Logo BeritaSatu

Peran Penting CT Scan dalam Alur Penanganan Pasien

Senin, 12 November 2018 | 16:59 WIB
Oleh : Indah Handayani / FER

Bekasi - Teknologi CT Scan sebagai penunjang layanan kesehatan memegang peranan yang penting dalam mendeteksi berbagai penyakit, termasuk penyakit tidak menular seperti kanker, penyakit jantung, stroke, gangguan ginjal, hipertensi dan lain sebagainya.

Sekretaris Jenderal Perhimpunan Dokter Spesialis Radiologi Pusat (PDSRI) Dr Vonny N Tubagus SpRad(K) mengatakan, seiring berkembangnya teknologi, bidang kesehatan turut merasakan dampak kemunculan alat-alat medis yang canggih. Salah satunya, teknologi CT Scan yang memegang peranan penting dalam alur penanganan pasien, terutama mempermudah dokter mendeteksi penyakit secara dini sebagai upaya preventif.

"Oleh karena itu, sangat krusial bagi rumah sakit dan para dokter untuk menerapkan peralatan medis berbasis teknologi untuk mendapatkan gambaran kondisi kesehatan secara komprehensif dan akurat. Hal ini agar penanganan pasien dapat dilakukan dengan tepat dan efisien," ungkapnya di sela peresmikan pemasangan 1000 CT Scan GE Healthcare untuk Kawasan Asia Tenggara di RS Omni Pekayon, Bekasi, Senin (12/11).

Vonny menambahkan, CT Scan adalah salah satu alat pemeriksaan radiografi (pencitraan) medis dengan teknologi canggih menggunakan sinar-x dan komputer sekaligus untuk mendapatkan gambaran dari organ tubuh. Biasa digunakan untuk mendeteksi berbagai macam penyakit (kelainan) dalam tubuh. Alat CT-Scan mulai diperkenalkan sejak tahun 1970-an,yang awalnya terbatas pada CT-Scan dibagian kepala. Dari tahun ketahun mengalami perkembangan mengikuti kemajuan teknologi sampai sekarang bisa mengevaluasi kelainan yang terjadi dari kepala sampai kaki.

"CT-Scan bermanfaat dalam penanganan korban yang tidak sadar yang memerlukan tindakan penanganan secepatnya agar pasien terselamatkan seperti Kecelakaan lalu lintas, stroke," jelasnya.

Country Director GE Healthcare Indonesia, Putty Kartika mengatakan, teknologi medis CT Scan mengambil porsi yang penting dalam rangkaian kegiatan pelayanan kesehatan. Keberhasilan deteksi kesehatan dini pada pasien akan sangat bergantung dari hasil pemindaian oleh CT Scan. Oleh karena itu, pihaknya hadir dengan solusi inovatif GE Healthcare CT Scan 128-slices. Keunggulan produk ini adalah dirancang untuk mendukung berbagai macam pasien dan pemeriksaan, mulai dari trauma kompleks dan kasus jantung, hingga antrian pasien-pasien dari departement emergency (UGD dan IGD).

"Termutakhir adalah CT Scan 128-slices memiliki hasil pencitraan dengan resolusi tinggi (high resolution) yang dapat menampilkan detail hingga sekecil 0,28mm, dengan paparan radiasi rendah (low-dose), peningkatan low-contrast detectability, dan image noise lebih rendah," paparnya.

Bertepatan dengan Hari Kesehatan Nasional yang jatuh setiap 12 November, Putty mengatakan pihaknya meresmikan pemasangan Computerized Tomography Scan (CT Scan) yang ke-1000 se-Asia Tenggara, tepatnya berada di Departemen Radiologi OMNI Hospital Pekayon, Bekasi Selatan, Jawa Barat.

"Melalui teknologi CT Scan, dokter dapat mendeteksi dini penyakit tidak menular dalam diri pasien, sehingga penanganan dapat dilakukan sejak awal dan mencegah penyakit berkembang menuju fase yang lebih serius," tutupnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Sepeda Lipat hingga Gitar, KPK Lelang Barang-barang Gratifikasi

Hakordia 2022, KPK bersama Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) mengadakan lelang barang eks gratifikasi, Jumat (9/12/2022).

NEWS | 10 Desember 2022

HUT ke-73 Polda Metro Jaya,Semua Pimpinan Blusukan

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman melakukan safari bertemu langsung dengan warga Kelurahan Grogol Utara, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

NEWS | 10 Desember 2022

Puncak Hakordia 2022, Ratusan Peserta Hadiri Temu Aksi KPK

Ratusan penyuluh antikorupsi dan ahli pembangun integritas hadiri acara puncak Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2022.

NEWS | 10 Desember 2022

2 Jam Sebelum Akad Nikah Kaesang-Erina, Tamu Mulai Berdatangan

Para tamu dan undangan akad nikah Kaesang-Erina sudah mulai berdatangan di Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo, Royal Ambarrukmo.

NEWS | 10 Desember 2022

Kapolda Kaltim Resmikan Pos Pengamanan Proyek IKN Nusantara

Menurut Imam, kehadiran pos pengamanan bertujuan untuk mendukung dan mengawal proses pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

NEWS | 10 Desember 2022

Ratusan Becak dan Andong Dilibatkan dalam Pernikahan Kaesang-Erina

Ratusan penarik becak dan andong di Solo akan dilibatkan dalam rangkaian pernikahan Kaesang-Erina. Mereka akan mengantarkan tamu. 

NEWS | 10 Desember 2022

Janur Pernikahan Kaesang Hiasi Jalanan Menuju Pura Mangkunegaran

Janur kuning menghiasi jalanan menuju Pura Mangkunegaran menjelang pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, Minggu (11/12/2022) besok. 

NEWS | 10 Desember 2022

Warga Solo Berbondong-bondong Melihat Persiapan Pernikahan Kaesang

Sejumlah warga di Kota Solo, Jawa Tengah penasaran ingin melihat sejumlah persiapan jelang resepsi pernikahan Kaesang-Erina di Pura Mangkunegaran, Solo.

NEWS | 10 Desember 2022

Pernikahan Kaesang, Perajin Karangan Bunga di Solo Kebanjiran Order

Pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gundono menjadi berkah bagi pengusaha karangan bunga di Kota Solo. Para perajin karangan bungan kebanjiran order. 

NEWS | 10 Desember 2022

Tiga Miliarder Kripto Meninggal dalam Sebulan, Kebetulan atau Terencana?

Dalam kurun waktu sebulan, tiga miliarder kripto meninggal dunia. Ketiga kematian itu terjadi secara tidak terduga di tengah anjloknya aset-aset kripto.

NEWS | 10 Desember 2022


TAG POPULER

# Muhammad Fadli


# Pernikahan Kaesang


# Kuat Ma'ruf


# Bom Bandung


# Gempa Terkini


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Sepeda Lipat hingga Gitar, KPK Lelang Barang-barang Gratifikasi

Sepeda Lipat hingga Gitar, KPK Lelang Barang-barang Gratifikasi

NEWS | 2 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE