Gaya Hidup Sehat Harus Dimulai Sejak Dini

Gaya Hidup Sehat Harus Dimulai Sejak Dini
Senior Director & General Manager Herbalife Nutrition Indonesia, Andam Dewi, bersama Ahli Kesehatan Otak dan Penuaan dari University of California, Los Angeles (UCLA), Gary Small, di sela acara Wellness Tour Herbalife Nutrition 2018, di Jakarta, Selasa (30/10). ( Foto: Beritasatu Photo )
Indah Handayani / FER Selasa, 30 Oktober 2018 | 21:36 WIB

Jakarta - Banyak kalangan yang beranggapan, dalam mempersiapkan menua dengan sehat baru dimulai saat memasuki kepala empat atau usia 40 tahun. Padahal, gaya hidup sehat seharusnya telah dilakukan sejak usia dini.

Senior Director & General Manager Herbalife Nutrition Indonesia, Andam Dewi mengatakan, hal itu diperkuat dengan hasil survei yang dilakukan Herbalife Nutrition bertajuk "2018 Asia Pacific Healthy Aging Survey" yang melibatkan sekitar 5.500 responden berusia 40 tahun ke atas di 11 negara seperti Australia, Hong Kong, Indonesia, Jepang, Korea, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand dan Vietnam.

"Saat ditanya pada usia berapakah, seseorang harus memulai mengambil langkah yang tepat untuk menghadapi pertambahan usia dan menua dengan sehat, sebanyak 63 persen responden menyatakan usia 40 tahun hingga 45 tahun adalah rentang usia yang tepat," ungkap Andam Dewi, di sela acara Wellness Tour 2018, di Jakarta, Selasa (30/10).

Padahal, kata Andam Dewi, dalam mempersiapkan menua dengan sehat harus dilakukan sejak dini. Seiring dengan cepatnya penuaan populasi, tentunya akan akan menghadapi tantangan-tantangan baru di sisi sosial dan ekonomi.

"Maka dari itu, kami percaya masyarakat harus diedukasi akan pentingnya mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk melalui fase penuaan dengan sehat," tandasnya.

Sementara itu, Ahli Kesehatan Otak dan Penuaan The University of California, Los Angeles (UCLA), Gary Small, menjelaskan, mempersiapkan kondisi menua dengan sehat harus dilakukan sejak dini. Kemungkinan faktor orang baru akan mempersiapkan diri pada usia 40 karena biasanya disaat muda mereka merasa masih belum perlu menjalani gaya hidup sehat.

"Sedangkan pada usia 40 tahun, biasanya orang baru merasakan tanda-tanda menua. Misalnya saja luka tidak bisa sembuh dengan cepat, rambut berubah warna. Kalau mereka menemukan hal itu di tubuh mereka sehingga mereka baru menyadari bahwa mereka menua. Untuk itu, kami ingin mengajak orang untuk memulai hidup sehat sejak dini dalam mempersiapkan menua dengan sehat," tutupnya.



Sumber: Investor Daily