Berbagai Manfaat "Stem Cell"

Berbagai Manfaat
Ilustrasi stem cell. ( Foto: Ist / Ist )
Carla Isati Octama Sabtu, 26 September 2015 | 18:30 WIB

Jakarta - Menurut pendiri Stem Cell and Cancer Institute (SCI), dr. Boenjamin Setiawan, stem cell atau sel punca memiliki manfaat yang sangat besar.

"Terutama untuk penyakit-penyakit degeneratif, seperti penyakit jantung dan degeneratif otak terutama demensia. Penyakit degeneratif tidak ada obatnya sampai sekarang. Kalau bisa memanfaatkan stem cell untuk penyakit degeneratif, manfaatnya akan banyak," ujar dr. Boen, saat ditemui di seminar awam Manfaat Stem Cell Untuk Memperlambat Proses Penuaan dan Pengobatan Nyeri Lutut di Jakarta, Sabtu (26/9).

Menurut dokter spesialis bedah ortopedik dari FKUI, dr. Andri Lubis, stem cell memiliki kemampuan untuk menjadi sel apa saja tergantung diletakkan dimana pada dalam tubuh.

Ia melanjutkan, di Indonesia saat ini sudah bisa untuk melakukan terapi stem cell. Terapi stem cell bisa dilakukan untuk kerusakan pada tulang rawan, tulang yang tidak menyambung atau non union, juga untuk penyakit jantung.

"Bisa juga untuk penyakit lainnya yang saat ini sedang tahap penelitian seperti untuk diabetes dan juga untuk indikasi penyakit saraf," tutup dr. Andri.