Osteoporosis Tak Terjadi di Lutut

Osteoporosis Tak Terjadi di Lutut
Ilustrasi Osteoporosis ( Foto: livtherapy.eu )
Carla Isati Octama / FER Sabtu, 26 September 2015 | 15:57 WIB

Jakarta - Masih banyak orang yang menganggap jika lututnya nyeri maka itu adalah tanda osteoporosis. Padahal, osteoporosis tidak terjadi di lutut.

"Beda antara osteoporis dan osteoarthritis. Osteoporosis itu massa tulangnya yang berkurang, sedangkan osteoarthritis tulang rawannya berkurang sehingga tulang rawan jadi sakit dan lemah," ujar dokter spesialis bedah ortopedik dari FKUI, dr. Andri Lubis, saat ditemui di seminar awam Manfaat Stem Cell Untuk Memperlambat Proses Penuaan dan Pengobatan Nyeri Lutut di Jakarta, Sabtu (26/9).

Menurut dr. Andri, tidak ada osteoporosis di lutut. Osteoporosis terjadi di leher tulang paha, ujung tulang radius, dan tulang belakang. Yang dirasakan apabila lutut nyeri merupakan osteoarthritis.

"Osteoarthritis ada yang terjadi karena sudah berusia tua, umumnya mereka yang terkena 55 tahun ke atas, biasanya terjadi nyeri di lututnya, yang lebih berat bisa saja lututnya menjadi berbentuk huruf o atau x," lanjut dr. Andri.

Osteoarthritis juga dapat menyerang orang yang berusia di bawah 55 tahun. Biasanya disebabkan oleh cedera olahraga ataupun kecelakaan.