Melawan Kanker dengan Zumba

Melawan Kanker dengan Zumba
Zumba (sumber: Investor Daily/IST)
Indah Handayani / FER Senin, 25 Maret 2019 | 20:48 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), penyakit kanker adalah penyebab utama kematian nomor dua di dunia dan diperkirakan telah meningkat menjadi 18,1 juta kasus baru di seluruh dunia pada 2018.
Bagian penting dari mengatasi diagnosis kanker adalah mengenali emosi dan perasaan.

Menurut American Cancer Society, perawatan yang berhubungan dengan emosi dan hubungan kita, atau juga dikenal sebagai intervensi psikososial, dapat membantu pasien kanker dalam menangani perasaan stres, meningkatkan kualitas hidup serta kesejahteraan dalam menjalani seluruh rangkaian pengobatan kanker.

Anggota instruktur Zumba dari komunitas Zumba Instructor Network (ZIN), Dian Kartika, mengatakan, sangat penting bagi penderita kanker untuk memiliki pandangan positif tentang kondisi mereka. Selain itu, mempertahankan gaya hidup aktif, sosial, dan sehat dapat sangat membantu dalam mengatasi stres serta kelelahan selama mengidap kanker tersebut.

"Kegiatan kelompok seperti kelas Zumba dapat menjadi pilihan bagus bagi pasien kanker untuk tidak hanya tetap bugar dan sehat, tetapi juga menjalin hubungan positif dengan anggota kelas Zumba lainnya," ujar Dian, dalam keterangan persnya yang diterima Beritasatu.com, Senin (25/3/2019).

Seperti pada populasi klinis lainnya, tambah Diah, perilaku gaya hidup sehat seperti mengontrol berat badan, diet sehat, dan olahraga teratur memiliki potensi untuk secara signifikan mengurangi morbiditas dan mortalitas pada penderita kanker. Selain itu, kelas Zumba yang sangat berbasis komunitas juga dapat berperan seperti kelompok pendukung untuk membantu mengurangi tekanan dan mengatasi emosi yang datang pada penderita kanker.

"Berolahraga meningkatkan sirkulasi oksigen dan juga membantu melepaskan hormon endorphin dalam tubuh. Untuk penderita kanker, hormon ini berperan penting untuk mengurangi rasa sakit serta efek samping dari proses pengobatan," ungkap Dian.

Dian menambahkan, penderita yang membutuhkan latihan dengan intensitas rendah lebih cocok untuk mengambil kelas Zumba Gold, atau mereka dapat terus bergabung dengan kelas Zumba Fitness yang reguler dengan memberitahu instruktur tentang kondisi saat ini. "Para pejuang kanker dapat bergabung dengan kelas Zumba selama 30 hingga 45 menit," papar Dian.



Sumber: BeritaSatu.com