Peserta BPJS Kesehatan di Sulteng Diimbau Bawa Kartu BPJS Saat Mudik

Peserta BPJS Kesehatan di Sulteng Diimbau Bawa Kartu BPJS Saat Mudik
Ilustrasi. ( Foto: BSMH )
John Lory / PCN Minggu, 18 Juni 2017 | 15:51 WIB

Palu- BPJS Kesehatan Cabang Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng) mengeluarkan imbauan kepada peserta BPJS di provinsi itu agar membawa Kartu BPJS saat mudik Lebaran. Masyarakat juga diminta membawa serta kartu tanda penduduk (KTP), SIM, dan kartu keluarga.

“Jangan lupa bawa kartu BPJS Kesehatan yang asli saat mudik Lebaran nanti,” kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palu, Hartati Rachim, Jumat (16/6).

Hartati mengatakan, BPJS Kesehatan menerapkan kebijakan khusus dalam hal prosedur pelayanan yang lebih sederhana dan tidak berbelit.

“Ini sebagai wujud kepedulian terhadap kenyamanan dan kepuasan peserta dalam hal memperoleh pelayanan kesehatan jelang hari raya Idul Fitri,” ujarnya.

Dia menjelaskan, pihaknya sudah memangkas jalur birokrasi sehingga masyarakat lebih mudah dan ringkas mendapatkan pelayanan kesehatan saat mudik, di mana peserta BPJS tidak perlu lagi melapor ke kantor BPJS Kesehatan daerah setempat.

Peserta BPJS juga dapat menghubungi layanan BPJS call center 1500 400 selama 24 jam, terkait pendaftaran peserta baru, memperoleh informasi, pengaduan, dan konsultasi.

Hartati menegaskan, pelayanan kesehatan tersebut hanya berlaku bagi peserta BPJS yang sedang mudik dengan status kepesertaan aktif. Karena itu, diharapkan agar iuran sudah dibayarkan, khususnya peserta mandiri atau pekerja bukan penerima upah (PBPU) dan secara rutin membayar iuran tiap bulan sebelum jatuh tempo tanggal 10 bulan berjalan agar kepesertaannya tetap aktif.

Bagi pesera BPJS Kesehatan wilayah Palu yang tidak mudik ke luar daerah, penyederhanaan pelayanan kesehatan juga berlaku mulai H-1 hingga H+2 Lebaran.



Sumber: Suara Pembaruan