BPJS Kesehatan Buka Pendaftaran di Seluruh Mal Lippo

BPJS Kesehatan Buka Pendaftaran di Seluruh Mal Lippo
Pendiri Lippo Group Mochtar Riady (ketiga dari kiri) bersama dengan Direktur Kepesertaan dan Pemasaran BPJS Kesehatan, Andayani Budi Lestari (kedua dari kanan) saat acara penandatanganan kerjasama pendaftaran JKN-KIS antara BPJS Kesehatan dengan Lippo Group, Karawaci, 25 Maret 2017. ( Foto: BeritaSatu Photo/Emral )
Dina Manafe / PCN Minggu, 26 Maret 2017 | 07:44 WIB

Jakarta- Dalam rangka memperluas cakupan kepesertaan program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan bekerja sama dengan mal-mal di bawah Lippo Group. BPJS Kesehatan akan membuka layanan pendaftaran di 47 Lippo Mall di seluruh Indonesia.

Penandatanganan kerja sama kedua pihak tersebut dilakukan oleh Direktur Kepesertaan dan Pemasaran BPJS Kesehatan Andayani Budi Lestari dan Presiden Direktur PT Lippo Karawaci Tbk Ketut Budi Wijaya, disaksikan oleh pendiri dan pemilik PT Lippo Karawaci Tbk Mochtar Riady di Maxx Box Lippo Village, Sabtu (25/3). Turut hadir Ketua Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN) Sigit Priohutomo, Kepala Grup Pemasaran BPJS Kesehatan Siswandi dan jajarannya serta petinggi PT Lippo Karawaci Tbk.

Dalam sambutannya, Andayani Budi Lestari mengatakan, ini adalah kali pertama BPJS Kesehatan bekerja sama dengan pihak swasta untuk memperluas cakupan kepesertaan. Sejak 1 Maret 2017 lalu, layanan pendaftaran ini sudah mulai beroperasi di empat Point of Service (POS) area publik, yaitu MaxxBox Lippo Village area Karawaci Tangerang, Lippo Mall Kemang Jakarta Selatan, Lippo Mall Puri Jakarta Barat, dan Mal Lippo Cikarang. Per 1 April rencananya layanan pendaftaran diperluas ke semua mal Lippo yang tersebar di berbagai daerah.

“Kami apresiasi komitmen PT Lippo Karawaci Tbk dalam mendukung dan menyukseskan keberlangsungan program JKN-KIS dengan memberikan kemudahan akses pendaftaran khusus untuk calon peserta segmen PBPU atau peserta mandiri,” kata Andayani.

Andayani mengatakan, kerja sama dengan PT Lippo Karawaci Tbk ini adalah salah satu strategi dan terobosan untuk mempercepat rekruitmen peserta baru. Bagi mereka yang memiliki keterbatasan waktu dan menginginkan kemudahan proses pendaftaran kini dimudahkan dengan dibukanya konter pendaftaran di mal-mal Lippo.

Kerja sama ini juga bagian dari upaya BPJS Kesehatan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan calon peserta untuk mendaftar di tempat yang nyaman dan tidak perlu mengantri di kantor BPJS Kesehatan.

Masyarakat yang berada di lingkungan pengembang dengan konsep One Stop Living City ini tentu adalah masyarakat kelas atas yang juga menjadi target kepesertaan JKN-KIS, di mana sebagian besar merupakan peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau peserta mandiri. Bagi kalangan ini tentu kemudahan akses akan menjadi satu nilai tambah. Diharapkan dibukanya konter layanan pendaftaran di mal-mal Lippo ini akan meningkatkan jumlah peserta JKN-KIS yang saat ini sudah mencapai 175,7 juta orang.

“Pendaftaran peserta JKN-KIS kini jadi sangat mudah, dan tidak perlu mengantri di kantor cabang BPJS Kesehatan. Tidak perlu juga menunggu hari kerja, karena kanal pendaftaran ini juga buka pada saat akhir pekan. Calon peserta bisa mendaftarkan diri bahkan sambil jalan-jalan santai ke mal bersama keluarga atau sambil shopping,” kata Andayani.

Dalam kerja sama ini, pihak Lippo Grup juga memberikan sarana dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang bertugas untuk pendaftaran peserta, setiap hari Senin-Minggu pukul 11.00 WIB sampai 20.00 WIB tanpa ada pungutan biaya. Kanal pendaftaran ini sudah efektif berjalan per 1 Maret 2017 dan untuk proses pendaftaran peserta tidak dikenakan biaya apa pun, kecuali pembayaran iuran pertama sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Andayani berharap komitmen Lippo dalam mendukung program JKN-KIS bisa jadi contoh perusahaan lain untuk melakukan hal serupa.

“Kami menyadari dukungan dari semua pihak dalam menyukseskan program JKN-KIS sungguh besar, termasuk dari perusahaan swasta dan pengembang seperti Lippo Group, dan kami sangat mengapresiasi dukungan yang luar biasa ini,” kata Andayani.

Ketut Budi Wijaya, mengungkapkan kerja sama ini merupakan wujud komitmen perseroan untuk membantu pemerintah mempercepat pencapaian target jumlah kepesertaan BPJS Kesehatan dan melakukan community development dengan menjembatani pelayanan masyarakat dalam memberikan kemudahan serta menyediakan fasilitas pendaftaran yang nyaman.

“Kami sebagai perusahaan yang mengelola pusat perbelanjaan terbesar di Indonesia merasa turut terpanggil dan siap mendukung program Pemerintah. Dengan keberadaan mal kami di seluruh Indonesia, kami ingin memfasilitasi untuk menjadikan semua penduduk di Indonesia sebagai peserta Program JKN-KIS yang dikelola oleh BPJS Kesehatan,” kata Ketut.





Sumber: Suara Pembaruan