Logo BeritaSatu

Gejala Kanker yang Menyerang Organ Reproduksi Perempuan

Rabu, 2 September 2015 | 09:31 WIB
Oleh : Mutia Nugraheni / MUT

Kemajuan teknologi pengobatan sangat pesat. Penyakit kanker yang dulu dianggap "harga mati" kini bisa disembuhkan, tapi dengan syarat terdeteksi masih di stadium awal atau masih prakanker. Sebagai perempuan, Anda wajib tahu kanker apa saja yang bisa muncul di organ intim

Menjaga kesehatan organ intim adalah hal wajib. Jika Anda merasa nyeri atau ada yang berbeda dari biasanya segera periksakan diri ke dokter. Jangan mengabaikan gejala, karena pencegahan selalu jauh lebih baik dibanding pengobatan. Berikut sederet gejala yang mungkin muncul jika kanker menyerang organ kewanitaan.

Advertisement

1. Kanker Rahim
Kanker rahim jika masih di stadium awal sangat mungkin untuk disembuhkan. Hal terpenting adalah segera lakukan pemeriksaan jika terdapat pendarahan di vagina setelah menopause atau saat tidak haid. Jangan tunda memeriksakan diri ke dokter kandungan lagi jika terjadi pendarahan hebat di vagina. Ada beberapa orang yang memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker rahim, yaitu perempuan di atas 50 tahun, obesitas atau memiliki indeks massa tubuh di atas 25, atau memiliki penyakit diabetes.

2. Kanker Ovarium
Kanker ovarium merupakan sel kanker yang menyerang sel telur. Seperti juga kanker rahim, kanker ovarium ini cenderung mudah disembuhkan jika masih belum banyak menyebar. Gejala kanker ovarium yang harus Anda ketahui antara lain, nyeri di area perut dan vagina, sering merasa kembung, sulit untuk makan dan kenyang secara cepat, buang air kecil lebih banyak dari biasanya. Waspadalah jika gejala tersebut terjadi lebih dari 12 kali tiap bulan. Segera lakukan pemeriksaan menyeluruh.

3. Kanker Serviks
Kanker serviks atau kanker leher rahim ini disebabkan oleh Human Papiloma Virus (HPV). Kanker menyerang area leher rahim dan bisa terjadi pada perempuan di usia muda. Pemeriksaan pap smear bisa mendeteksi jenis kanker ini, untuk itu tiap tahunnya perempuan dianjurkan melakukan pemeriksaan tersebut. Gejala yang muncul jika seseorang terkena kanker ini antara lain terjadi pendarahan setelah berhubungan seksual atau munculnya flek atau darah secara terus menerus. Melakukan vaksin HPV juga sangat dianjurkan untuk mencegah kanker ini.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Daily Mail

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pelaku Kuras Rp 1,1 Miliar dari Korban Mutilasi di Bekasi

M Ecky Listhianto (MEL), pelaku mutilasi di Bekasi, menguras uang korban Angela Hindriati Wahyuningsih (AHW) sebesar Rp 1,1 miliar.

NEWS | 6 Februari 2023

Gempa Dahsyat di Turki Tewaskan 10 Orang, Guncangan Hancurkan Bangunan di Suriah

Gempa dahsyat dengan kekuatan 7,9 skala Richter melanda Turki selatan dan guncangannya dirasakan di Suriah yang sampai menghancurkan sebuah bangunan.

NEWS | 6 Februari 2023

Jokowi Ucapkan Terima Kasih kepada Prabowo dan Gerindra atas Dukungan untuk Pemerintahan

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberikan ucapkan selamat kepada Partai Gerindra yang merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-15.

NEWS | 6 Februari 2023

Polda Metro Jaya Ungkap Fakta-fakta Baru Mutilasi di Bekasi

Polda Metro Jaya membeberkan fakta-fakta baru terkait kasus pembunuhan disertai mutilasi di Bekasi yang dilakukan Ecky terhadap Angela Hindriati.

NEWS | 6 Februari 2023

Sandiaga Uno Dampingi Prabowo di Acara HUT Partai Gerindra ke-15

Sandiaga Uno mendampingi Ketum Gerindra Prabowo Subianto pada acara perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-15 Partai Gerindra

NEWS | 6 Februari 2023

Balon Mata-mata Muncul di Wilayah Udara Kolombia

Militer Kolombia melihat objek balon mata-mata di wilayah udaranya, hanya sehari setelah jet tempur AS menembak benda terbang dari Tiongkok tersebut.

NEWS | 6 Februari 2023

1.623 Personel Gabungan Dikerahkan Amankan Aksi Demo Buruh di Depan Gedung DPR RI

Sebanyak 1.623 personel gabungan dikerahkan untuk mengamankan aksi demo buruh yang digelar di depan Gedung DPR RI, Jakarta Pusat.

NEWS | 6 Februari 2023

Percintaan Menjadi Motif Pelaku Mutilasi di Bekasi

Mutilasi di Bekasi. Latar belakang percintaan menjadi motif tersangka M Ecky membunuh disertai mutilasi terhadap korban Angela Hindriati.

NEWS | 6 Februari 2023

Waspada, Kasus Baru Gangguan Ginjal Akut Anak Kembali Ditemukan

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mendapatkan laporan kasus baru gangguan ginjal akut progresif atipikal (GGAPA),

NEWS | 6 Februari 2023

Pendapatan Pengemis Saat Cap Go Meh Lebih Kecil dari Imlek

Pengemis di Tangerang mengaku pendapatannya saat Cap Go Meh lebih sedikit dibanding tahun baru Imlek 2 minggu lalu.

NEWS | 6 Februari 2023


TAG POPULER

# Pelecehan Anak


# Liga Spanyol


# Hasya Athallah


# Bripka Madih


# Pemilu 2024


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pelaku Kuras Rp 1,1 Miliar dari Korban Mutilasi di Bekasi

Pelaku Kuras Rp 1,1 Miliar dari Korban Mutilasi di Bekasi

NEWS | 5 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE