semua elemen masyarakat dalam mengendalikan kanker secara komprehensif dan berkesinambungan.

Acara penandatanganan "Komitmen Penanggulangan Kanker di Indonesia" ini dilakukan bersama-sama dengan Ketua Komite Penanggulangan Kanker Nasional (KPKN) Soehartati, dan wakil dari Yayasan Kanker Indonesia (YKI).

Pada waktu bersamaan juga diluncurkan website kanker.kemkes.go.id yang berisi data-data kanker di Indonesia.