Dokter: Penuaan Bisa Dilawan dengan 10B

Dokter: Penuaan Bisa Dilawan dengan 10B
Ilustrasi Pria Tua ( Foto: Istimewa )
Carla Isati Octama / FAB Sabtu, 26 September 2015 | 14:59 WIB

Jakarta - Proses penuaan terjadi pada setiap manusia.

Menurut pendiri Stem Cell and Cancer Institute (SCI), dr. Boenjamin Setiawan, tanda-tanda proses penuaan adalah 5B, yaitu budeg atau tuli, lalu blur atau mata kurang melihat, kemudian sering beser atau setiap malam bangun untuk buang air lebih dari tiga kali.

"Mulai bingung atau lupa sehingga menjadi demensia, dan pada akhirnya akan berangkat ke surga," ujar Founder dan Senior Advisor PT Kalbe Farma Tbk ini, saat ditemui di seminar di kantor Kalbe Farma, Jakarta, Sabtu (26/9).

Namun, Boenjamin mengatakan, 5B ini dapat diantisipasi dengan 10B, yakni dengan banyak makan sayur, buah-buahan, serta ikan. Selain itu, bekerja terus, belajar terus, karena akan memperbaiki otak, dan berolahraga teratur.

"Jangan lupa untuk beristirahat secukupnya, bersosialisasi dengan teman-teman, terus bersyukur dan jangan menggerutu," lanjutnya.

Dokter yang baru saja berulang tahun ke-82 ini juga menyarankan untuk bertobat dan beribadah secara teratur, berbagi dengan masyarakat luas, serta yang terakhir, bergembira dan banyak tertawa untuk menghilangkan stres.