Logo BeritaSatu

Kendalikan Kolestrol Jahat untuk Cegah Serangan Stroke

Rabu, 2 Maret 2016 | 09:07 WIB
Oleh : Dina Manafe / FER

Jakarta - Belum banyak orang menyadari, kolesterol jahat yang dikenal dengan nama Low Density Lipoprotein (LDL) tinggi ternyata merupakan risiko utama penyebab stroke. Namun, LDL ini juga bisa dikendalikan hanya dengan mengubah pola hidup tidak sehat menjadi sehat.

Spesialis saraf sekaligus Direktur Utama Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (RS PON), dr Mursyid Bustami, mengatakan, pengendalian kadar kolesterol LDL dapat dicapai dengan perubahan gaya hidup dan terapi obat-obatan. Perubahan pola hidup sehat yang dianjurkan meliputi penurunan berat badan, banyak makan serat, konsumsi buah dan sayuran yang cukup. Berhenti merokok, olah raga teratur, hindari stres dan membatasi konsumsi lemak berlebih.

Advertisement

"Pengendalian faktor risiko stroke perlu sekali diperhatikan dengan sungguh-sungguh. Karena jika sudah terkena stroke, akan membutuhkan biaya perawatan dan pengobatan mahal, waktu pemulihan lama, dan bahkan cacat seumur hidup," kata Mursyid pada acara Pfizer Pres Circle Kolesterol, Stroke, dan Statin: Teman atau Lawan di Jakarta, Selasa (1/3).

Mursyid menambahkan, melalui tindakan pengendalian yang baik, beban ekonomi akibat stroke, dapat dihindarkan. Seperti diketahui, stroke menjadi salah satu penyakit yang menyerap porsi terbesar dana program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola BPJS Kesehatan.

"Jangan tunggu sampai terjadi serangan stroke, lebih baik melakukan deteksi dini akan faktor risiko untuk menghindarinya. Memeriksakan diri ke dokter untuk mendeteksi ada tidaknya faktor risiko stroke, sehingga bisa dikendalikan," tambah Mursyid.

Data Riskesdas menunjukkan, stroke merupakan penyebab kematian dan kecacatan utama di hampir semua rumah sakit di Indonesia. Sumber yang sama menunjukkan terjadi peningkatan prevalensi stroke di Indonesia, yaitu dari 8,3 per 1000 penduduk (per mil) pada 2007 menjadi 12,1 per 1000 penduduk pada 2013.

"Kejadian stroke terus meningkat karena masyarakat kerap mengabaikan pentingnya mengendalikan faktor risiko penyakit ini," kata Mursyid.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Suara Pembaruan

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

PKB Undang Para Ulama, Ketua MUI : Tak Hanya Bicara Soal Isu Agama Tapi Dunia

Ketua Majelis Ulama (MUI) Pusat, M Cholil Nafis mengatakan pertemuannya dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tak hanya bahas soal isu sektoral keagamaan

NEWS | 2 Februari 2023

Ibu Bharada E Terharu Nama Anaknya Menggema di Ruang Sidang

Ibu Bharada E, Rynecke Alma Pudihang menangis terharu karena banyak pendukung Bharada E yang meneriakan nama anaknya dalam ruang sidang.

NEWS | 2 Februari 2023

Penangkapan Anggota Geng Meningkat, El Salvador Buka Penjara Baru Kapasitas 40.000 Orang

Pihak berwenang di El Salvador telah membuka salah satu penjara baru terbesar di Amerika Latin, lebih dari dua kali lipat kapasitas penahanan negara itu.

NEWS | 2 Februari 2023

Didakwa Jual Sabu Hasil Sitaan, Teddy Minahasa Langsung Melawan

Teddy Minahasa melalui kuasa hukumnya langsung mengajukan eksepsi atau nota keberatan karena didakwa telah menjual sabu hasil sitaan. 

NEWS | 2 Februari 2023

Mohon Replik Digugurkan, Pihak Bharada E Ingatkan Pesan Eks Jaksa Agung

Pihak Bharada E atau Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu memohon agar majelis hakim menggugurkan replik jaksa penuntut umum.

NEWS | 2 Februari 2023

Timbun Solar dari Berbagai SPBU, Warga Batam Dibekuk Polisi di Rembang

Polisi menangkap warga Batam bernama Jahudi di Rembang karena menimbun bahan bakar minyak bersubsidi jenis solar dari berbagai SPBU. 

NEWS | 2 Februari 2023

Kuasa Hukum Bantah Eliezer Tembak Yosua karena Loyalitas ke Ferdy Sambo

Kuasa hukum Richard Eliezer atau Bharada E membantah tudingan jaksa yang menyebut Eliezer menembak Yosua atau Bharada E karena loyalitas kepada Ferdy Sambo.

NEWS | 2 Februari 2023

Hujan Deras, Terjadi Longsor di Jalur Wisata Kawasan Pacet dan Trawas Mojokerto

Hujan deras yang melanda Mojokerto, Jawa Timur, pada Rabu (1/2/23) sore kemarin, menyebabkan terjadinya sejumlah tanah longsor.

NEWS | 2 Februari 2023

Bank Jago Syariah Luncurkan Produk Deposito Berbasis Aplikasi

PT Bank Jago Tbk melalui unit usaha syariah (Jago Syariah) meluncurkan produk Deposito Jago Syariah dengan menggunakan akad mudharabah muthlaqah.

NEWS | 2 Februari 2023

Soal Peluang Richard Eliezer Bebas, sang Ibu: Kalau Tuhan Berkenan

Rynecke Alma Pudihang, ibu Richard Eliezer atau Bharada E, angkat bicara soal peluang anaknya divonis bebas dalam kasus pembunuhan Brigadir J atau Yosua. 

NEWS | 2 Februari 2023


TAG POPULER

# Harga Bawang


# Koalisi Indonesia Bersatu


# Bunda Corla


# Serial Killer


# Penculikan Anak


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ibu Bharada E Terharu Nama Anaknya Menggema di Ruang Sidang

Ibu Bharada E Terharu Nama Anaknya Menggema di Ruang Sidang

NEWS | 24 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE