Faktor Terbesar Penyebab Obesitas

Faktor Terbesar Penyebab Obesitas
Ilustrasi obesitas. ( Foto: The Telegraph )
Indah Handayani / FER Selasa, 20 Juni 2017 | 21:01 WIB

Yogyakarta - Lebih dari 39 persen penduduk dunia mengalami masalah berat badan dan 13 persen mengalami obesitas.

"Faktor terbesar penyebab obesitas di suatu negara adalah masih minimnya kesadaran masyarakat untuk menjalankan pola hidup sehat melalui asupan nutrisi dan aktivitas fisik," ujar Chairman Herbalife Nutrition Institute and Nutrition Advisory Board, Dr David Heber, dalam siaran persnya, di Jakarta, Selasa (20/6).

Menurut Dr Heber, obesitas dapat mengganggu keseimbangan hormon dan fungsi tubuh sehingga meningkatkan risiko seseorang menderita penyakit degeneratif seperti jantung koroner, stroke, diabetes hingga penyakit kanker.

"Kami harap melalui kegiatan wellness tour ini dapat memberikan wawasan yang tepat dan mencukupi dalam menjalani pola hidup sehat di masyarakat di seluruh Asia Pasifik khususnya di Indonesia," tambahnya.

Senior Director & Country General Manager Herbalife Indonesia, Andam Dewi, menambahkan, dalam survei bertajuk Asia Pacific Balanced Nutrition Survey menunjukan, 71 persen responden hanya memakan 1-2 porsi buah per hari atau jauh dari jumlah yang seharusnya dianjurkan yakni 5 porsi per hari.

Lalu, sebanyak 57 persen responden tidak minum cukup air sesuai rekomendasi 8 gelas per hari dan lebih dari setengah atau 54 persen responden melakukan aktivitas fisik kurang dari satu jam, bahkan 11 persennya tidak melakukan aktivitas fisik apapun.

Sepertiga dari total responden mengatakan mereka memiliki faktor penghambat untuk menjalani pola hidup sehat dengan gizi seimbang dimana sebanyak 46 persen responden menyatakan mereka tidak memiliki waktu yang cukup untuk menjalani pola hidup sehat.

Sebanyak 41 persen beralasan kekurangan motivasi, 40 persen mengatakan kekurangan biaya untuk menjalani pola hidup sehat dengan gizi seimbang. Alasan lainnya adalah tidaknyaman menjalani pola hidup sehat 34 persen dan sebanyak 26 persen responden mereka mengaku kekurangan informasi mengenai praktek pola hidup sehat.

"Melihat hasil survei itu, kami menyelenggarakan Welness Tour 2017 sebagai upaya berkelanjutan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya gizi seimbang sebagai bagian dari gaya hidup aktif dan sehat kepada masyarakat Indonesia," paparnya.

Pada kesempatan yang sama, Andam menambahkan, pihaknya meluncurkan Herbalife Aloe Concentrate (HAC) Varian Rasa Mangga. Varian baru ini diformulasikan rendah kalori dan bermanfaat untuk memberi rasa nyaman pada pencernaan serta mendukung kesehatan pencernaan. Lidah buaya telah diketahui banyak mengandung berbagai manfaat.

"Namun ternyata ada bagian dari lidah buaya yang memiliki sejumlah manfaat untuk memberi rasa nyaman pada pencernaan dan mendukung kesehatan pencernaan," kata Andam dewi.

 



Sumber: Investor Daily