Khasiat Minyak Alpukat Bisa Mengurangi Penuaan pada Wajah

Khasiat Minyak Alpukat Bisa Mengurangi Penuaan pada Wajah
Ilustrasi Minyak Alpukat ( Foto: Hello Sehat )
Winda Ayu Larasati / WIN Rabu, 12 Juni 2019 | 19:51 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Tahukah Anda? Buah alpukat tidak hanya nikmat di mulut saat dikonsumsi, namun minyak dari alpukat memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Apa saja manfaat baik alpukat?

1. Menyembuhkan luka dengan cepat
Asam lemak dalam minyak alpukat bermanfaat mengurangi peradangan selama proses penyembuhan luka.

Hal itu pernah dilakukan dalam sebuah penelitian di tahun 2013 terhadap seekor tikus, terbukti asam lemak esensial dan asam oleat pada minyak oleat mempercepat sintesis kolagen untuk membantu menutup luka terbuka.

2. Mengurangi peradangan psoaris dan eskim
Minyak alpukat bermanfaat mengatasi kekeringan, iritasi dan sisik pada dua penyakit kulit tersebut. Kandungan antioksidan dan vitamin E pada minyak alpukat membantu meredakan gejala psioaris dan eskim.

Namun tidak semua orang cocok menggunakan minyak alpukat. Sebaiknya lakukan uji alergi dahulu sebelum menggunakannya ke bagian kulit.

Minyak alpukat ini dapat dioleskan ke bagian siku dalam dan diamkan selama kurang lebih 24 jam. Lalu, lihat efeknya. Jika tidak ada efek negatif yang muncul, berarti minyak ini aman untuk meredakan psoriasis atau eskim.

3. Merawat kesehatan kulit kepala
Minyak alpukat bermanfaat untuk mengurangi ketombe dan masalah lain yang disebabkan oleh kulit kepala yang kering dan bersisik.

Minyak alpukat juga bisa dioleskan dari akar hingga ke ujung rambut, lalu selimuti rambut dengan handuk hangat agar minyak alpukat dapat menyerap dengan maksimal. Setelah itu diamkan selama beberapa menit sebelum dibilas.

4. Mengurangi penuaan
Minyak alpukat dipercaya membantu mengurangi munculnya tanda-tanda penuaan di kulit seperti bercak cokelat di wajah. Hal itu karena minyak alpukat mengandung sterolin yaitu steroid alami yang diduga kuat dapat meningkatkan produksi kolagen.

Selain sterolin, minyak alpukat mengandung lesitin yang cukup tinggi. Lesitin merupakan komponen yang dapat membantu mengantarkan nutrisi langsung ke aliran darah dan lapisan kulit yang lebih dalam. Hal ini berbagai nutrisi bisa lebih terasa manfaatnya ke kulit.

5. Mengurangi dan mencegah munculnya jerawat
Bagi Anda yang sulit mengurangi tumbuhnya jerawat, jangan khawatir, Anda bisa menggunakan minyak alpukat sebagai solusi.

Anda bisa gunakan minyak alpukat di wajah sambil didiamkan beberapa saat kemudian, lalu bilaslah dengan air hangat untuk menghilangkan kesan berminyak di wajah.

Minyak alpukat mengandung senyawa antiradang yang baik untuk jerawat. Senyawa ini mampu mengurangi kemerahan dan peradangan pada jerawat yang Anda miliki.